Learn Science With Ilmusiana

2020+ Barakallahu Fiikum: Arti, Jawaban, Balasan (Arab)

Pernahkah Anda mendengar ucapan barakallahu fiikum (Arab: بَارَكَ اللهُ فِيْكُم)? Tahukah Anda apa arti dari ucapan tersebut? Lantas, bagaimana cara menjawab atau membalas saat kita mendapatkan ucapan tersebut? Pertanyaan-pertanyaan inilah yang akan kami berikan penjelasannya dalam uraian kali ini. Ucapan ini memang berasal dari Arab sehingga perlu diterjemahkan artinya ke dalam bahasa Indonesia.
Barakallahu Fiikum (بَارَكَ اللهُ فِيْكُم): Arti, Jawaban, Balasan (Arab)
Barakallahu fiikum (بَارَكَ اللهُ فِيْكُم) merupakan satu di antara sekian banyak ucapan-ucapan bahasa Arab yang populer dilisankan masyarakat Indonesia. Ucapan ini tidak kalah populernya dengan ucapan Barakalllah Fii Umrik, khusus untuk ucapan yang satu ini telah pernah kami bahas beberapa waktu lalu. Anda bisa membacanya di sini: Barakallah Fii Umrik.

Ternyata, meskipun telah sering diucapkan, belum semua masyarakat Indonesia yang mengetahui arti dari barakallahu fiikum. Hal ini dibuktikan oleh banyaknya pencarian dengan kata kunci "barakallahu fiikum" di google. Kebanyakan netizen Indonesia mengetikkan kata kunci "arti barakallahu fiikum", "barakallahu fiikum artinya", dan "jawaban barakallahu fiikum" di kolom pencarian google.

Fakta inilah yang mendorong kami untuk membuat penjelasan khusus mengenai barakallahu fiikum. Kami memandang perlu untuk menulis artikel ini dengan tujuan memenuhi kebutuhan pembaca yang sedang mencari informasi tentang barakallahu fiikum. 
Yuk, berikut DAFTAR ISI uraiannya...
  1. Arti Barakallahu Fiikum
  2. Barakallahu Fiikum Artinya?
  3. Tulisan Arab Barakallahu Fiikum
  4. Jawaban / Balasan Barakallahu Fiikum
  5. Variasi Ucapan Barakallahu Fiikum
  6. Cara Menggunakan Barakallahu Fiikum
  7. Contoh Situasi Penggunaan Barakallahu Fiikum

Barakallahu Fiikum (بَارَكَ اللهُ فِيْكُم)

Hal-hal yang akan kami bahas dalam materi ini adalah arti dari barakallahu fiikum lengkap dengan tulisan Arab dan latinnya. Setelah itu, kami akan memberikan penjelasan tentang bagaimana cara membalas atau menjawabnya saat kita mendapatkan ucapan barakallahu fiikum. Selain itu, kami juga akan menjelaskan kapan dan dimana ucapan ini digunakan.

Arti Barakallahu Fiikum

Barakallahu fiikum (بَارَكَ اللهُ فِيْكُم) adalah ucapan bahasa Arab yang memiliki arti "semoga Allah memberkahi kalian". Ucapan ini merupakan bentuk jamak dari barakallahu fiik (semoga Allah memberkahimu). Jadi, jika ditujukan untuk satu orang, maka ucapan yang digunakan adalah barakallahu fiik. Tetapi, jika ditujukan untuk banyak orang, maka ucapan yang digunakan adalah barakallahu fiikum.

Ucapan barakallahu fiikum berfungsi sebagai doa untuk orang lain, agar senantiasa diberikan keberkahan oleh Allah Swt. Orang yang mendapat ucapan ini pasti akan merasa senang karena kita telah mendoakannya. Di dalam Islam memang kita sangat dianjurkan untuk saling mendoakan sebagai bentuk rasa cinta sesama muslim.

Barakallahu Fiikum Artinya?

Dari paparan di atas, telah kita ketahui bersama bahwa barakallahu fiikum artinya "semoga Allah memberkahi kalian". Jika diartikan secara kata per kata, maka bentuk dari ucapan ini adalah:
  • Baraka (بَارَكَ) berarti berkah
  • Allah (اللهُ) berarti Allah Swt
  • Fiikum (فِيْكُم) berarti Kalian
Jadi, ketika seluruh kata di atas digabungkan akan membentuk ucapan barakallahu fiikum yang berarti "semoga Allah memberkahi kalian". Sengaja kami uraikan secara kata per kata agar pembaca dapat mengetahui asal terbentuknya ucapan ini.

Ucapan barakallahu fiikum (بَارَكَ اللهُ فِيْكُم) sangat cocok digunakan saat kita berhadapan dengan banyak orang. Tentu saja, tidak mungkin untuk memberikan mereka ucapan satu per satu. Cara yang paling tepat adalah menyampaikan sebuah ucapan yang bisa mengena ke semua orang sekaligus, yaitu dengan ucapan "barakallahu fiikum (semoga Allah memberkahi kalian)".

Tulisan Arab Barakallahu Fiikum

Sebenarnya, di sela-sela uraian di atas, telah kami selipkan tulisan Arab dari barakallahu fiikum. Hanya saja bentuk dan ukuran tulisannya kecil sehingga agak sulit untuk dibaca. Ukuran ini mengikuti pengaturan otomatis blogger, hal inilah yang membuat ukuran tulisannya kecil.

Maka dari itu, kami telah melakukan sedikit modifikasi manual yang bertujuan untuk mengubah ukuran tulisan tersebut menjadi lebih besar agar lebih jelas saat dibaca. Berikut ini adalah tulisan Arab dari barakallahu fiikum yang bisa dicopy:

بَارَكَ اللهُ فِيْكُم 

Latin: Barakallahu Fiikum
Artinya: Semoga Allah memberkahi kalian

Jawaban / Balasan Barakallahu Fiikum

Lantas, bagaimana cara menjawab atau membalas saat kita mendapatkan ucapan barakallahu fiikum? Sangat penting untuk mengetahui jawaban dari ucapan ini, sebab di dalam Islam kita dianjurkan untuk memberi balasan atas kebaikan yang kita dapatkan dari orang lain. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits Rasulullah Saw:
Dan barangsiapa yang berbuat baik kepada kalian maka balaslah (kebaikannya) dengan kebaikan yang setimpal dan jika kalian tidak mendapat sesuatu untuk membalasnya kebaikannya maka berdo’alah untuknya sampai kalian merasa telah membalas kebaikannya. (HR. Bukhari dan Muslim).
Jadi, saat kita menerima ucapan barakallah fiikum dari orang lain, maka sebaiknya kita berikan jawaban berupa jawaban yang setimpal. Ucapan yang digunakan untuk menjawab barakallahu fiikum bisa berbeda-beda tergantung kepada siapa balasan tersebut ditujukan. Berikut ini aturannya:
  • Jika yang mengucapkan barakallahu fiikum adalah seorang laki-laki, maka kita menjawabnya dengan ucapan Wa Fiika Barakallah artinya keberkahan bagi kamu (laki-laki) juga.
  • Jika yang mengucapkan barakallahu fiikum adalah seorang perempuan, maka kita menjawabnya dengan ucapan Wa Fiiki Barakallah artinya keberkahan bagi kamu (perempuan) juga.
  • Jika yang mengucapkan barakallahu fiikum adalah orang banyak, maka kita menjawabnya dengan ucapan Wa Fiihim Barakallah artinya keberkahan bagi kalian juga.
Seluruh variasi jawaban barakallahu fiikum di atas telah sesuai dengan sunnah sebagaimana yang disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Nasa'i berdasarkan cerita dari Aisyah r.a berikut ini:

بأُهْدِيَتْ لِرسولِ اللهِ صلی الله عليه و سلم شاةٌ ، فقال: اقسميها ، فكانتْ عائشةُ رضي الله عنها إذا رجَعَتْ الخادِمُ تقول: ما قالوا ؟ تقول الخادم قالوا: بارَكَ اللهُ فيكم فتقولُ عائشةُ رضي الله عنها: وفيهم باركَ اللهُ ، نرُدُّ عليهِم مثلَ مَا قالوا ، ويَبْقَى أجرُنا لَنا 

Artinya: Aku memberikan hadiah kepada Rasulullah Saw berupa seekor domba. Lantas Nabi Saw bersabda: "Bagi dualah domba tersebut".Telah menjadi kebiasaan bagi Aisyah r.a, bila pelayannya telah pulang, maka ia bertanya: "Apa yang mereka katakan"? Pelayanannya menjawab, mereka mengucapkan: "Barakallahu fiikum" (semoga Allah melimpahkan keberkahan pada kalian)". Maka Aisyah r.a mengucapkan: "Wa fiihim barakallah" (dan semoga Allah pun melimpahkan keberkahan kepada mereka). Kita telah membalas do'a mereka dengan do'a yang semisal dan tetap bagi kita mendapatkan pahala". (HR. Nasa'i).

Variasi Ucapan Barakallahu Fiikum

Ucapan barakallahu fiikum sering juga dirangkaian dengan ucapan-ucapan lainnya. Berikut ini adalah beberapa bentuk variasi dari ucapan barakallahu fiikum:
  • Barakallahu fiikum wa jazakumullah khair artinya semoga Allah memberkahi kalian dan semoga Allah membalas dengan kebaikan
  • Barakallahu Fiikum Jami'an artinya semoga Allah memberkahi kalian bersama
  • Barakallahu fiikum wa ahlikum wa maalikum artinya semoga Allah memberkahi kalian dan dan keberkahan dalam urusan agama kalian
  • Barakallahu fiikum wa baraka alaikuma artinya semoga Allah memberkahi kalian dan berkah atasmu
  • Taqabbalallahu minna wa minkum barakallahu fiikum artinya semoga Allah menerima (puasa dan amal) dari kami dan (puasa dan amal) dari kalian dan semoga Allah memberkahi kalian

Cara Menggunakan Barakallahu Fiikum 

Sebenarnya, cara menggunakan barakallahu fiikum sangatlah mudah. Gunakan ucapan ini ketika Anda mendapatkan kebaikan dari orang lain. Contohnya saja, Anda sedang menjadi panitia penyaluran bantuan bencana alam, kemudian ada sekelompok orang yang membawa bantuan dan menitipkannya kepada Anda.

Sebagai bentuk rasa terima kasih, ucapkan kepada mereka "barakallahu fiikum (semoga Allah melimpahkan keberkahan pada kalian)". Semua orang yang tergabung ke dalam kelompok tersebut telah terkena oleh ucapan ini.

Begitupun sebaliknya, saat Anda dan teman-teman Anda mendapatkan ucapakan barakallahu fiikum, segera balas ucapan tersebut dengan salah satu jawaban yang telah dijelaskan di atas. Sesuaikan siapa dan berapa orang yang menyampaikan ucapan tersebut. 

Contoh Situasi Penggunaan Barakallahu Fiikum

Ada banyak contoh situasi dimana ucapan barakallahu fiikum bisa digunakan. Pokoknya, dimana pun Anda mendapatkan kebaikan, maka gunakanlah ucapan tersebut. Berikut ini adalah beberapa contoh situasi dimana ucapan barakallahu fiikum cocok digunakan:

1. Menghadiri Pesta Pernikahan

Pernikahan adalah peristiwa sakral bagi sepasang hamba Allah yang telah mengikat janji suci. Kita sebagai tamu undangan yang hadir, ikut berbahagia atas pernikahan mereka. Tamu yang baik adalah tamu yang bisa memberikan doa kepada kedua mempelai. Ucapkan kepada mereka "barakallahu fiikum" agar kehidupan yang akan mereka jalani nantinya mendapatkan keberkahan dari Allah Swt. Kedua mempelai pasti akan sangat senang dengan doa yang kita ucapkan itu.

2. Acara Perpisahan Siswa

Di setiap acara kelulusan siswa, biasanya semua siswa yang lulus berkumpul pada sebuah acara perpisahan. Dalam acara tersebut beragam sambutan atau pidato disampaikan oleh guru, siswa, dan perwakilan orang tua. Ketika Anda mendapatkan kesempatan berpidato, ucapkan "barakallahu fiikum" di sela-sela pidato Anda. Ucapan ini berfungsi sebagai doa untuk para siswa agar ilmu yang mereka dapatkan diberkahi Allah Swt.

3. Menerima Penyaluran Bantuan

Misalnya, di musim banjir seperti sekarang ini, Anda adalah salah seorang yang terkena dampak. Dalam kondisi bencana seperti ini, ada banyak bantuan yang datang dari orang-orang. Ketika Anda mendapatkan bantuan tersebut, ucapkan kepada mereka "barakallahu fiikum". Dengan ucapan ini, kita mendoakan si pemberi bantuan semoga mendapatkan keberkahan dari Allah Swt.

4. Melepas Rombongan Jama'ah Haji

Ucapan barakallahu fiikum juga sangat tepat diucapkan ketika melepas rombongan jama'ah haji. Mereka akan pergi meninggalkan tanah air untuk menjalankan ibadah haji ke Mekah. Lebih dari sebulan lamanya, mereka akan menjadi tamu Allah Swt. Untuk melepas kepergian mereka, selain fii amanillah, ucapan yang juga sangat tepat adalah barakallahu fiikum agar ibadah haji yang mereka laksanakan mendapat keberkahan dari Allah Swt.

5. Menghadiri Acara Wisuda

Wisuda merupakan saat-saat yang dinantikan oleh para mahasiswa. Hari itu menjadi pertanda bahwa pendidikan mereka di universitas telah usai. Acara ini mirip dengan acara perpisahan siswa, di mana semua wisudawan dan wisudawati berkumpul di suatu ruangan untuk mendengarkan pesan-pesan dari para dosen. Di acara ini, sangat cocok diucapkan barakallahu fiikum agar gelar sarjana yang mereka raih mendapatkan keberkahan dari Allah Swt.

Daftar Ucapan Bahasa Arab

Berikut ini adalah kumpulan ucapan bahasa Arab selain barakallahu fiikum yang bisa Anda praktikkan dalam kehidupan sehari-hari:
Ucapan Arab Artinya
Fi Hifzillah (فِي حِفْظِ اللّه) Semoga berada dalam penjagaan Allah
Barakallahu fiik (بارك الله فيك) Semoga Allah memberkahi kamu
Barakallahu Lak (بَارَكَ اللَّهُ لَكَ) Semoga Allah memberkahimu
Wafiika Barakallah (وَ فِيكَ بَارَكَ اللَّهُ) Dan semoga Allah memberkahimu juga
Barakkallah fii umrik (بارك الله في عمرك) Semoga Allah memberkahi umurmu
Fii Amanillah (فِي أَمَانِ الله)Semoga engkau ada dalam lindungan Allah
Ma'assalamah (مَعَ السَّلاَمَة) Semoga keselamatan menyertaimu
Jazakamullah Khairan Katsiran (جَزَا كُمُ الله خَيْرًاكَثِيْرًا) Semoga Allah membalas kalian dengan kebaikan yang banyak
Jazakumullah ahsanal jaza (جَزَاكُمُ اللهُ اَحْسَنَ الْجَزَاء) Semoga Allah membalas kalian dengan balasan terbaik
Jazakallah khair (جزاك اللهُ خيراً) Semoga Allah membalas kebaikanmui

Kesimpulan

Dari paparan di atas, hal-hal yang bisa disimpulkan antara lain sebagai berikut:
  • Barakallahu fiikum adalah ucapan bahasa Arab yang memiliki arti "semoga Allah memberkahi kalian"
  • Ucapan barakallahu fiikum berfungsi sebagai doa yang ditujukan kepada orang lain semoga mendapatkan keberkahan dari Allah Swt.
  • Jawaban dari ucapan barakallahu fiikum adalah wa fiika barakallahu, wa fiiki barakallahu, dan wa fiihim barakallahu. 
  • Barakallahu sangat cocok diucapkan di mana pun kita melihat atau mendapatkan kebaikan.
Demikianlah penjelasan tentang Barakallahu Fiikum. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
2020+ Barakallahu Fiikum: Arti, Jawaban, Balasan (Arab) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment