Learn Science With Ilmusiana

2020+ Ucapan Pernikahan Bahasa Arab (Islami)

Kali ini kami akan memberikan kumpulan ucapan selamat pernikahan dalam bahasa Arab lengkap dengan tulisan latin dan artinya. Seluruh ucapan selamat pernikahan yang disajikan dalam artikel ini telah sesuaiMenyampaikan ucapan selamat pernikahan bisa dilakukan dengan berbagai cara, bisa menggunakan cara paling umum, yaitu bahasa Indonesia, bisa juga dalam bahasa Inggris, atau jika Anda ingin mencobanya, Anda bisa mengucapkannya dengan menggunakan bahasa Arab.

2020+ Ucapan Pernikahan Bahasa Arab (Islami)

Tetapi, tentu saja syaratnya adalah Anda harus menguasai beberapa kata ucapan pernikahan bahasa Arab. Banyak orang yang memiliki menyampaikan ucapan pernikahan menggunakan bahasa Arab, alasannya adalah terkesan lebih Islami. Di samping itu dalam ucapan tersebut juga telah mengandung doa bagi kedua mempelai. Jika kita tahu bahwa yang menikah tersebut adalah sepasang muslim, maka cara ini sangat baik untuk dilakukan.

Sekarang ini semuanya terasa lebih mudah, Anda bisa menguasai beberapa kata bahasa Arab dalam sekejap hanya dengan menggunakan ujung jari Anda. Buka google, dan ketikkan contoh ucapan pernikahan bahasa Arab di kolom pencarian. Kemudian, pilih salah satu dari sekian banyak ucapan tersebut, kemudian hafalkan sebelum Anda datang ke acara pernikahan.
Bagi Anda yang kebetulan lagi membaca artikel ini, di bawah telah kami siapkan beberapa contoh ucapan pernikahan bahasa Arab yang bisa Anda sampaikan kepada kedua mempelai. Sebagai tamu undangan yang baik, sudah seharusnya kita mengucapkan kata-kata yang baik dan mengandung doa kepada kedua mempelai yang sedang melangsungkan momen sakral pernikahan.

Daftar Isi:
  1. 1. Ucapan Pernikahan Bahasa Arab Islami
  2. 2. Ucapan Pernikahan Bahasa Arab Islami
  3. 3. Ucapan Pernikahan Bahasa Arab Islami
  4. 4. Ucapan Pernikahan Bahasa Arab Islami

Ucapan Pernikahan Arab

Ucapan pernikahan bahasa Arab berikut ini dapat disebut juga dengan ucapan pernikahan Islami. Sebab, di dalamnya banyak memuat doa-doa suci umat Islam kepada kedua mempelai. Permohonan kepada Allah Swt agar kehidupan mengarungi bahtera rumah tangga yang dijalani pengantin pria dan wanita adalah rumah tangga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah.

Ketika Anda memberikan ucapan selamat pernikahan, di saat bersamaan Anda juga mendoakan kedua mempelai. Di dalam Islam, orang yang baru saja menikah di sunnahkan untuk didoakan, mengharapkan pertolongan Allah Swt agar dijauhkan dari hal-hal yang bisa mengganggu jalannya kehidupan rumah tangga. 

Berikut ini adalah contoh ucapan pernikahan bahasa Arab Islami terbaru tahun 2020, tulisan Arab, latin, dan artinya:

1. Ucapan Pernikahan Bahasa Arab Islami

Ucapan Pernikahan Bahasa Arab Islami

Ucapan selamat pernikahan bagi kedua mempelai, bisa berupa ucapan singkat maupun ucapan panjang. Contoh ucapan dalam bahasa Arab yang cukup singkat adalah:

بَارَكَ اللهُ فِيْكُم 
Latin: Barakallahu Fiikum
Artinya: Semoga Allah memberkahi kalian 

Penjelasan:

Dengan ucapan di atas, artinya kita telah memberikan ucapan selamat menikah kepada kedua mempelai, sekaligus mendoakan pernikahan mereka. Meskipun cukup singkat, tetapi mengandung makna yang luar biasa, yaitu mengharapkan berkah dari Allah Swt. 

2. Ucapan Pernikahan Bahasa Arab Islami

2. Ucapan Pernikahan Bahasa Arab Islami

Ucapan berikut ini berdasarkan kisah yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah r.a, bahwa jika ada salah seorang yang menikah, Rasulullah Saw biasa memberi ucapan selamat pernikahan dengan berdoa:

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْكَمُاَ فِيْ خَيْرٍ 

Latin: Barakallahu laka wa baraka 'alaika wa jama'a bainakuma fii khair
Artinya: Semoga Allah memberkahimu di waktu bahagia dan memberkahimu di waktu susah, serta semoga Allah mempersatukan kalian berdua dalam kebaikan

Penjelasan:

Ucapan selamat pernikahan di atas di awali dengan doa keberkahan kepada mempelai. Berkah Allah Swt adalah sesuatu yang sangat diharapkan oleh setiap muslim. Sebagai tamu yang baik, doa keberkahan itulah yang penting kita mohonkan kepada Allah Swt untuk kedua mempelai. Semoga saja Allah Swt membukakan pintu berkahnya untuk mereka berdua.

Setelah itu ucapan di atas dilanjutkan dengan doa agar Allah mengumpulkan kedua mempelai di dalam kebaikan. Dengan doa tersebut, semoga kedua mempelai menjani kehidupan rumah tangganya dengan baik, dijauhkan dari segala keburukan yang bisa mengancam keutuhan rumah tangga.

3. Ucapan Pernikahan Bahasa Arab Islami

3 ucapan pernikahan bahasa arab

Ucapan berikut ini disebutkan dalam Hadits Bukhari berdasarkan kisah yang diceritakan oleh Aisyah r.a, istri Rasulullah Saw. Aisyah r.a bercerita; "Ketika Rasulullah Saw menikahiku, Ibuku mengunjungiku. Ia membawaku ke dalam rumah yang di dalamnya terdapat banyak wanita Anshar dan mereka berdoa untukku:

عََلَى الْخَيْرِ وَالْبَارَكَةِ وَعَلَى خَيْرًاطَيْرًا 
Latin: 'Alal khoiri wal barakati wa 'ala khairan thairan
Artinya: Semoga kau selalu dalam kebaikan dan penuh keberkahan, dan senantiasa mendapat keberuntungan

Penjelasan

Ucapan pernikahan bahasa Arab di atas adalah doa yang disampaikan oleh ibu Aisyah r.a, saat Aisyah menikah dengan Rasulullah Saw. Aisyah r.a merupakan anak dari Abu Bakar, salah seorang sahabat beliau yang utama, sekaligus khalifah pertama sepeninggal Rasulullah Saw. 

Lafaz doa di atas merupakan permohonan kepada Allah Swt agar Aisyah r.a senantiasa berada di dalam kebaikan dan mendapat berkah dari Allah Swt. Ibu Aisyah r.a juga memohon agar kehidupan Aisyah r.a selalu mendapat keberuntungan. 

4. Ucapan Pernikahan Bahasa Arab Islami

4. Ucapan Pernikahan Bahasa Arab Islami

Ucapan berikut ini adalah doa yang disampaikan Rasulullah Saw buat pernikahan Ali r.a dan anak beliau, Fatimah r.a. Ketika beliau melangsungkan walimah, Rasulullah Saw berdoa:

اَللّهُمَّ بَارِكْ فِيْهِمَا, وَ بَرَكَ لَهُمَا فِيْهِمَا فِيْ بِنَا ءِهِمَا 
Latin: Allahumma baarik fiihima, wa baraka lahumaa fiihimaa fii binaaihima 
Artinya: Wahai Allah berkahilah mereka berdua dan berkahilah perkawinan mereka berdua 

Penjelasan

Lagi-lagi, ucapan pernikahan di atas dibuka dengan permohonan kepada Allah Swt agar memberkahi kedua mempelai. Hal ini semakin membuktikan pentingnya mengharap keberkahan kepada Allah Swt. Setelah itu dilanjutkan dengan permohonan agar perkawinan atau pernikahan kedua mempelai mendapat berkah dari Allah Swt.

Ali r.a adalah sepupu, sahabat, sekaligus menantu Rasulullah Saw. Kedudukannya sangat utama di antara semua sahabat Rasulullah Saw. Ia juga pernah menjabat sebagai khalifah ke empat Islam, sepeninggal Utsman bin Affan r.a. Beliau menikahi anak Rasulullah Saw, Fatimah r.a.

Demikianlah penjelasan tentang Ucapan Pernikahan Bahasa Arab. Bagikan informasi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
2020+ Ucapan Pernikahan Bahasa Arab (Islami) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment