Learn Science With Ilmusiana

Arti Muallaq Secara Bahasa (Lengkap)

Tahukah kamu, secara bahasa (etimologi) muallaq artinya apa? Sekedar informasi, muallaq adalah istilah yang berkaitan dengan takdir dan hadits, namanya takdir muallaq dan menjadi bagian dari qadarullah. Mengenai qadarullah sendiri, telah pernah kami bahas beberapa waktu lalu. Kamu bisa membaca penjelasannya di sini: Qadarullah.

Takdir muallaq merupakan satu di antara dua takdir yang menjadi bagian dari Qadar Allah. Nama takdir yang satunya lagi adalah Takdir Mubram. Berkaitan dengan takdir mubram, kamu bisa membaca penjelasannya di sini: Takdir Mubram. Takdir muallaq sangat erat kaitannya dengan takdir mubram. Keduanya merupakan qadar Allah Swt.

secara bahasa muallaq artinya apa

Pengetahuan tentang Takdir Muallaq sangatlah penting bagi seorang muslim. Sebab, takdir muallaq merupakan bagian dari iman kepada Allah, tepatnya rukun iman keenam, yaitu iman kepada Qada dan Qadar. Iman seorang muslim belumlah lengkap tanpa meyakini adanya Qada dan Qadar ini.

Selain terkait dengan takdir, muallaq juga ditemukan pemakaiannya dalam bidang hadits, dinamakan hadits muallaq. Oleh karena itu, perlu kiranya untuk menjelaskan pengertian muallaq ini secara bahasa, terlepas dari penggunaannya pada istilah takdir dan hadits.

Lantas, apa arti muallaq secara bahasa? Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan arti Muallaq secara bahasa. Selain itu, kami juga akan menjelaskan pengertian muallaq ini secara istilah. Semoga kehadiran artikel ini dapat menambah pengetahuan pembaca mengenai muallaq.

Yuk, berikut ini pembahasannya...

Arti Muallaq Secara Bahasa

Menurut bahasa, muallaq adalah isim maf'ul yang berarti "terikat, tergantung, atau bergantung". Sebagian ulama menyatakan, kata muallaq yang secara bahasa (etimologi) berarti "bergantung" diambil dari pemakaian istilah ta'liq al-thalaq (cerai gantung) dan ta'liq al-jidar (dinding gantung) karena ada unsur kesamaan dalam hal keterputusan sambungan.

Kata muallaq sering ditemukan penggunaannya untuk menjelaskan tentang takdir dan hadits. Terkait dengan takdir, ada yang dinamakan dengan Takdir Muallaq. Sedangkan, terkait dengan hadits, ada yang dinamakan dengan Hadits Muallaq.
  • Takdir Muallaq adalah ketentuan Allah yang ditetapkan sesuai dengan kadar ikhtiar makhluk-Nya. Artinya, ketentuan Allah "bergantung" pada ikhtiar sang makhluk.
  • Hadits Muallaq adalah hadits yang tergantung. Hadits yang dari permulaan sanadnya gugur seorang rawi atau lebih dengan berturut-turut

Kesimpulan

Jadi, jika ada pertanyaan tentang "muallaq secara bahasa artinya?" maka jawabannya adalah "terikat, tergantung, atau bergantung". 

Demikianlah penjelasan tentang Muallaq Secara Bahasa Artinya. Bagikan informasi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Arti Muallaq Secara Bahasa (Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment