Learn Science With Ilmusiana

Takdir Mubram: Pengertian, Contoh, Dalil

Tahukah kamu apa yang disebut dengan takdir mubram? Islam adalah agama yang mengimani adanya takdir Allah Swt. Takdir merupakan sebutan lain dari Qada dan Qadar, rukun iman ke-6 dalam Islam. Secara sederhana, sering kita pahami bahwa takdir adalah ketentuan atau ketetapan Allah Swt atas semua ciptaanNya, baik makhluk, maupun bukan makhluk. Salah satu dari jenis takdir tersebut adalah takdir mubram, topik yang akan kita bahas dalam uraian ini.

Takdir Mubram

Takdir Mubram: Pengertian, Contoh, Dalil

Sebagian pembaca mungkin baru mengetahui bahwa ternyata takdir terbagi ke dalam dua jenis, yaitu takdir mubram dan takdir mua'allaq. Keduanya memiliki perbedaan dalam hal pengertian dan contoh. Selain itu, cara kerja dari kedua takdir tersebut juga berbeda. Semuanya bekerja dalam diri seorang makhluk sebagai insan ciptaan Allah Swt. 

Awalnya, kami akan membahas takdir mubram dan takdir mua'llaq ini dalam satu artikel. Tetapi, kami putuskan untuk menyajikan takdir mubram saja agar pembaca bisa lebih fokus untuk mendalami dan memahaminya satu per satu. Sementara itu terkait dengan takdir mua'llaq, Insyaallah akan kami bahas dalam artikel terpisah.

Jadi, sebenarnya apa itu takdir mubram? Nah, silahkan Anda baca artikel ini sampai tuntas yang berisi tentang uraian lengkap tentang takdir mubram. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan pengertian takdir mubram, contoh takdir mubram, dan dalil yang mendasari eksistensi takdir mubram.

Yuk, berikut ini pembahasannya...

Pengertian Takdir Mubram

Takdir mubram adalah ketetapan atau ketentuan Allah Swt kepada makhluk-Nya yang tidak akan mengalami perubahan. Takdir mubran disebut juga dengan Qada Allah Swt atau sunnatullah. Takdir mubram sifatnya mutlak, berlaku pada diri setiap ciptaannya tanpa bisa ditawar lagi.

Tidak ada kekuatan selain Allah Swt yang dapat mencegah atau menawar agar tidak terjadi. Takdir mubram telah menjadi kehendak Allah Swt, hanya Dia yang tahu mengapa ketentuan tersebut harus berlaku pada diri seorang hamba, maupun ciptaannya yang lain.

Contoh dan Dalil Takdir Mubram

Beberapa contoh ketentuan atau ketetapan Allah Swt yang termasuk ke dalam takdir mubram adalah sebagai berikut:

1. Kematian

Kematian merupakan ketentuan atau ketetapan Allah Swt yang termasuk ke dalam takdir mubram. Kematian akan menghampiri diri setiap makhluk ciptaan Allah Swt, seperti manusia, jin, malaikat, syetan (iblis), hewan, dan tumbuhan. Dalil berlakunya takdir ini adalah sebagai berikut:

هُوَ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ طِينٍ ثُمَّ قَضَىٰ أَجَلًا ۖ وَأَجَلٌ مُسَمًّى عِنْدَهُ ۖ ثُمَّ أَنْتُمْ تَمْتَرُونَ 

Artinya: 
Dialah yang menciptakan kamu dari tanah, sesudah itu ditentukannya ajal (kematianmu), dan ada lagi suatu ajal yang ditentukan yang ada pada sisi-Nya (yang Dia sendirilah mengetahuinya), kemudian kamu masih ragu-ragu.  
(QS. al-An'am: 2)

Jika ayat di atas khusus berlaku untuk manusia, maka ayat di bawah ini ketetapan yang berlaku untuk seluruh makhluk:

وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَصَعِقَ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ إِلَّا مَنْ شَاءَ اللَّهُ ۖ ثُمَّ نُفِخَ فِيهِ أُخْرَىٰ فَإِذَا هُمْ قِيَامٌ يَنْظُرُونَ 

Artinya:
Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing).  
(QS. Az-Zumar: 68)

2. Jenis Kelamin

Ketentuan tentang jenis kelamin manusia (laki-laki dan perempuan) juga termasuk ke dalam contoh takdir mubram. Ketentuan ini terjadi atas kehendak (iradah) dan kekuasaan (qudrah) Allah Swt pada diri manusia. Dalil yang menyebutkan penentuan jenis kelamin ini adalah:

فَجَعَلَ مِنْهُ الزَّوْجَيْنِ الذَّكَرَ وَالْأُنْثَىٰ 

Artinya: 
lalu Allah menjadikan daripadanya sepasang: laki-laki dan perempuan.
(QS. Al-Qiyamah: 39)

3. Waktu Terjadinya Hari Kiamat

Contoh takdir mubram lainnya adalah datangnya hari kiamat. Hari penghabisan yang pasti terjadi, hanya Allah Swt yang tahu kapan datangnya hari tersebut. Dalil tentang ketentuan datangnya hari kiamat adalah sebagai berikut:

يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ رَبِّي لاَ يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلاَّ هُوَ ثَقُلَتْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ لاَ تَأْتِيكُمْ إِلاَّ بَغْتَةً يَسْأَلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ اللّهِ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لاَ يَعْلَمُونَ  

Artinya: 
Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba". Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui". 
(QS. Al-A'raf-187) 

4. Umur Seseorang

Umur seseorang merupakan salah satu contoh takdir mubram. Allah Swt telah menentukan jangka waktu hidup manusia di dunia, saat batasnya telah tercapai, maka Allah Swt akan mematikan manusia. Tidak ada manusia yang tahu berapa lama ia akan hidup di dunia ini.  

5. Jodoh

Jodoh juga termasuk ke dalam takdir mubram yang ditetapkan oleh Allah Swt. Hanya Dia yang tahu dengan siapa kita akan berjodoh.

Demikianlah penjelasan tentang Takdir Mubram. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Takdir Mubram: Pengertian, Contoh, Dalil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment