Learn Science With Ilmusiana

5+ Alasan Persatuan Sangat Penting Bagi Bangsa Indonesia

Tahukah kamu mengapa persatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia? Yah, pertanyaan ini banyak diajukan oleh siswa di situs tanya jawab online. Jawabannya pun telah banyak diulas di blog atau website pendidikan yang beredar di Indonesia. Namun sayangnya, kebanyakan dari blog tersebut hanya menjelaskan sekedarnya saja. Bahkan, beberapa di antaranya terkesan tidak nyambung.

Persatuan

Mengapa Persatuan Sangat Penting Bagi Bangsa Indonesia

Kiranya, kita semua sepakat bahwa persatuan sangat penting bagi Indonesia. Persatuan merupakan kata yang sangat sakral untuk bangsa ini. Bukan tanpa alasan, mengapa sehingga kata persatuan dicantumkan di dalam sila ke-3 Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia. Di atas persatuanlah, bangsa Indonesia berdiri tegak mewujudkan cita-cita kemerdekaan.

Lantas, mengapa persatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan hal-hal yang menjadi alasan pentingnya persatuan bagi bangsa Indonesia. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang persatuan semakin bertambah.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini ulasannya...

Alasan Persatuan Sangat Penting Bagi Bangsa Indonesia

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa sehingga persatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia:

1. Untuk Menjaga Keutuhan NKRI

Persatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sebagaimana yang diketahui, Indonesia adalah bangsa yang majemuk. Di negara ini terdapat bermacam-macam suku, bahasa, budaya, dan agama. Semuanya bersatu dalam ikatan kebangsaan Indonesia. Membina persatuan bisa dilakukan dengan cara mengesampingkan perbedaan-perbedaan sempit yang berdasarkan kedaerahan.

2. Untuk Mencapai Cita-Cita Kemerdekaan

Persatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia karena menjadi sarana untuk mencapai cita-cita kemerdekaan, yaitu masyarakat sejahtera, adil, dan makmur. Bangsa Indonesia menyadari bahwa hanya dengan persatuanlah cita-cita kemerdekaan bisa diraih. Rasa persatuan harus selalu ditumbuhkan agar pembangunan di segala bidang bisa tercapai.

3. Untuk Memperkuat Jati Diri Bangsa

Persatuan adalah jati diri bangsa Indonesia. Rasa perhatian telah tumbuh dalam jiwa bangsa Indonesia, jauh sebelum negara ini terbentuk. Nenek moyang kita dahulu telah membangun dasar-dasar persatuan nasional dengan semangat kerja sama dan gotong royong. Rasa persatuan tersebut diformalisasikan bentuknya pada tanggal 28 Oktober 1928 melalui Sumpah Pemuda. Para pemuda yang terdiri dari bangsa-bangsa di Nusantara bersumpah "Kami putra dan putri Indonesia menyatakan berbangsa satu bangsa Indonesia".

4. Untuk Memperkuat Ketahanan Nasional

Persatuan juga sangat penting bagi bangsa Indonesisa untuk memperkuat ketahanan nasional. Persatuan nasional merupakan pilar dari ketahanan nasional. Persatuan nasional bisa dimulai dari persatuan keluarga, persatuan antardesa, persatuan antardaerah dan persatuan nasional. Kalau setiap penduduk bersatu, maka ketahanan nasional negara juga akan kuat.

5. Untuk Menciptakan Kehidupan Yang Tentram 

Alasan selanjutnya mengapa sehingga persatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia adalah untuk menciptakan kehidupan yang tentram, aman, dan damai dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Demikianlah penjelasan tentang Mengapa Persatuan Sangat Penting Bagi Bangsa Indonesia. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih.
5+ Alasan Persatuan Sangat Penting Bagi Bangsa Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment