Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Mengapa Kita Harus Berbakti Kepada Orang Tua?

Bisakah kamu jelaskan mengapa kita harus berbakti kepada orang tua? Setiap orang pasti memiliki orang tua, yaitu ibu dan ayah. Mereka berdua merupakan orang yang sangat berjasa dalam kehidupan seorang anak. Ibu yang telah mengandung selama 9 bulan lamanya menahan segala kepayahan. Kemudian, mempertaruhkan nyawa melahirkan bayinya ke dunia diiringi dengan rasa sakit yang teramat sangat.

Berbakti Kepada Orang Tua

Mengapa Kita Harus Berbakti Kepada Orang Tua

Sedangkan ayah, banting tulang tidak kenal lelah, pergi pagi pulang malam mencari nafkah untuk menghidupi keluarga. Perjuangan ayah demi membahagiakan seluruh keluarga, berusaha agar mereka bisa hidup dengan layak. Terkadang, si ayah rela menahan lapar agar bisa pulang membawa oleh-oleh untuk keluarga yang telah menanti di rumah.

Kedua orang tua merupakan pahlawan sesungguhnya bagi kita. Keduanya tidak pernah lelah mengurus dan memastikan kebutuhan kita tercukupi. Mengetahui ini semua, kita bisa memperoleh sedikit gambaran tentang mengapa kita harus berbakti kepada orang tua.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini pembahasan lengkapnya...

Mengapa Kita Harus Berbakti Kepada Orang Tua

Adapun alasan mengapa sehingga kita harus berbakti kepada orang tua adalah sebagai berikut:

1. Termasuk Perintah Allah SWT

Berbakti kepada kedua orang tua termasuk ke dalam salah satu perintah Allah Swt yang paling utama. Tanda-tanda hamba yang bertakwa adalah mengikuti semua yang diperintahkan Allah Swt kepadanya. Perintah tentang berbakti kepada kedua orang tua disebutkan dalam Surat Luqman Ayat 14, yang artinya:
Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada kedua orangtuanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tua kalian, hanya kepada-Ku kamu kembali. (QS. Luqman: 14).

2. Perintah Rasulullah Saw

Rasulullah Muhammad Saw juga selalu memerintahkan kepada umatnya untuk berbakti kepada kedua orang tua. Ada banyak hadits Rasulullah Saw yang bercerita tentang berbakti kepada orang tua. Salah satu di antaranya adalah sebagai berikut:
Ridha Allah terletak kepada ridha orang tua dan murka Allah terletak kepada murka orang tua. (HR. Baihaqi).

3. Bukti Cinta Kepada Orang Tua

Setiap anak pasti cinta kepada kedua orangtuanya. Sudah seharusnya, cinta itu dibuktikan melalui perbuatan berbakti kepada kedua orang tua. Mereka berdua merupakan orang yang sangat berjasa dalam hidup kita. Mencintainya dengan sepenuh hati akan membuat hati kedua orang tua kita senang dan bahagia.

4. Bentuk Balas Budi

Berbakti kepada kedua orang tua juga menjadi salah satu bentuk membalas semua budi baik yang telah dilakukan kedua orang tua. Sebenarnya, balasan yang kita berikan sampai kapan pun tidak akan pernah sebanding dengan semua yang telah diberikan orang tua kepada kita. Namun, meskipun begitu kita harus berusaha menunjukkan sikap balas budi selagi masih ada kesempatan.

5. Memperoleh Pahala Besar

Oleh karena berbakti kepada kedua orang tua merupakan perintah Allah Swt dan Rasulnya, maka kita akan memperoleh pahala besar saat melakukannya. Bahkan, berbakti kepada kedua orang tua merupakan salah satu jalan untuk masuk surga.

Demikianlah penjelasan tentang Mengapa Kita Harus Berbakti Kepada Orang Tua. Bagikan informasi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Mengapa Kita Harus Berbakti Kepada Orang Tua? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment