Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Mengapa Kita Harus Berani Membela Kebenaran dan Kejujuran?

Tahukah kamu mengapa kita harus berani membela kebenaran dan kejujuran? Berbicara tentang kebenaran dan kejujuran, keduanya ibarat dua sisi pada sekeping uang logam. Keduanya bisa dibedakan, tetapi tidak bisa dipisahkan. Kebenaran dan kejujuran pasti akan selalu berjalan beriringan. Kebenaran bisa membuat orang berkata jujur, dan kejujuran akan menghasilkan kebenaran.

Kebenaran dan Kejujuran

Mengapa Kita Harus Berani Membela Kebenaran dan Kejujuran

Bagi manusia yang mengaku beriman dan bertakwa kepada Allah Swt, telah menjadi keharusan untuk senantiasa membela kebenaran dan kejujuran. Kadar keimanan dan ketakwaan seseorang bisa diukur dari sikapnya terhadap kebenaran dan kejujuran. Jika ia menunjukkan keberanian membela kebenaran dan kejujuran, maka ia pantas disebut sebagai hamba Allah Swt yang beriman dan bertakwa.

Kebenaran dan kejujuran itu bisa kita bela dengan cara menerapkannya mulai dari diri sendiri. Lisan harus selalu digunakan untuk berkata benar dan jujur. Sampaikanlah kebenaran, meskipun kebenaran itu pahit buat diri sendiri.

Lantas, mengapa kita harus berani membela kebenaran dan kejujuran? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan beberapa alasan mengapa sehingga kita harus berani membela kebenaran dan kejujuran. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca semakin bertambah.

Baca Juga:
Yuk berikut ini ulasannya...

Mengapa Kita Harus Berani Membela Kebenaran dan Kejujuran

Adapun alasan mengapa sehingga kita harus berani untuk membela kebenaran dan kejujuran adalah sebagai berikut:

1. Perintah Allah Swt

Membela kebenaran dan kejujuran termasuk ke dalam perintah Allah Swt. Ada banyak ayat dalam Al-Qur'an yang menganjurkan kita untuk menjadi pembela kebenaran dan kejujuran. Salah satu di antaranya adalah firman Allah Swt dalam Surat An Nisaa Ayat 135, yang artinya:
Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu orang yang benar-benar penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah biar pun terhadap dirimu sendiri atau ibu bapa dan kaum kerabatmu. Jika ia kaya atau pun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatannya. Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena ingin menyimpang dari kebenaran. Dan jika kamu memutar balikkan (kata-kata) atau enggan menjadi saksi, maka sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui segala apa yang kamu kerjaan. (QS. An Nisaa: 135)

2. Perintah Rasulullah Saw

Rasulullah Saw memerintahkan kepada kita umatnya untuk selalu membela kebenaran dan kejujuran. Sebagaimana sabda beliau yang berbunyi:
Senantiasa golongan dari umatku ada yang menolong (membela) terhadap kebenaran. Tidak akan membahayakan mereka itu orang yang meremehkan mereka, sehingga datang perintah Allah dan tetap dalam keadaan demikian. (HR. Muslim, at-Tirmidzi, dan Ibnu Majah)

3. Mendapatkan Pahala

Oleh karena membela kebenaran dan kejujuran termasuk ke dalam perintah Allah dan rasulnya, jika kita berani melakukannya, maka akan berbuah pahala yang sangat besar di sisi Allah Swt.

Demikianlah penjelasan tentang Mengapa Kita Harus Berani Membela Kebenaran dan Kejujuran. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Mengapa Kita Harus Berani Membela Kebenaran dan Kejujuran? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment