Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Apa yang Harus Dilakukan Suatu Negara untuk Menciptakan Keunggulan Ekonomi?

Tahukah kamu apa yang harus dilakukan suatu negara untuk menciptakan keunggulan ekonomi? Negara adalah tempat bernaungnya sekelompok masyarakat dalam wilayah tertentu yang dipimpin oleh pemerintahan yang sah dan berdaulat. Pemerintah suatu negara bertanggung jawab terhadap seluruh rakyatnya untuk membawa mereka menuju kesejahteraan dan kemakmuran.

Menciptakan Keunggulan Ekonomi

Apa yang Harus Dilakukan Suatu Negara untuk Menciptakan Keunggulan Ekonomi

Peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran itu bisa dicapai melalui perbaikan sektor perekonomian. Negara harus mampu menciptakan keunggulan ekonomi agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai sumber penghasilan yang layak. Ketika keadaan ekonomi masyarakat telah berada pada taraf yang layak, maka daya beli akan meningkat membuat roda perekonomian negara terus berputar.

Lantas, langkah-langkah apa yang harus dilakukan suatu negara untuk menciptakan keunggulan ekonomi? Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan tentang cara atau langkah yang bisa ditempuh oleh negara untuk menciptakan keunggulan ekonomi. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca semakin bertambah.
Yuk, berikut ini pembahasannya...

Upaya Negara Menciptakan Keunggulan Ekonomi

Berikut ini adalah beberapa upaya yang harus dilakukan oleh suatu negara untuk menciptakan keunggulan ekonomi:

1. Meningkatkan Kualitas SDM

Peningkatan kualitas dan kuantitas SDM sangat berpengaruh pada kondisi pembangunan ekonomi suatu negara. Dengan meningkatkan mutu atau kualitas SDM suatu negara, meningkat pula pola ekonominya. Apalagi, dalam persaingan bisnis yang terjadi pada era globalisasi saat ini, menuntut kualitas sumber daya manusia yang baik. Pendidikan dan pelatihan bisa menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas SDM. 

2. Meningkatkan Jumlah Entrepreneur

Tidak bisa disangkal, aktivitas entrepreneurial mempengaruhi ekonomi dengan membangun dasar ekonomi suatu negara. Sehingga, ketahanan ekonomi suatu negara menjadi semakin kuat apabila jumlah pengusaha yang dimiliki tambah banyak. Ekonomi yang kuat akan menciptakan keunggulan ekonomi suatu negara. 

3. Menciptakan Lapangan Pekerjaan Baru

Keunggulan ekonomi suatu negara dapat dicapai dengan cara menciptakan lapangan kerja baru yang dapat menampung banyak tenaga kerja. Pengangguran akan berkurang, selanjutnya akan membantu pemerintah meningkatkan penerimaan negara melalui berbagai pajak. Lapangan kerja baru dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sehingga ekonomi suatu negara menjadi lebih unggul.

4. Meningkatkan Investasi

Sektor lain yang harus digenjot untuk menciptakan keunggulan ekonomi suatu negara adalah investasi. Semakin besar investasi suatu negara, akan semakin besar pula tingkat pertumbuhan ekonomi yang bisa dicapai. Upaya untuk mendorong investasi dilakukan dengan peningkatan harmonisasi kebijakan dan penyederhanaan prosedur perijinan investasi, peningkatan fasilitas investasi serta adanya stabilitas keamanan dan politik.

5. Menggenjot Nilai Ekspor

Terdapat hubungan antara ekspor dengan peningkatan ekonomi suatu negara. Para ahli sepakat bahwa ekspor merupakan faktor kunci dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Usaha meningkatkan ekspor bisa dilakukan dengan cara memperbanyak jenis barang ekspor dan memperluas pasaran barang ekspor. Aktivitas ekspor akan menambah cadangan devisa suatu negara, sehingga dapat menciptakan keunggulan ekonomi.

6. Perbaikan Infrastruktur

Ekonomi suatu negara bisa disebut unggul apabila memiliki daya saing ekonomi. Daya saing didukung oleh perbaikan di bidang infrastruktur. Lalu lintas barang dan jasa akan semakin lancar apabila didukung infrastruktur yang memadai. Di saat bersamaan, ekonomi juga akan mengalami peningkatan.

Demikianlah penjelasan tentang Apa yang Harus Dilakukan Suatu Negara untuk Menciptakan Keunggulan Ekonomi. Bagikan materi ini agar orang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Apa yang Harus Dilakukan Suatu Negara untuk Menciptakan Keunggulan Ekonomi? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment