Learn Science With Ilmusiana

5 Kg Berapa Liter? Begini Cara Menghitungnya

Artikel ini akan menjelaskan cara menghitung 5 kg itu sama dengan berapa liter. Penting diketahui bahwa, kilogram (kg) dan liter (l) adalah dua satuan yang tidak sejenis. Kilogram merupakan satuan massa, sedangkan liter adalah satuan volume. Apakah keduanya tidak bisa dihubungkan? Sebenarnya bisa-bisa saja, akan tetapi kita tidak akan pernah mendapatkan hasil yang baku.

5 kg berapa liter

Mengapa tidak baku? Karena hasil pengukuran akan dipengaruhi oleh jenis zat yang akan dikonversi menjadi liter. Sebagai contoh, 5 kg beras apabila diubah ke dalam liter, maka hasilnya tidak akan sama dengan 5 kg pasir ketika diubah juga ke dalam satuan liter. 

Baca Juga:
Perbedaan hasil tersebut disebabkan oleh massa tiap-tiap biji beras dan gula pasir yang tidak sama besarnya. Perbedaan juga disebabkan oleh ukuran partikel dari beras dan gula pasir yang juga berbeda. Kedua perbedaan tersebut menyebabkan hasil liter yang berbeda.

5 Kg Berapa Liter

Untuk mengubah satuan kg menjadi satuan liter, maka kita membutuhkan dua besaran, yaitu massa dan massa jenis. Seperti yang telah dikemukakan di awal, satuan liter adalah satuan volume. Cara mengubahnya ke dalam satuan liter bisa dilakukan dengan rumus berikut ini:

Volume (liter) = massa (kg) / massa jenis (kg/l)

Nah, mari kita coba penggunaan rumus di atas untuk mencari 5 kg berapa liter dari berbagai jenis bahan berikut ini:

1. Beras 

  • Volume (liter) = 5 (kg) / 0,753 (kg/liter)
  • = 6,64 liter

2. Gula Pasir

  • Volume (liter) = 5 (kg) / 0,849 (kg/liter)
  • = 5,88 liter

3. Garam

  • Volume (liter) = 5 (kg) / 1,201 (kg/liter)
  • = 4,16 liter
Demikianlah penjelasan tentang 5 Kg Berapa Liter. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
5 Kg Berapa Liter? Begini Cara Menghitungnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment