Learn Science With Ilmusiana

10+ Yaumul Jaza (يوم الجزاء): Arti, Dalil, Ayat (Lengkap)

Apa yang dimaksud dengan Yaumul Jaza (يوم الجزاء)? Di Brainly pertanyaan tentang arti Yaumul Jaza banyak diajukan oleh para pelajar. Pertanyaan ini pun dicoba dijawab oleh pelajar lainnya meskipun dengan penjelasan terbatas seputar Yaumul Jaza artinya apa. Padahal, jika diuraikan secara lengkap, pembahasan tentang Yaumul Jaza lumayan panjang, meliputi penjelasan tentang arti dan ayat-ayat yang menjadi dalilnya. 
10+ Yaumul Jaza (يوم الجزاء): Arti, Dalil, Ayat (Lengkap)

Namun, kita patut mengapresiasi para pelajar tersebut, mereka rela meluangkan waktu untuk menjawab arti dari Yaumul Jaza. Mengingat, di era hiburan teknologi informasi sekarang ini, para pelajar lainnya banyak yang disibukkan dengan game online. Jawaban yang mereka sodorkan pun sebenarnya telah cukup memadai kalau hanya untuk keperluan tugas-tugas sekolah.

Di dalam artikel tentang Yaumul Milad, telah kita ketahui bahwa kata "Yaumul" diartikan sebagai "hari". Dari sini kita bisa mendapatkan gambaran bahwa Yaumul Jaza pasti berkaitan dengan nama suatu hari tertentu dalam Islam. Tugas kita kemudian adalah mengartikan kata "Jaza" untuk memperoleh pengertian yang utuh tentang Yaumul Jaza. 

Tetapi Anda tenang saja, karena pada kesempatan kali ini kami akan menguraikan secara lengkap segala hal yang berkaitan dengan Yaumul Jaza. Materi yang akan kami sajikan di sini adalah arti Yaumul Jaza, dalil ayat Yaumul Jaza, dan alasan mengapa sehingga disebut Yaumul Jaza.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini uraiannya...

Yaumul Jaza (يوم الجزاء)

Arti Yaumul Jaza

Yaumul Jaza adalah salah satu nama hari akhir (kiamat) yang memiliki arti "hari pembalasan". Semua perbuatan manusia akan mendapat balasan di hari itu, perbuatan baik akan mendapat balasan surga, sedangkan perbuatan buruk akan diganjar neraka. Yaumul Jaza terdiri dari dua kata, yaitu "Yaumul" dan "Jaza". Yaumul berarti "hari", sedangkan Jaza berarti "pembalasan".

Yaumul Jaza merupakan peristiwa paling akhir dari seluruh fase hari kiamat. Itulah sebabnya mengapa sehingga Yaumul Jaza digunakan sebagai salah satu nama untuk hari kiamat. Selain Yaumul Jaza, nama-nama lain dari hari kiamat adalah:
  • Yaumul Ba'ats
  • Yaumul Hasyr
  • Yaumul Hisab
  • Yaumul Mizan
  • Yaumul Jaza
Yaumul Jaza menjadi hari ketika amal seluruh umat manusia diperhitungkan satu per satu. Kemudian berdasarkan perhitungan itu, mereka diberikan balasan. Dengan demikian, Yaumul Jaza terjadi sesudah hari kiamat. Tidak ada seorang pun yang tahu kapan hari Kiamat tiba. Karena itu, mereka tidak tahu pula tentang Yaumul Jaza.

Pada waktu Yaumul Jaza, terdapat dua kelompok manusia. Pertama, orang-orang yang celaka yang dimasukkan ke neraka. Kedua, orang-orang yang dimasukkan ke surga.

Pengertian Yaumul Jaza

Dari paparan di atas, bisa kita ketahui bahwa Yaumul Jaza adalah "hari pembalasan" yang telah disiapkan Allah Swt bagi seluruh makhluk ciptaan-Nya. Tidak ada satu pun makhluk yang akan luput dari Yaumul Jaza. Semuanya akan menerima balasan sesuai dengan kadar amal masing-masing. Jika timbangan amalannya berat, maka ia akan mendapatkan balasan membahagiakan. Sebaliknya, jika timbangan dosanya lebih berat, maka ia akan menerima balasan berupa azab yang sangat pedih.

Yaumul Jaza adalah hari akhir, yaitu hari sesudah hari kiamat. Hari kiamat merupakan hari berakhirnya kehidupan di alam semesta ini. Planet-planet berbenturan dan seluruh penghuninya mati, termasuk manusia. Setelah semuanya musnah, Allah Swt akan membangkitkan manusia dari alam kubur dan menghimpun mereka di Padang Mahsyar.

Saat itu, setiap orang hanya memerhatikan nasibnya sendiri. Mereka tidak sempat memedulikan nasib orang lain. Seorang aya tidak memedulikan nasib anaknya. Seorang anak pun tidak sempat memerhatikan nasib ayahnya.

Kemudian, mereka dihadapkan kepada Allah untuk dihisab. Hisab ialah perhitungan amal yang pernah dilakukan di dunia. Tida ada satu amal pun yang tidak diperhitungkan. Di sana, seseorang tidak dapat berdusta. Mulut mereka dikunci dan setiap anggota tubuh memberikan kesaksian atas semua perbuatan yang mereka lakukan, hingga yang sekecil-kecilnya.

Dalil Ayat Yaumul Jaza

Dalil ayat Al-Qur'an yang menyatakan adanya Yaumul Jaza (Hari Pembalasan) adalah surat Al Ghasyiyah. Berikut ini bunyi dari surat tersebut:

هَلْ أَتَاكَ حَدِيثُ الْغَاشِيَةِ

Artinya: Sudah datangkah kepadamu berita (tentang) hari pembalasan? 

وُجُوهٌ يَوْمَئِذٍ خَاشِعَةٌ 

Artinya: Banyak muka pada hari itu tunduk terhina,

عَامِلَةٌ نَاصِبَةٌ 

Artinya: bekerja keras lagi kepayahan,

تَصْلَى نَارًا حَامِيَةً 

Artinya: memasuki api yang sangat panas (neraka),

تُسْقَى مِنْ عَيْنٍ آنِيَةٍ 
Artinya: diberi minum (dengan air) dari sumber yang sangat panas.

لَيْسَ لَهُمْ طَعَامٌ إِلا مِنْ ضَرِيعٍ 

Artinya: Mereka tiada memperoleh makanan selain dari pohon yang berduri,

لا يُسْمِنُ وَلا يُغْنِي مِنْ جُوعٍ 

Artinya: yang tidak menggemukkan dan tidak pula menghilangkan lapar.

وُجُوهٌ يَوْمَئِذٍ نَاعِمَةٌ 

Artinya: Banyak muka pada hari itu berseri-seri,

لِسَعْيِهَا رَاضِيَةٌ 

Artinya: merasa senang karena usahanya,

فِي جَنَّةٍ عَالِيَةٍ 

Artinya: dalam surga yang tinggi,

لا تَسْمَعُ فِيهَا لاغِيَةً 

Artinya: tidak kamu dengar di dalamnya perkataan yang tidak berguna.

فِيهَا عَيْنٌ جَارِيَةٌ 

Artinya: Di dalamnya ada mata air yang mengalir.

فِيهَا سُرُرٌ مَرْفُوعَةٌ 

Artinya: Di dalamnya ada takhta-takhta yang ditinggikan,

وَأَكْوَابٌ مَوْضُوعَةٌ 

Artinya: dan gelas-gelas yang terletak (di dekatnya),

وَنَمَارِقُ مَصْفُوفَةٌ 

Artinya: dan bantal-bantal sandaran yang tersusun,

وَزَرَابِيُّ مَبْثُوثَةٌ 

Artinya: dan permadani-permadani yang terhampar.

أَفَلا يَنْظُرُونَ إِلَى الإبِلِ كَيْفَ خُلِقَتْ 

Artinya: Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan,

وَإِلَى السَّمَاءِ كَيْفَ رُفِعَتْ 

Artinya: Dan langit, bagaimana ia ditinggikan?

وَإِلَى الْجِبَالِ كَيْفَ نُصِبَتْ 

Artinya: Dan gunung-gunung bagaimana ia ditegakkan?

وَإِلَى الأرْضِ كَيْفَ سُطِحَتْ 

Artinya: Dan bumi bagaimana ia dihamparkan?

فَذَكِّرْ إِنَّمَا أَنْتَ مُذَكِّرٌ 

Artinya: Maka berilah peringatan, karena sesungguhnya kamu hanyalah orang yang memberi peringatan

لَسْتَ عَلَيْهِمْ بِمُصَيْطِرٍ 

Artinya: Kamu bukanlah orang yang berkuasa atas mereka,

إِلا مَنْ تَوَلَّى وَكَفَرَ 

Artinya: tetapi orang yang berpaling dan kafir,

فَيُعَذِّبُهُ اللَّهُ الْعَذَابَ الأكْبَرَ 

Artinya: maka Allah akan mengazabnya dengan azab yang besar. 

إِنَّ إِلَيْنَا إِيَابَهُمْ 

Artinya: Sesungguhnya kepada Kami-lah kembali mereka, 

ثُمَّ إِنَّ عَلَيْنَا حِسَابَهُمْ 

Artinya: kemudian sesungguhnya kewajiban Kami-lah menghisab mereka. 

Kumpulan Nama Hari Kiamat

Yaumul Jaza adalah salah satu nama hari akhir atau hari kiamat. Selain itu, terdapat pula nama-nama lain yang disematkan pada hari kehancuran itu. Berikut ini adalah nama-nama hari kiamat:

1. Yaumul Ba'ats

Yaumul ba'ats adalah hari kebangkitan, yaitu hari dibangkitkannya manusia dari alam kubur. Seluruh manusia sejak zaman Nabi Adam sampai akhir zaman dibangkitkan dari dalam kuburnya.

2. Yaumul Hasyr

Yaumul hasyr adalah hari dikumpulkannya manusia dalam satu padang yang luas yang bernama padang mahsyar setelah dibangkitkan dari alam kubur. Selanjutnya, seluruh manusia akan dihisab amalnya.

3. Yaumul Hisab

Yaumul hisab adalah hari diperhitungkannya setiap amal perbuatan manusia. Setiap perkataan dan beruatan sekecil apa pun akan dipertanggungjawabkan. Saat itu, manusia tidak bisa berdusta atau membela diri. Karena, saat itu mulut dikunci dan anggota tubuh yang lainlah yang menjadi saksi.

4. Yaumul Mizan

Yaumul mizan adalah hari ditimbangnya seluruh amal perbuatan manusia sewaktu di dunia. Siapa yang timbangan amal kebaikannya lebih berat daripada timbangan amal buruknya, maka ia adalah orang yang beruntung. Sedang, siapa yang timbangan amal buruknya lebih berat daripada amal baiknya, maka ia adalah orang yang celaka.

5. Yaumul Jaza

Yaumul Jaza adalah hari pembalasan atas semua perbuatan manusia. Setelah dihisab dan ditimbang amalnya, maka setiap manusia akan memperoleh balasan atas segala perbuatannya. Orang-orang beriman yang bagus amalnya mendapat balasan surga dengan segala kenikmatan yang ada di dalamnya. Sedangkan, orang-orang kafir yang buruk amalnya akan mendapat balasan neraka dengan segala siksaan yang ada didalamnya.

Selain nama-nama di atas, nama-nama lain dari hari kiamat adalah sebagai berikut:
  • Yaumul Akhir
  • Yaumul Qiyamah
  • Yaumul Hasrah
  • Yaumu Diin
  • Yaumul Haq
  • Yaumul Jam'i
  • Yaumul Khulud
  • Yaumul Fasli
  • Yaumul Wa'id
  • Yaumul Khuruj
  • Yaumu Taghabun
  • Yaumu Tanad
  • Yaumul Mau’ud
  • Yaumul Fathi
  • Yaumul Kabir
  • Yaumul 'Asir 

Pertanyaan tentang Yaumul Jaza

Berikut ini adalah kumpulan pertanyaan yang berkaitan dengan Yaumul Jaza:

1. Apa yang dimaksud dengan Yaumul Jaza?

Jawab: Yaumul Jaza adalah hari pembalasan atas semua perbuatan manusia. Setelah dihisab dan ditimbang amalnya, maka setiap manusia akan memperoleh balasan atas segala perbuatannya. Orang-orang beriman yang bagus amalnya mendapat balasan surga dengan segala kenikmatan yang ada di dalamnya. Sedangkan, orang-orang kafir yang buruk amalnya akan mendapat balasan neraka dengan segala siksaan yang ada didalamnya.

2. Mengapa Hari Kiamat Disebut Yaumul Jaza?

Jawab: Hari Kiamat disebut dengan Yaumul Jaza karena pada hari itu kehidupan di dunia telah hancur, dilanjutkan dengan kehidupan akhirat. Cara hidup diakhirat sesuai dengan balasan yang kita terima dari Allah Swt. Itulah sebabnya mengapa sehingga Hari Kiamat disebut dengan Yaumul Jaza (Hari Pembalasan).

3. Apakah yang dimaksud dengan Hari Pembalasan Jelaskan?

Jawab: Hari pembalasan disebut juga dengan Yaumul Jaza, yaitu hari di mana setiap makhluk menerima balasan atas semua perbuatannya selama hidup di dunia. Amal baik akan membawa ke surga, sedangkan amalan buruk akan membawa ke neraka.

Demikianlan penjelasan tentang Yaumul Jaza. Bagikan informasi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
10+ Yaumul Jaza (يوم الجزاء): Arti, Dalil, Ayat (Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment