Learn Science With Ilmusiana

Arti Barakallah Fii Umrik: Jawaban, Tulisan, Ucapan (Lengkap)

Tahukah kamu apa arti barakallah fii umrik? Ucapan ini memiliki jawaban atau balasan saat seseorang mengucapkan barakallah fii umrik kepada kita. Namun, sebelum membalasnya, maka kita harus paham terlebih dahulu arti dari barakallah fii umrik. Islam adalah agama yang sempurna, banyak hal yang bisa kita pelajari di dalam Islam, salah satunya adalah etika pergaulan sesama muslim.

Barakallah Fii Umrik 

Arti Barakallah Fii Umrik: Jawaban, Tulisan, Ucapan
Dalam pergaulan, kita pasti sering memberikan ucapan selamat kepada orang lain. Ucapan selamat menunjukkan bahwa kita ikut bahagia atas sesuatu yang dicapai atau terjadi pada orang tersebut. Contohnya, pada saat ada saudara, sahabat, atau teman kita yang sedang ulang tahun, pasti kita memberikan ucapan selamat kepadanya.

Nah, pada momen ulang tahun tersebut, bagaimana bentuk ucapan selamat yang Anda berikan? Umumnya, kata-kata selamat yang sering diucapkan oleh orang-orang adalah "selamat ulang tahun yah", "met ultah yah", "happy birthday yah", atau kadang-kadang hanya disingkat dengan "HBD yah". 

Sebenarnya, jika Anda seorang muslim, ada kata-kata terbaik yang bisa diucapkan pada momen ulang tahun menggantikan ucapan-ucapan di atas. Ucapan itu adalah "Barakallah Fii Umrik", bukan sekedar ucapan selamat ulang tahun biasa, tetapi ucapan ini mengandung arti dan makna yang sangat dalam.

Baca Juga:
Lantas, apa arti barakallah fii umrik itu? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menguraikan penjelasan seputar arti barakallah fii umrik, lengkap dengan cara menjawab atau membalasnya. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang arti barakallah fii umrik semakin bertambah.

Yuk, berikut ini ulasannya...

Arti Barakallah Fii Umrik

Barakallah Fii Umrik adalah ucapan bahasa Arab yang memiliki arti "semoga mendapat berkah dari Allah dalam usiamu". Barakallah Fii Umrik diucapkan kepada seseorang yang sedang merayakan ulang tahun atau milad. Selain sebagai bentuk ucapan selamat, barakallah fii umrik sekaligus menjadi doa keberkahan yang semoga selalu tercurah kepada orang yang merayakan hari lahirnya tersebut.

Kata barakallah tersusun dari dua kata bahasa Arab, yaitu "baaraka" berarti "berkah" dan "Allaah" berarti "Allah". Ketika dua kata tersebut bergabung menjadi "barakallah", maka berarti "Semoga Allah memberkahi". Tulisan arab, latin, dan arti barakallah fii umrik adalah:

Arab

Tulisan arab barakallah fii umrik

Latin

 Barakallahu fii umrik

Artinya

Semoga Allah memberkahi di dalam usiamu

Saat kita membaca artinya, maka benar rasanya bahwa barakallah fii umrik lebih dari sekedar ucapan selamat ulang tahun biasa. Ketika kita menyampaikan kata-kata ini kepada orang lain, maka di saat bersamaan kita telah mendoakan orang tersebut.

Sesama muslim, kita memang dianjurkan untuk saling mendoakan. Begitulah bunyi sabda Rasulullah Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim berikut ini:
Tidak ada seorang hamba muslim yang berkenan mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan orang yang didoakan kecuali malaikat mendoakan orang yang berdoa tersebut dengan kalimat "Kamu juga mendapat sama persis sebagaimana doa yang kamu ucapkan itu," (HR. Muslim).

Jawaban / Balasan Barakallah Fii Umrik

Ketika seseorang mengucapkan barakallah fii umrik kepada kita, sudah seyogyanya kita juga membalasnya dengan jawaban terbaik pula. Sebab, Islam menganjurkan kita membalas sebuah kebaikan, dengan kebaikan yang lebih baik lagi. Ucapan barakallah fii umrik adalah doa yang berisi permohonan kepada Allah semoga mendapat keberkahan dengan bertambahnya usia.

Jawaban dari ucapan barakallah fii umrik adalah:
Wa Fiika Barakallah 
Artinya: Semoga Allah juga memberkahimi
Dalil jawaban barakallah fii umrik di atas, di dasarkan oleh:
Ketika ada orang yang mengucapkan "Barakallahu Fiik" (semoga Allah memberkahimu), maka menjawabnya dengan "Wa Fiika Barakallah" (semoga Allah juga memberkahimu). (Ibnu Sunni, hal. 138, no. 278, lihat Al-Waabilush Shayyib Ibnil Qayyim).

Arti Barakallah Fii Umrik untuk Laki-laki

Barakallah fii umrik dalam pengucapannya bisa dibedakan, antara ucapan untuk laki-laki, dan ucapan barakallah fi umrik untuk perempuan. Islam memang mengajarkan banyak hal, sebab islam adalah agama lengkap dan sempurna. Ketika ditujukan untuk laki-laki, maka kata "barakallah fii" diikuti oleh kata "Umrika", berikut ini tulisan Arabnya:

Tulisan Arab Barakallah Fii Umrik untuk laki-laki

Tulisan Arab Barakallah Fii Umrik untuk laki-laki

Latin

Barakallah Fii Umrika

Artinya

Semoga Allah memberkahi di dalam usiamu

Jawabannya

Waa Fiika Barakallah (dan kepadamu semoga Allah memberkahimu juga)

Arti Barakallah Fii Umrik Untuk Perempuan

Begitupun dengan perempuan, terdapat perbedaan tulisan ucapan barakallah fii umrik dengan laki-laki. Untuk perempuan, setelah kata "barakallah fii", maka diikuti dengan kata "Umriki". Berikut ini tulisan Arabnya:

Tulisan Arab Barakallah Fii Umrik untuk Perempuan

Tulisan Arab Barakallah Fii Umrik untuk Perempuan

Latin

Barakallah Fii Umriki

Artinya

Semoga Allah memberkahi dalam usiamu

Jawabannya

Wa Fiiki Barakallah (dan kepadamu semoga Allah memberkahimu juga)

Kadang-kadang juga ditambahi dengan kata "Ukhti", sehingga rangkaian ucapannya menjadi "Barakallah Fii Umrik ya Ukhti".

Arti Barakallah Fii Umrik untuk Orang Banyak

Ketika banyak orang-orang mengucapkan barakallah fii umrik dalam keadaan berkumpul di suatu acara, tentu saja tidak mungkin untuk menjawab ucapan ini ditujukan ke satu per satu orang. Maka, ada jawaban umum yang bisa tertuju langsung ke semua orang tersebut. Jawabannya adalah:
Wa Fiikum Barakallah
Artinya: dan kepadamu semoga Allah memberkahimu juga

Hukum Ucapan Barakallah Fii Umrik 

Terdapat kaidah umum yang berlaku di kalangan ulama, yaitu jika suatu perkara tidak bertentangan dengan syariat Islam, maka perkara itu bisa untuk dilaksanakan. Sehingga, hukum ucapan selamat ulang tahun adalah mubah atau boleh dilakukan. Mubah adalah sesuatu yang apabila dikerjakan, tidak berdosa dan tidak berpahala. Jika ditinggalkan, tidak berdosa dan tidak berpahala.

Jadi, selama tidak ada hal-hal munkar di dalamnya, maka ucapan tersebut tidak ada salahnya. Berkaitan dengan ucapan ini, ulama mengqiyaskannya dengan salah satu riwayat yang diceritakan oleh Imam Bukhari. Pada suatu ketika seorang sahabat Nabi yang bernama Ka'ab bin Malik mendengar kabar gembira dari Rasulullah mengenai penerimaan taubatnya. Maka, sahabat lain Thalhah bin Ubaidillah yang mengetahui hal ini mengucapkan selamat kepadanya.

Barakallah Fii Umrik Adalah Doa

Terkait dengan ucapan barakallah fi umrik, kata-kata ini sebenarnya adalah sebuah doa, permintaan kepada Allah SWT semoga keberkahan selalu tercurah kepada orang yang mendapat ucapan ini. Sesama muslim memang sangat dianjurkan untuk saling mendoakan saudara-saudaranya yang lain, meminta suatu kebaikan kepada Allah SWT, sekaligus agar dijauhkan dari keburukan. Hal ini didasarkan oleh hadits riwayat Imam Muslim berikut ini:
Tidak ada seorang hamba Muslim yang berkenan mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan orang yang didoakan kecuali malaikat mendoakan orang yang berdoa tersebut dengan kalimat "Kamu juga mendapat sama persis sebagaimana doa yang kamu ucapkan itu," (HR Muslim: 4094).
Mengenai perayaan ulang tahun dan memberikan ucapan selamat, tidak ada kejelasan dalil, baik yang secara langsung membolehkan hal tersebut, atapun melarangnya. Tetapi, sudah sering terjadi di kalangan para sahabat Rasulullah SAW, saling memberi ucapan selamat ketika salah seorang dari mereka mendapatkan suatu kenikmatan.

Cara Mengucapkan Barakallah Fii Umrik

Mengucapkan barakallah fii umrik boleh ditujukan kepada siapa saja, baik itu kepada ayah, ibu, istri, saudara, sahabat, bahkan orang lain saat kita mengetahui bahwa dirinya saat sedang ulang tahun. Caranya juga sangat mudah untuk dilakukan, cukup dengan menambahkan kata-kata yang merepresentasikan orang yang akan diberi ucapan. Berikut ini contohnya:

Barakallah Fii Umrik untuk Ayah

Ucapan barakallah fii umrik untuk ayah, bisa dilakukan dengan ucapan:

Tulisan Barakallah Fii Umrik untuk Ayah

Barakallah Fii Umrik untuk Ayah

Latin

Barakallah Fii Umrik Yaa Abii

Artinya

Semoga Allah memberkahi dalam usiamu wahai Ayah

Barakallah Fii Umrik untuk Ibu

Selain ayah, ucapan barakallah fii umrik juga bisa ditujukan untuk ibu. Saat akan diucapkan kepada ibu, cukup dengan menambahkan kata "Ummii". Berikut ini tulisan arabnya:

Tulisan Barakallah Fii Umrik untuk Ibu

Barakallah Fii Umrik untuk Ibu

Latin

Barakallah Fii Umrik Yaa Ummii

Artinya

Semoga Allah memberkahi dalam usiamu wahai Ibu

Barakallah Fii Umrik untuk Suami

Selain ayah dan ibu, ucapan barakallah fii umrik juga bisa diberikan oleh seorang istri kepada suaminya yang sedang merayakan hari lahirnya. Cukup dengan menambahkan kata "Zaujii". Berikut ini tulisan arabnya:

Tulisan Barakallah Fii Umrik untuk Suami

Tulisan Barakallah Fii Umrik untuk Suami

Latin:

Barakallah Fii Umrik Yaa Zaujii

Artinya:

Semoga Allah memberkahi dalam usiamu wahai suamiku

Barakallah Fii Umrik untuk Istri

Begitu pun seorang suami kepada istri, bisa juga memberikan ucapan barakallah fii umrik ketika istri sedang merayakan hari lahirnya. Cukup dengan menambahkan kata "Zaujatii". Berikut ini tulisan arabnya:

Tulisan Arab Barakallah Fii Umrik untuk Istri

Barakallah Fii Umrik untuk Istri

Latin

Barakallah Fii Umrik Yaa Zaujatii

Artinya:

Semoga Allah memberkahi dalam usiamu wahai istriku

Penjelasan tentang perayaan hari ulang tahun, bisa Anda saksikan melalui video ceramah dari Ust Abdul Somad  dari channel Taman Surga.Net berikut ini. 


Demikianlah penjelasan tentang Barakallah Fii Umrik. Bagikan artikel ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Arti Barakallah Fii Umrik: Jawaban, Tulisan, Ucapan (Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment