Learn Science With Ilmusiana

Arti La Tahzan Innallaha Ma'ana: Makna, Penjelasan (Arab)

Pernahkah kamu mendengar ucapan la tahzan innallaha ma'ana (لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا)? Tahukah kamu apa artinya? Kamu pasti pernah mendengarnya sebab, ucapan ini sangat populer di tengah masyarakat Indonesia. Ungkapan Arab ini sering diucapkan secara lisan dan juga ditulis melalui status dan kolom komentar media sosial. Semenjak populernya film Ayat Ayat Cinta dan Ketika Cinta Bertasbih, ucapan-ucapan Arab semakin digandrungi oleh masyarakat Indonesia.

La Tahzan Innallaha Ma'ana (لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا)

Arti La Tahzan Innallaha Ma'ana: Makna, Penjelasan (Arab)

Sebut saja beberapa kosakata bahasa Arab seperti syukron, afwan, na'am, dan lain sebagainya, deretan kata ini seringkali terselip dalam percakapan sehari-hari. Begitupun dengan ucapan la tahzan innallaha ma'ana, juga menjadi penghias kata-kata menemani aktivitas komunikasi dengan sesama.

Bagi orang yang telah mengetahui arti la tahzan innallaha ma'ana artinya apa, mungkin tidak ada masalah. Mereka akan langsung mengetahui maksud dari ucapan tersebut. Namun, berbeda halnya dengan netizen yang baru pertama kali mendengar ucapan ini. Pasti mereka akan langsung berpikir, apa sih arti dari ucapan ini?

Yah, ternyata masih banyak netizen Indonesia yang belum mengetahui arti dari la tahzan innallaha ma'ana. Hal ini dibuktikan oleh data perekaman kata kunci google, lumayan banyak pengguna internet Indonesia yang mengetikkan kata kunci "arti la tahzan innallaha ma'ana" atau "tulisan Arab la tahzan innallaha ma'ana".

Nah, karena itulah pada kesempatan kali ini, kami menganggap perlu untuk membuat uraian khusus seputar la tahzan innallaha ma'ana. Artikel ini kamu tujukan kepada orang-orang yang penasaran dengan arti dari la tahzan innallaha ma'ana. 
Yuk, berikut ini uraiannya...

Arti La Tahzan Innallaha Ma'ana (لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا)

La tahzan innallaha ma'ana (لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا) adalah ungkapan bahasa Arab yang memiliki arti "janganlah engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita" atau "janganlah berduka cita, Allah beserta kita". Ucapan ini ditujukan kepada orang-orang yang oleh karena sebab tertentu sedang merasakan kesedihan. Ucapan la tahzan innallaha ma'ana berfungsi sebagai penghibur hati dan pengingat bahwa Allah tidak pernah meninggalkan hamba-Nya dalam keadaan apa pun.

Tulisan Arab dari la tahzan innallaha ma'ana adalah لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, maka menjadi "Janganlah engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita". Gimana, kamu tidak bingung lagi kan saat mendengar ucapan ini di luar sana? Jadi, jangan bengong lagi yah.

Pengertian La Tahzan Innallaha Ma'ana

Telah kita ketahui bersama bahwa la tahzan innallaha ma'ana adalah ungkapan bahasa Arab yang digunakan juga oleh masyarakat Indonesia dalam percakapan sehari-hari. Ucapan ini terbentuk dari beberapa kosakata Arab yang memiliki makna masing-masing. Jika diartikan secara kata per kata, maka la tahzan innallaha ma'ana berbentuk:
  • La (لَا) = jangan
  • Tahzan (تَحْزَنْ) = bersedih
  • Innallaha (إِنَّ اللَّهَ) = sesungguhnya Allah
  • Ma'ana (مَعَنَا) = bersama kita
Jika seluruh kata di atas digabungkan, maka artinya menjadi "Janganlah bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita". Ketika seorang hamba telah bersama Allah, maka hamba tersebut akan memiliki kekuatan di atas kekuatan yang ia miliki.

Dalil La Tahzan Innallaha Ma'ana

Sebenarnya, ucapan la tahzan innallaha ma'ana bukanlah sekedar ucapan, tetapi ungkapan ini merupakan petikan ayat Al-Qur'an dalam surah At-Taubah Ayat 40. Berikut ini petikan lengkap dari ayat tersebut:

إِلَّا تَنْصُرُوهُ فَقَدْ نَصَرَهُ اللَّهُ إِذْ أَخْرَجَهُ الَّذِينَ كَفَرُوا ثَانِيَ اثْنَيْنِ إِذْ هُمَا فِي الْغَارِ إِذْ يَقُولُ لِصَاحِبِهِ لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا ۖ فَأَنْزَلَ اللَّهُ سَكِينَتَهُ عَلَيْهِ وَأَيَّدَهُ بِجُنُودٍ لَمْ تَرَوْهَا وَجَعَلَ كَلِمَةَ الَّذِينَ كَفَرُوا السُّفْلَىٰ ۗ وَكَلِمَةُ اللَّهِ هِيَ الْعُلْيَا ۗ وَاللَّهُ عَزِيزٌ حَكِيمٌ 

Artinya: Jikalau kamu tidak menolongnya (Muhammad) maka sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir (musyrikin Mekah) mengeluarkannya (dari Mekah) sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, di waktu dia berkata kepada temannya: "Janganlah kamu bersedih, sesungguhnya Allah beserta kita". Maka Allah menurunkan keterangan-Nya kepada (Muhammad) dan membantunya dengan tentara yang kamu tidak melihatnya, dan Al-Quran menjadikan orang-orang kafir itulah yang rendah. Dan kalimat Allah itulah yang tinggi. Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Makna La Tahzan Innallaha Ma'ana

La tahzan innallaha ma'ana (لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا) mengandung makna jangan bersedih, Allah itu Mahaluas kasih sayangnya. Allah tidak akan menguji hamba-Nya kecuali ingin melihatnya ingat, mengadu, dan memohon kepada-Nya. Allah tidak akan menguji kita, kecuali Dia tahu bahwa kita mampu melewatinya.

Bahkan, Rasulullah pun pernah merasakan kesedihan karena tuduhan orang-orang kafir kepadanya. Mereka menyebutnya penyihir, dukun, pendusta, bahkan orang gila. Tetapi Rasulullah berpegang pada ungkapan yang terkandung dalam Al-Qur'an surah At-Taubah ini: La Tahzan Innallaha Ma'ana.

Ketika hati kita terasa sakit, yang sakitnya jauh lebih sakit dibandingkan tubuh yang terpelanting dari tempat yang tinggi. Sebenarnya, saat itu kesabaran kita benar-benar diuji. Ujian adalah salah satu bukti cinta-Nya kepada kita. Allah menguji kita agar kuat dan semakin mulia di mata-Nya. Allah menguji kita agar dosa-dosa kita berguguran karena keteguhan hati dan usaha kita mengatasinya. Allah menguji kita agar kita layak mendapatkan surga.

Contoh Penggunaan La Tahzan Innallaha Ma'ana

Berikut ini adalah beberapa contoh situasi penggunaan ucapan la tahzan innallaha ma'ana (لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا):
  • Saat sedang putus asa disebabkan oleh usaha kita yang belum juga membuahkan hasil, janganlah bersedih, ucapkan la tahzan innallaha ma'ana.
  • Hati merasa sedih karena baru saja ditinggal oleh orang tercinta. Kesedihan ini terasa amat sangat dalam. Agar tidak larut dalam kesedihan tersebut, ucapkan la tahzan innallaha ma'ana.
  • Ada orang yang menyakiti kita, menuduh kita berbuat sesuatu yang tidak kita lakukan. Wajar jika hati merasa sedih, tetapi janganlah berlama-lama dengan perasaan tersebut. Ucapkan la tahzan innallaha ma'ana.
Demikianlah penjelasan tentang La Tahzan Innallaha Ma'ana. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Arti La Tahzan Innallaha Ma'ana: Makna, Penjelasan (Arab) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment