Learn Science With Ilmusiana

Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah: Makna, Kandungan (Lengkap)

Pernahkah kamu mendengar seseorang mengucapkan ma fi qalbi ghairullah? Tahukan kamu apa artinya? Saat membaca ungkapan di atas, pikiran kita pasti bisa langsung menebak bahwa ucapan tersebut berasal dari Arab. Dalam bahasa Arab, ma fi qalbi ghairullah ditulis  مَافِي قَلْبِي غَيْرُ الله. Seandainya saja kamu mengetahuinya, arti dari ungkapan ini sangatlah bagus.

Ma Fi Qalbi Ghairullah (مَافِي قَلْبِي غَيْرُ الله)

Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah: Makna, Kandungan (Lengkap)

Memang, pengucapan ma fi qalbi ghairullah tidak sepopuler seperti ungkapan-ungkapan bahasa Arab lainnya, seperti Jazakumullah khairan katsiran atau barakallah fii umrik. Namun, bukan berarti ucapan ini tidak memiliki arti atau makna. Cobalah baca kata paling terakhir "ghairullah", di situ disebut nama Allah, artinya ucapan ini mengandung makna pengharapan kepada Allah.

Hanya kemudian kita harus mengartikan seluruh kata yang membentuk ucapan tersebut agar kita bisa mendapatkan pemaknaan yang utuh. Berdasarkan penelusuran kami, banyak netizen Indonesia yang penasaran dengan arti ma fi qalbi ghairullah. Hal ini dibuktikan oleh banyaknya pencarian kata kunci "ma fi qalbi ghairullah" berdasarkan data yang direkam oleh google.

Oleh karena itulah, kami menganggap perlu untuk menulis artikel ini yang khusus mengulas arti, makna, dan kandungan ma fi qalbi ghairullah. Semoga kehadiran artikel ini, dapat menjawab rasa penasaran pembaca mengenai arti dari ucapan ini.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini uraiannya...

Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah (مَافِي قَلْبِي غَيْرُ الله) 

Ma fi qalbi ghairullah (مَافِي قَلْبِي غَيْرُ الله) adalah ungkapan bahasa Arab yang memiliki arti "tidak ada di dalam hatiku selain Allah". Ucapan ini sebagai bentuk pengakuan dari seseorang mengenai keteguhan hatinya untuk selalu mengingat Allah. Ia sadar bahwa tujuan hidup di dunia ini adalah menghamba kepada Allah Swt.

Dengan mengucapkan ma fi qalbi ghairullah, maka seseorang membuang jauh hal-hal selain Allah di dalam hatinya. Harta, jabatan, dan wanita adalah tiga hal yang selalu menggoda manusia. Ketiga hal inilah yang menjadi penghias hati kebanyakan manusia saat ini. Dengan lafaz ma fi qalbi ghairullah, hati akan dibentengi dengan segala sesuatu yang bisa mengaburkannya dari mengingat Allah.

Ma fi qalbi ghairullah bisa dikatakan sebagai bentuk implementasi lebih lanjut dari ucapan syahadat. Syahadat itu sendiri merupakan pengakuan seorang muslim bahwa Tiada Tuhan Selain Allah dan Muhammad adalah Utusan Alah.

Ma fi qalbi ghairullah yang merasuk ke dalam hati, akan menuntun segala ucapan dan perbuatan seorang muslim agar sesuai dengan norma-norma yang di tetapkan agama Islam. Dirinya membuang jauh-jauh segala hal yang membuat hatinya lalai terhadap Allah.

Pengertian Ma Fi Qalbi Ghairullah

Telah jelas bahwa ungkapan ma fi qalbi ghairullah berasal dari bahasa Arab. Ungkapan ini terbentuk dari 5 suku kata, yaitu "ma (مَا)", "fii (فِي)", "qalbi (قَلْبِي)", dan "ghairu (غَيْرُ)", dan Allah (الله)". Jika, seluruh kata ini digabungkan, maka artinya menjadi "tidak ada di dalam hatiku selain Allah" atau "tidak ada di dalam hatiku kecuali Allah".

Membaca arti ma fi qalbi ghairullah dalam bahasa Indonesia tentu saja dapat membantu kita menangkap makna yang dimaksud dari ungkapan tersebut. Ternyata, ucapan ini merupakan penegasan sekaligus pengecualian terhadap hal-hal selain Allah yang bersemayam di dalam hati. Hanya Allah saja, tiada yang lain.

Penjelasan Ma fi qalbi ghairullah

Ma fi qalbi ghairullah adalah pengakuan seorang hamba bahwa tidak ada di dalam hatinya selain Tuhannya, yaitu Allah Swt. Seorang muslim wajib mengucapkan dan mengamalkan ini dalam kehidupan sehari-harinya. Sebab, godaan dunia tidak pernah berhenti mengganggu manusia. Godaan ini berefek terhadap hati manusia yang lupa kepada Allah.

Dengan ucapan ma fi qalbi ghairullah, seorang hamba membuang segala sesuatu yang bisa membuat hatinya lupa kepada Allah. Tidak ada selain Allah di dalam hatinya. Apabila seorang muslim mampu mengamalkan ini, maka dirinya akan semakin dekat dengan Allah.

Allah menyayangi orang-orang yang selalu ingat kepada-Nya. Allah pun akan memberikan balasan setimpal bagi hamba-Nya yang tidak pernah lupa akan kebesaran Allah. Dengan ucapan ma fi qalbi ghairullah, hati seorang hamba akan dilingkupi oleh kasih sayang Allah.

Makna Ma Fi Qalbi Ghairullah

Bagi seorang muslim, ungkapan ma fi qalbi ghairullah mengandung makna penegasan iman kepada Allah Swt. Muslim yang mengaku beriman kepada Allah Swt adalah muslim yang bersedia mengutamakan Allah di dalam setiap langkahnya. Seorang muslim harus istiqomah dengan pengakuannya itu, diawali dengan mengucapkannya di dalam hati dan melaksanakannya dengan perbuatan.

Sebab, ucapan iman belumlah lengkap tanpa diiringi dengan perbuatan nyata.  Allah Swt memberikan pahala kepada kita berdasarkan amal perbuatan yang kita lakukan. Sebab, bisa saja seseorang mengucapkan ma fi qalbi ghairullah di dalam hatinya, tetapi ucapan tersebut tidak konsisten dengan perbuatannya. Dirinya masih disibukkan dengan hal-hal selain Allah.

Kandungan Ma Fi Qalbi Ghairullah

Ucapan ma fi qalbi ghairullah memiliki kandungan luar biasa bagi setiap muslim yang mau mengucapkan dan mengamalkannya. Berikut ini adalah beberapa kandungan ucapan ma fi qalbi ghairullah yang telah kami rangkum untuk Anda:
  1. Menjadikan seorang muslim selalu mengingat Allah Swt
  2. Semakin meneguhkan iman kepada Allah Swt
  3. Membentengi diri dari hal-hal selain Allah Swt
  4. Hatinya tidak mudah tergoda untuk berbuat maksiat

Penggunaan Ma Fi Qalbi Ghairullah

Berikut ini adalah beberapa contoh situasi penggunaan ucapan ma fi qalbi ghairullah:
  • Ketika seorang teman mengajak Anda untuk bermaksiat, agar tidak mudah tergoda dengan ajakan tersebut segera ucapakan dalam hati ma fi qalbi ghairullah 
  • Ketika ada kesempatan untuk korupsi, di mana kemungkinan besar tidak ada orang yang akan mengetahuinya, segera lawan perasaan tersebut dengan ucapan ma fi qalbi ghairullah.
  • Di depan Anda ada wanita cantik dan menggoda, agar hati Anda tidak condong kepadanya segera ucapkan ma fi qalbi ghairullah.

Ucapan Selain Ma Fi Qalbi Ghairullah

Berikut ini adalah ucapan selain Ma Fi Qalbi Ghairullah yang terkenal di dalam Islam:

Ucapan Arab Artinya
Barakallahu Fiikum (بَارَكَ اللهُ فِيْكُم) Semoga Allah memberkahi kalian
Barakallahu fiik (بارك الله فيك) Semoga Allah memberkahi kamu
Barakallahu Lak (بَارَكَ اللَّهُ لَكَ) Semoga Allah memberkahimu
Wafiika Barakallah (وَ فِيكَ بَارَكَ اللَّهُ) Dan semoga Allah memberkahimu juga
Barakkallah fii umrik (بارك الله في عمرك) Semoga Allah memberkahi umurmu
Fii Amanillah (فِي أَمَانِ الله)Semoga engkau ada dalam lindungan Allah
Ma'assalamah (مَعَ السَّلاَمَة) Semoga keselamatan menyertaimu
Jazakamullah Khairan Katsiran (جَزَا كُمُ الله خَيْرًاكَثِيْرًا) Semoga Allah membalas kalian dengan kebaikan yang banyak
Jazakumullah ahsanal jaza (جَزَاكُمُ اللهُ اَحْسَنَ الْجَزَاء) Semoga Allah membalas kalian dengan balasan terbaik
Jazakallah khair (جزاك اللهُ خيراً) Semoga Allah membalas kebaikanmui
Demikianlah penjelasan tentang Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah: Makna, Kandungan (Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment