Learn Science With Ilmusiana

Arti Wa Fiika Barakallah: Tulisan Arab (Lengkap)

Tahukah kamu apa arti dari Wa Fiika Barakallah? Lantas, bagaimana tulisan Arabnya? Nah, pertanyaan inilah yang akan kami berikan penjelasannya dalam materi kali ini. Wa Fiika Barakallah adalah ucapan yang sering kita dengarkan sebagai balasan dari ucapan Barakallahu Fiik. Jadi, ketika ada orang yang memberikan ucapan Barakallahu Fiik, maka orang tersebut menjawab dengan Wa Fiika Barakallah.
wa fiika barakallah arti tulisan arab

Saling membalas ucapan telah menjadi tradisi umat muslim di seluruh dunia. Sebuah ucapan akan dibalas dengan ucapan lainnya. Bahkan, terdapat aturan tertentu mengenai ucapan dan balasannya. Ucapan tertentu hanya boleh dijawab dengan ucapan tertentu pula. Ucapan dan balasannya biasanya semakna sehingga terdapat saling ketercocokan.

Begitu juga yang berlaku pada Wa Fiika Barakallah. Ucapan ini cocok digunakan ketika seseorang memberikan ucapan Barakallahu Fiik kepada kita. Namun, selain itu ada baiknya ketika kita paham yang kita ucapkan. Mungkin saja kita telah mengetahui bahwa Wa Fiika Barakallah adalah balasan Barakallahu Fiik, tetap kita belum mengetahui arti dari ucapan ini.

Oleh karena itulah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan arti dari Wa Fiika Barakallah sesuai sunnah atau sebagaimana yang berlaku dalam Islam. Jadi, kita tidak sekedar hanya mengucapkannya saja, tetapi kita telah mengetahui artinya. Selan itu, kami juga akan menunjukkan bentuk tulisan Arabnya.
Yuk, berikut ini urainnya...

Arti Wa Fiika Barakallah

Wa Fiika Barakallah adalah ucapan bahasa Arab yang memiliki arti "Semoga Allah juga memberkahimu". Ucapan ini digunakan sebagai balasan atau jawaban dari ucapan Barakallahu Fiik (Semoga Allah memberkahimu). Kalau kita perhatikan, arti dari kedua ucapan tersebut memiliki makna yang sama. Sehingga, sangat cocok untuk digunakan untuk keperluan saling berbalas ucapan.

Ucapan ini berfungsi sebagai doa keberkahan buat seseorang. Kita memohon kepada Allah agar orang yang kita beri ucapan itu senantiasa mendapat keberkahan dari Allah Swt. Sebagai balasannya, orang itu juga akan mendoakan kita dengan ucapan yang sama.

Dalam Islam, memang kita dianjurkan untuk saling mendoakan. Ketika kita mendapatkan ucapan atau doa kebaikan dari seseorang, kita dianjurkan untuk membalasnya dengan ucapan yang setara atau lebih dari ucapan tersebut. Sebagaimana yang disebutkan dalam dalil berikut ini:
Dan barangsiapa yang berbuat baik kepada kalian maka balaslah (kebaikannya) dengan kebaikan yang setimpal dan jika kalian tidak mendapat sesuatu untuk membalasnya kebaikannya maka berdo'alah untuknya sampai kalian merasa telah membalas kebaikannya. (HR. Bukhari dan Muslim).

Tulisan Arab Wa Fiika Barakallah

Tulisan Arab dari Wa Fiika Barakallah adalah sebagai berikut:

وَفِيْكَ بَارَكَ اللهُ 

Tulisan Latin: Wa Fiika Barakallah
Arti: Semoga Allah juga memberkahimu

Wa Fiika Barakallah untuk Laki-laki dan Perempuan

Berikut ini adalah aturan penggunaan ucapan Wa Fiika Barakallah untuk laki-laki, perempuan, dan juga orang banyak:
  • Untuk Laki-laki:Wa Fiika Barakallah
  • Untuk Perempuan: Wa Fiiki Barakallah
  • Untuk orang banyak: Wa Fiikum Barakallah
Demikianlah penjelasan tentang Wa Fiika Barakallah. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat. 
Arti Wa Fiika Barakallah: Tulisan Arab (Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment