Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Mengapa Menanam Pohon Termasuk Kegiatan Menghemat Energi

Artikel ini akan menjelaskan mengapa menanam pohon termasuk kegiatan menghemat energi. Dewasa ini, wacana tentang penghematan energi semakin sering digaungkan oleh banyak pihak. Bukan tanpa alasan, umat manusia sedang terancam situasi krisis energi. Energi fosil yang sekian lama menjadi sumber energi utama cadangannya mulai menipis.

Mengapa Menanam Pohon Termasuk Kegiatan Menghemat Energi

Menurut perhitungan para ilmuwan, tidak lama lagi sumber energi fosil akan benar-benar habis. Bagaimana tidak, jumlah energi yang kita habiskan setiap harinya terus meningkat seiring dengan meningkatnya aktivitas manusia. Peralatan yang kita gunakan pun semakin bervariasi dan semuanya membutuhkan energi agar bisa beroperasi.

Misalnya saja di dalam rumah kita sendiri, ada banyak peralatan yang membutuhkan energi, seperti; televisi, kulkas, AC, kipas angin, radio, dan lain-lain. Apalagi, akhir-akhir ini kebutuhan akan pendingin ruangan terus meningkat efek dari pemanasan global. Akibatnya, kipas atau AC menyala lebih lama, artinya semakin banyak energi listrik yang akan dihabiskan.

Salah satu kegiatan yang bisa menghemat energi adalah menanam pohon. Mengapa begitu? Apa hubungannya menanam pohon dengan penghematan energi? Nah, uraian di bawah ini akan menjelaskan hubungan tersebut. Semoga setelah membaca uraian ini, kita bisa tergerak untuk menanam pohon lebih banyak lagi.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini urainnya...

Mengapa Menanam Pohon Termasuk Kegiatan Menghemat Energi 

Kegiatan menanam pohon adalah salah satu cara untuk menghemat energi, khususnya energi listrik. Pohon yang ditanam di sekitar rumah akan membuat udara menjadi sejuk meskipun cuaca sedang panas. Artinya, kita tidak perlu lagi menyalakan pendingin ruangan (kipas angin atau AC) untuk mengusir udara panas.

Apalagi, jika pohon yang ditanam adalah pohon buah-buahan, selain menghasilkan udara sejuk, pohon itu juga akan menghasilkan buah-buahan menyehatkan saat dikonsumsi. Manfaat lain dari menanam pohon adalah lingkungan menjadi lebih hijau dan membantu menyimpan cadangan air tanah.

Demikianlah penjelasan tentang Mengapa Menanam Pohon Termasuk Kegiatan Menghemat Energi. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat. 
[Jawaban] Mengapa Menanam Pohon Termasuk Kegiatan Menghemat Energi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment