Learn Science With Ilmusiana

3+ Peranan Elektron dalam Kehidupan Sehari-hari

Artikel ini akan menjelaskan peranan elektron dalam kehidupan sehari-hari. Sebagaimana yang diketahui, elektron adalah satu di antara 3 partikel utama penyusun atom. Partikel bermuatan negatif ini ditemukan oleh J.J. Thomson pada tahun 1897, melalui percobaannya menggunakan tabung Crookes, yaitu wadah berbentuk tabung kaca tertutup dengan dua elektroda yang dipisahkan oleh ruang hampa.

Dibandingkan dengan kedua partikel penyusun atom lainnya (proton dan neutron), elektron merupakan partikel dengan massa paling kecil, yaitu 1836 kali lebih kecil dari massa proton dan neutron. Meskipun kecil, tetapi muatan elektron sama besar dengan mutan proton, hanya saja berlawanan tanda, proton positif sedangkan elektron negatif.

Peranan Elektron dalam Kehidupan Sehari-hari

Semenjak penemuannya, elektron terus dipelajari oleh ilmuwan untuk mengungkap semua karakteristiknya, termasuk kemungkinan pemanfaatannya untuk keperluan praktis. Ternyata benar, elektron memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. 

Apa saja peranan elektron? Nah, berikut ini akan kami jelaskan peranan elektron dalam kehidupan sehari-hari. Kami akan mengajak Anda untuk melihat contoh penerapan elektron yang telah berhasil dilakukan oleh manusia.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini uraiannya...

Peranan Elektron dalam Kehidupan Sehari-hari 

Sebenarnya, ada banyak peranan elektron dalam kehidupan sehari-hari. Jika ingin ditulis semua, maka daftar ini akan sangat panjang. Nah, karena itulah kami akan membatasi sampai tiga saja, antara lain sebagai berikut:

1. Partikel Aliran Listrik

Mungkin, inilah peranan elektron yang paling vital dalam kehidupan sehari-hari, yaitu sebagai partikel aliran listrik. Yah, aliran listrik yang kita nikmati setiap hari merupakan aliran elektron di dalam sebuah kabel penghantar. Aliran listrik terjadi karena perpindahan elektron dari tempat yang potensialnya rendah ke tempat yang potensialnya tinggi.

2. Tabung Televisi

Siapa sangka, ternyata gambar yang kita nikmati di layar televisi merupakan hasil dari tembakan elektron. Dalam tabung televisi, terdapat aliran elektron kecepatan tinggi yang diarahkan menuju layar. Ketika elektron menyentuh material pada layar, maka elektron akan menyebabkan timbulnya cahaya.

3. Mikroskop Elektron

Elektron juga digunakan untuk menciptakan mikroskop yang bisa melihat objek berukuran sangat kecil yang tidak mampu dilihat oleh mikroskop cahaya. Mikroskop elektron mampu melakukan pembesaran objek sampai 2 juta kali. Mikroskop elektron bekerja dengan cara memfokuskan sinar elektron (electron beam) di permukaan objek dan mengambil gambarnya dengan mendeteksi elektron yang muncul dari permukaan objek.

Kesimpulan

Jadi, jika terdapat pertanyaan "Atom tersusun atas partikel sub atom yaitu proton, neutron dan elektron. Jelaskan peranan elektron dalam kehidupan sehari-hari​", maka jawabannya adalah:
  • Sebagai aliran listrik
  • Tabung televisi
  • Mikroskop elektron
Demikianlah penjelasan tentang Peranan Elektron dalam Kehidupan Sehari-hari. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
3+ Peranan Elektron dalam Kehidupan Sehari-hari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment