Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Dari Manakah Energi Biomassa Berasal?

Tahukah kamu dari manakah energi biomassa berasal? Sebagaimana yang diketahui, biomassa adalah bahan bakar yang berasal dari bahan nabati. Biomassa mengandung sejumlah energi yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia. Sifatnya yang dapat diperbaharui menjadi biomassa sangat berpotensi dikembangkan sebagai sumber energi alternatif untuk menggantikan energi fosil.

Dari Manakah Energi Biomassa Berasal

Secara umum biomassa merupakan bahan yang dapat diperoleh dari tanaman baik langsung maupun tidak langsung dan dimanfaatkan sebagai energi atau bahan dalam jumlah yang besar. Kandungan utama biomassa terdiri atas karbon, hidrogen, dan oksigen. Saat dibakar secara sempurna, ia akan menghasilkan air dan karbon dioksida. 

Biomassa bisa diproses menjadi bahan bakar minyak (biofuel) untuk menggerakkan mesin kendaraan. Biomassa juga menghasilkan produk turunan berbentuk gas yang bisa digunakan untuk keperluan memasak menggantikan gas elpiji.

Lantas, dari manakah energi biomassa berasal? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan asal dari energi biomassa. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan kita tentang biomassa semakin bertambah.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini urainnya...

Asal Energi Biomassa

Sebenarnya, energi biomassa berasal dari tumbuh-tumbuhan yang menyerap energi matahari dan menyimpannya di dalam tanaman. Tanaman menggunakan energi matahari untuk proses metabolisme, sebagian kecil lainnya disimpan dan bisa dikonversi menjadi biomassa. Ciri-ciri tanaman yang memiliki kandungan energi biomassa yang besar adalah tanaman berdaun tegak karena mampu menyerap 95% radiasi matahari.

Energi biomassa dapat berasal dari tiga sumber, yaitu sebagai berikut:
  • Biogas
  • Tanaman Energi
  • Limbah Pertanian
Contoh tanaman yang sering diproses menjadi biomassa adalah pepohonan, rumput, ubi, limbah pertanian, limbah hutan, tinja dan kotoran ternak.

Demikianlah penjelasan tentang Dari Manakah Energi Biomassa Berasal. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat. 
[Jawaban] Dari Manakah Energi Biomassa Berasal? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment