Learn Science With Ilmusiana

3+ Alasan Mengapa Batu Bara Termasuk Energi Tak Terbarukan

Artikel ini akan menjawab pertanyaan "Mengapa batu bara termasuk energi tak terbarukan?" Sebagaimana yang diketahui, batu bara adalah endapan senyawa organik karbonan yang terbentuk secara alamiah dari sisa tumbuh-tumbuhan yang mengendap selama berjuta-juta tahun. Batu bara merupakan salah satu sumber energi utama selain minyak dan gas bumi. 

Mengapa Batu Bara Termasuk Energi Tak Terbarukan

Batu bara merupakan sumber energi yang selama ini banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang kehidupan, mulai dari rumah tangga, usaha kecil, sampai industri. Batu bara cukup berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi masyarakat. Komposisi utama batu bara adalah campuran hidrokarbon dengan komponen utama karbon. Di samping itu juga mengandung senyawa dari oksigen, nitrogen, dan belerang.

Batu bara merupakan bahan bakar bakar fosil yang paling melimpah yaitu sekitar 90% dari seluruh cadangan bahan bakar fosil. Namun, meskipun persediaannya cukup melimpah, batu bara termasuk ke dalam sumber energi tak terbarukan. Artinya, jika digunakan terus menerus, suatu saat batu bara akan habis.

Lantas, tahukah kamu mengapa batu bara termasuk energi tak terbarukan? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa alasan mengapa sehingga batu baru termasuk ke dalam energi tak terbarukan. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca semakin bertambah.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini urainnya...

Mengapa Batu Bara Termasuk Energi Tak Terbarukan

Ada tiga alasan mengapa sehingga batu bara dimasukkan ke dalam kelompok energi tak terbarukan. Alasan tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Berasal dari Fosil

Batu bara termasuk energi tak terbarukan karena berasal dari fosil, yaitu fosil tumbuhan. Batu bara yang kita nikmati sekarang ini merupakan hasil pembentukan fosil yang mengendap jutaan tahun lamanya. Fosil tersebut mengeras membentuk endapan sedimen di bawah permukaan bumi. Untuk mengeluarkannya, maka dilakukan kegiatan penambangan.

2. Waktu Pembentukannya Sangat Lama

Meskipun kita mengetahui bahwa batu bara berasal dari fosil yang mengeras, tetapi untuk menghasilkan batu baru baru dibutuhkan waktu yang sangat panjang, yaitu jutaan tahun lamanya. Itulah sebabnya mengapa sehingga batu bara termasuk ke dalam kelompok energi tak terbarukan.

3. Jika Dipakai Terus Menerus Akan Habis

Pemakaian batu bara dalam jangka waktu yang lama, akan membuat sumber energi ini habis. Cadangan batu bara yang berada di bawah permukaan bumi terus berkurang setiap tahunnya karena aktivitas pertambangan. Karena itulah, batu bara termasuk energi tak terbarukan.

Demikianlah penjelasan tentang Mengapa Batu Bara Termasuk Energi Tak Terbarukan. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
3+ Alasan Mengapa Batu Bara Termasuk Energi Tak Terbarukan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment