Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Mengapa Bangsa Indonesia Masih Harus Berjuang Lagi Mempertahankan Kemerdekaan

Artikel ini akan menjelaskan mengapa bangsa Indonesia masih harus berjuang lagi mempertahankan kemerdekaan. Bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945 melalui proklamasi yang dibacakan oleh Ir. Soekarno. Sejak saat itu, Indonesia resmi berdiri sebagai negara berdaulat setelah sekian lama dijajah oleh bangsa barat dan Jepang.

Mengapa Bangsa Indonesia Masih Harus Berjuang Lagi Mempertahankan Kemerdekaan

Ternyata, proklamasi kemerdekaan itu tidak serta merta menjadikan Indonesia berhenti berjuang. Pihak penjajah tidak mengakui kemerdekaan tersebut dan berusaha mengembalikan kekuasaannya di Indonesia. Beberapa bulan setelah merdeka, Indonesia masih terlibat beberapa kali perang melawan Inggris dan Belanda.

Tidak hanya lewat senjata, Indonesia juga melakukan perjuangan mempertahankan kemerdekaan melalui jalur diplomasi. Pihak Indonesia dan Belanda beberapa kali bertemu di meja perundingan. seperti Linggarjati, Renville, Roem-Royen, dan Konferensi Meja Bundar (KMB). Semua itu dilakukan Indonesia sebagai langkah untuk mempertahankan kemerdekaan. 

Lantas, mengapa bangsa indonesia masih harus berjuang lagi mempertahankan kemerdekaannya? Nah, berikut ini akan kami kemukakan beberapa sebab yang membuat Indonesia masih harus berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca semakin bertambah.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini uraiannya...

Penyebab Bangsa Indonesia Masih Harus Berjuang Lagi Mempertahankan Kemerdekaan 

Kemerdekaan yang diperoleh Indonesia masih banyak mendapat tantangan dari pemerintah kolonial Belanda yang berupaya ingin mengembalikan kekuasaannya di Indonesia, sehingga Indonesia kembali lagi harus berjuang dalam periode revolusi fisik (1945-1949) mempertahankan kemerdekaannya.

Indonesia belum mendapatkan pengakuan dari Belanda. Bangsa Belanda masih mau menjajah bangsa Indonesia. Oleh karena itu, setelah proklamasi kemerdekaan, bangsa Indonesia masih harus berjuang mempertahankan kemerdekaan. Perjuangan mempertahankan kemerdekaan itu banyak menelan korban nyawa dan harta benda.

Namun, karena tekad yang kuat, akhirnya bangsa Indonesia memperoleh pengakuan kedaulatan dari bangsa Belanda. Pengakuan kedaulatan dilaksanakan pada Konferensi Meja Bundar pada tanggal 27 Desember 1949.

Kesimpulan

Jadi, jika terdapat pertanyaan mengapa bangsa Indonesia masih harus berjuang lagi mempertahankan kemerdekaan, maka jawabannya adalah karena Belanda tidak mengakui kemerdekaan Indonesia dan terus berupaya untuk mengembalikan kekuasaannya menjajah Indonesia.

Demikianlah penjelasan tentang Mengapa Bangsa Indonesia Masih Harus Berjuang Lagi Mempertahankan Kemerdekaan. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Mengapa Bangsa Indonesia Masih Harus Berjuang Lagi Mempertahankan Kemerdekaan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment