Learn Science With Ilmusiana

3+ Keuntungan Penggunaan Angin Bayu sebagai Sumber Energi Alternatif

Artikel ini akan menjelaskan keuntungan penggunaan angin bayu sebagai sumber energi alternatif. Angin (bayu) menyimpan sejumlah potensi energi yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi. Hembusan angin yang kita rasakan setiap hari dapat digunakan untuk memutar turbin penghasil listrik. Turbin tersebut terhubung dengan baling-baling yang akan berputar apabila mendapat hembusan angin.

Keuntungan Penggunaan Angin Bayu sebagai Sumber Energi Alternatif

Semakin cepat angin berhembus, maka semakin cepat pula putaran baling-baling. Jumlah putaran baling-baling per detik menentukan banyaknya listrik yang bisa dihasilkan. Listrik tersebut akan ditampung ke dalam sebuah baterai atau aki sebagai cadangan listrik yang siap digunakan kapan saja. Dengan cara ini kita bisa memenuhi kebutuhan listrik sehari-hari.

Pada Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) skala besar, kita akan menemukan puluhan baling-baling yang ditopang oleh tiang setinggi puluhan meter. Di Indonesia sendiri, pemerintah telah membangun PLTB pertama di daerah Sulawesi Selatan, Kabupaten Sidrap dengan kapasitas produksi sebesar 75 MW. 

Lantas, apa keuntungan penggunaan angin bayu sebagai sumber energi alternatif? Nah, materi kali ini akan menjelaskan beberapa keuntungan tersebut. Semoga setelah membaca uraian ini, kita semua semakin sadar dengan potensi energi yang bisa dihasilkan dari tenaga angin.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini uraiannya...

Keuntungan Penggunaan Angin Bayu sebagai Sumber Energi Alternatif

Berikut ini adalah tiga keuntungan yang bisa diperoleh dari penggunaan energi angin bayu sebagai sumber energi alternatif:

1. Energinya dapat Diperbaharui

Energi angin atau bayu termasuk ke dalam jenis energi terbarukan (renewable). Hal ini tentu saja akan memberikan keuntungan karena angin tidak akan habis meskipun digunakan terus-menerus. Setiap hari kita bisa menghasilkan listrik dari angin, 24 jam nonstop. Kita hanya perlu merawat baling-baling dan turbin penghasil listrik.

2. Ramah Lingkungan

Energi angin atau bayu merupakan sumber energi yang ramah lingkungan. Penggunaannya tidak mengakibatkan emisi gas buang atau polusi yang berbahaya bagi udara. Penggunaan angin atau bayu sebagai sumber energi alternatif bisa mencegah penipisan lapisan ozon.

3. Menghemat Energi Fosil

Sebagian besar listrik yang kita konsumsi sekarang ini berasal dari pembangkit yang digerakkan oleh energi fosil. Puluhan ribu liter minyak dibakar setiap harinya untuk menghasilkan listrik. Jika kita bisa menghasilkan listrik dari angin atau bayu, maka kita bisa mengurangi penggunaan energi fosil. Artinya, lebih banyak energi fosil yang bisa dihemat.

Demikianlah penjelasan tentang Keuntungan Penggunaan Angin Bayu sebagai Sumber Energi Alternatif. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
3+ Keuntungan Penggunaan Angin Bayu sebagai Sumber Energi Alternatif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment