Learn Science With Ilmusiana

15+ Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui (Gambar Lengkap)

Tahukah kamu sumber daya alam apa saja yang dapat diperbaharui (renewable)? Sumber daya alam atau SDA adalah segala sesuatu yang dihasilkan oleh alam dan bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Tidak bisa dipungkiri bahwa hampir semua kebutuhan manusia diperoleh dari alam. Alam menyediakan beraneka ragam bahan yang bisa digunakan sebagai sumber energi dan berbagai keperluan lainnya.

Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Berdasarkan sifatnya, sumber daya alam (SDA) dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui (renewable) dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (unrenewable). Di sekitar kita, ada banyak contoh SDA yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui. Manusia seharusnya berfokus pada SDA yang dapat diperbaharui ini karena tidak akan habis meskipun dipakai terus menerus.

Akan tetapi, manusia lebih banyak menggunakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Padahal, SDA yang tidak dapat diperbaharui ini dalam jangka waktu tertentu akan habis terpakai oleh manusia. Sekarang ini, ada banyak contoh SDA tidak dapat diperbaharui yang cadangannya telah menipis, hanya menunggu waktu saja SDA tersebut akan benar-benar habis, contohnya minyak bumi.

Baca Juga:
Lantas, apa saja contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui? Nah, pada kesempatan ini, kami akan menginformasikan tentang Sumber Daya Alam (SDA) yang dapat diperbaharui dan contohnya. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang SDA semakin bertambah.

Yuk, berikut ini ulasannya...

Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui 

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui atau renewable resources adalah sumber daya alam yang bisa digunakan secara berulang-ulang, dapat dilestarikan, atau dapat dapat diperbaharui terus menerus. Berkat adanya kemampuan memperbaharui kembali, jenis SDA yang satu ini tidak akan pernah habis meskipun manusia menggunakannya dalam jangka waktu yang lama. Sumber daya alam ini dapat dibudidayakan kembali, baik secara alami, maupun atas campur tangan manusia.

Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Beberapa contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui (renewable resources) adalah sebagai berikut:

1. Matahari

Matahari adalah salah satu contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Matahari merupakan sumber daya utama bagi bumi, sejak pertama kali diciptakan sampai sekarang. Menurut teori penciptaan alam semesta, matahari lebih dulu ada dibandingkan bumi kita. Hampir semua aktivitas alam yang terjadi di bumi sangat bergantung dengan matahari. 

Matahari SDA yang Dapat Diperbaharui

Matahari SDA yang Dapat Diperbaharui

Matahari mengeluarkan sinar dan panas yang bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk berbagai keperluan. Misalnya, setelah mencuci pakaian, kita menjemurnya di bawah terik matahari agar pakaian itu kering dan siap dipakai. Dengan teknologi tertentu, sinar dan panas matahari juga bisa diolah lebih lanjut lagi untuk menghasilkan listrik, misalnya panel surya.

Meskipun kita menggunakannya terus menerus, toh nyatanya matahari tidak pernah habis. Ia adalah daya alam utama bagi bumi. Maka, sangat tepat rasanya jika kita menempatkan matahari di urutan pertama sebagai sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

2. Angin atau Udara

Di urutan kedua dalam daftar contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah angin atau udara. Semua makhluk hidup di atas bumi ini membutuhkan angin atau udara, jadi bukan hanya manusia, tetapi hewan dan tumbuh-tumbuhan juga sangat memerlukannya. Berkat kehadiran angin atau udara, seluruh makhluk hidup bisa bernafas untuk melangsungkan kehidupannya.

Angin SDA yang Dapat Diperbaharui

Angin SDA yang Dapat Diperbaharui

Coba bayangkan, bagaimana seandainya angin atau udara ini tidak dapat diperbaharui? Angin telah habis atau tidak tersedia lagi di alam. Tentu saja akan menjadi malapetaka besar bagi seluruh makhluk hidup. Tidak akan ada kehidupan tanpa adanya angin atau udara. Seluruh kehidupan musnah seketika. Jadi, untungnya saja angin memiliki sifat dapat diperbaharui.

Selain untuk bernafas, manusia juga bisa menfaatkan angin untuk keperluan lainnya. Contoh yang paling sederhana adalah untuk menghilangkan gerah disaat cuaca sedang panas. Dengan teknologi yang tepat, angin juga bisa diolah menjadi pembangkit tenaga listrik.

3. Air

Air juga termasuk ke dalam sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Air merupakan salah satu unsur yang menunjang terjadinya kehidupan. Semua makhluk hidup yang ada di atas bumi ini memerlukan air. Air berasal dari hujan yang terbentuk dari serangkaian siklus tertentu. Turun ke gunung, kemudian masuk ke dalam tanah menjadi sumber air. Ada juga yang mengalir ke sungai, kemudian diteruskan ke laut.

Air SDA yang Dapat Diperbaharui

Air SDA yang Dapat Diperbaharui

Selain untuk konsumsi air minum, air juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi, dengan cara membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Listrik yang dihasilkan dari tenaga air ini telah banyak dibangun manusia di sekitar bendungan sungai. Listrik yang kamu nikmati saat ini mungkin saja berasal dari tenaga air.

4. Ombak Laut

Sumber daya alam selanjutnya yang dapat diperbaharui adalah gelombang laut. Gulungan ombak dilaut menyimpan potensi energi yang bisa dimanfaatkan oleh manusia. Bukti bahwa ombak mengandung potensi energi adalah saat kita berada di tepi laut, terpaan ombak mampu mendorong tubuh kita ke belakang.

Ombak Laut SDA yang Dapat Diperbaharui

Ombak Laut SDA yang Dapat Diperbaharui

Energi ini bisa dimanfaatkan oleh manusia dengan cara mengubahnya menjadi energi listrik. Saat ini beberapa negara maju di dunia telah berhasil mengembangkan pembangkit listrik yang berasal dari tenaga ombak. Listrik yang dihasilkan akan tersedia terus-menerus karena ombak laut sifatnya dapat diperbaharui.

5. Panas Bumi (Geothermal)

Satu lagi contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui, yaitu panas bumi. Panas bumi adalah panas yang berasal dari dalam kerak bumi. Semakin jauh ke dalam bumi, maka suhunya akan bertambah. Dengan teknologi yang tepat, panas bumi bisa dialirkan ke permukaan bumi, kemudian diubah menjadi sumber energi listrik. Panas bumi tidak akan habis meskipun dipakai terus menerus.

Panas Bumi SDA yang Dapat Diperbaharui

Panas Bumi SDA yang Dapat Diperbaharui

Panas bumi termasuk sumber daya alam yang banyak terdapat di Indonesia. Ada beberapa titik sumber panas yang telah dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga listrik.

6. Hewan

Sumber daya alam selanjutnya yang sifatnya dapat diperbaharui adalah hewan. Pada mulanya, seluruh hewan hidup liar di bumi. Mereka hidup dan berkembang biak secara alami tanpa campur tangan manusia. Kemudian, manusia mulai menjinakkan beberapa jenis dari hewan tersebut untuk dibudidayakan.

Hewan SDA yang Dapat Diperbaharui

Hewan SDA yang Dapat Diperbaharui

Hewan tidak akan pernah habis selama manusia ingin melestarikannya dengan baik. Unsur-unsur penunjang kehidupan hewan juga penting dijaga agar hewan dapat bertahan hidup, misalnya makanan. Hewan dapat menjadi sumber makanan bagi manusia.

7. Tumbuhan

Tumbuhan banyak tersedia di alam, sehingga dapat dimasukkan ke dalam sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Tumbuhan adalah salah satu jenis makhluk hidup yang memiliki akar, batang, dan daun. Tumbuhan bisa dimanfaatkan sebagai sumber makanan, dan bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan rumah.

Tumbuhan SDA yang Dapat Diperbaharui

Tumbuhan SDA yang Dapat Diperbaharui

Tumbuhan sangat penting untuk dilestarikan agar bisa terus dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Fungsi penting tumbuhan lainnya adalah menyediakan oksigen yang sangat penting bagi kehidupan.

8. Tanah

Tanah juga dapat dikategorikan sebagai sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Tanah merupakan bagian yang terdapat pada kerak bumi yang terdiri dari mineral dan bahan organik. Tanah adalah salah satu unsur penting yang menunjang kehidupan semua makhluk hidup di muka bumi. Manusia, hewan, dan tumbuhan hidup dan berkembang biak di atas tanah.

Tanah SDA yang Dapat Diperbaharui

Tanah SDA yang Dapat Diperbaharui

Manusia membangun rumah di atas tanah. Tanah juga dapat difungsikan sebagai lahan pertanian atau perkebunan yang bisa ditanami beragam jenis tumbuhan. Hasilnya dapat dimanfaat sebagai sumber makanan pokok bagi manusia. Contohnya, tanaman padi, jagung, buah-buahan, dan lain-lain.

9. Batuan

Sumber daya alam selanjutnya yang memiliki sifat dapat diperbaharui adalah batu. Batuan merupakan benda solid atau padat yang terbuat secara alami dari mineral atau meneraloid. Bagian bumi yang bernama litosfer adalah lapisan padat yang terbuat dari batuan.

Batuan SDA yang Dapat Diperbaharui

Batuan SDA yang Dapat Diperbaharui

Di alam ini, terdapat tiga jenis batuan, yaitu batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf. Batuan adalah sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan manusia untuk membuat pondasi bangunan. Beberapa jenis batuan juga bisa berfungsi sebagai perhiasan yang mengandung unsur keindahan.

10. Pasir

Pasir juga termasuk ke dalam contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Pasir adalah bahan material butiran yang tersusun dari silikon dioksida. Ada juga pasir terbentuk dari batu kapur, misalnya di sekitar pantai tropis dan subtropis. Pasir banyak ditemukan di daerah sungai dan pantai.

Pasir SDA yang Dapat Diperbaharui

Pasir SDA yang Dapat Diperbaharui

Pasir adalah bahan alam yang dapat dimanfaatkan oleh manusia sebagai material tambahan pembuatan bangunan. Pasir berfungsi untuk merekatkan semen dan air agar bisa diterapkan pada susunan batu bata.

11. Biodiesel

Biodiesel adalah contoh sumber daya alam yang dapat berfungsi sebagai energi alternatif bagi manusia. Biodiesel adalah Biodiesel adalah bahan bakar yang berasal dari minyak nabati hasil pengolahan beberapa jenis tumbuhan. Itulah sebabnya mengapa sehingga biodiesel memiliki sifat dapat diperbaharui. Contoh tumbuhan penghasil biodiesel adalah kelapa, kelapa sawit, kacang tanah, kemiri, jarak pagar, dan lain-lain.

Biodiesel SDA yang Dapat Diperbaharui

Biodiesel SDA yang Dapat Diperbaharui

Biodiesel bisa dimanfaatkan oleh manusia sebagai pengganti solar yang berasal dari minyak bumi. Keunggulan utama dari bahan bakar biodiesel adalah sifatnya yang ramah lingkungan sehingga tidak menambah pencemaran udara.

12. Etanol

Contoh sumber daya alam lainnya yang bisa berfungsi sebagai bahan bakar adalah etanol. Etanol sering disebut juga sebagai alkohol murni atau alkohol absolut. Etanol terbentuk dari hasil fermentasi beberapa jenis tumbuhan tertentu, seperti jagung dan gandum. Etanol bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor pengganti minyak bumi.

Etanol SDA yang Dapat Diperbaharui

Etanol SDA yang Dapat Diperbaharui

Contoh negara yang telah berhasil mengembangkan etanol sebagai BBM kendaraan adalah Brazil. Setiap tahunnya, Brazil mampu menghasilkan 15 milyar liter etanol. Sebagian besar diantaranya digunakan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor.

13. Hidrogen

Bumi memiliki potensi sumber daya alam pengganti BBM minyak bumi, yakni hidrogen. Keunggulan utama dari bahan bakar hidrogen adalah sifatnya yang dapat diperbaharui. Tidak seperti BBM minyak bumi, yang cadangannya telah menipis dan sebentar lagi habis. Bahan bakar hidrogen tidak akan pernah habis karena terbuat dari air.

Hidrogen SDA yang Dapat Diperbaharui

Hidrogen SDA yang Dapat Diperbaharui

Saat ini, hidrogen telah banyak diterapkan sebagai bahan bakar kendaraan. Penggunaannya lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan polusi. Sifatnya yang dapat diperbaharui membuat BBM hidrogen layak diproduksi massal untuk memenuhi kebutuhan akan bahan bakar.

14. Pasang Surut Air Laut

Siapa sangka, ternyata peristiwa pasang surut air laut bisa dikategorikan sebagai sumber daya alam. Mengapa? Karena pasang surut air laut telah dapat dimanfaatkan oleh manusia sebagai sumber energi. Potensi energi yang berasal dari aktivitas pasang surut air laut bisa dikonversi menjadi listrik.

Pasang Surut SDA yang Dapat Diperbaharui

Pasang Surut SDA yang Dapat Diperbaharui

Pembangkit listrik pasang surut air laut Prinsip kerja dari pembangkit listrik pasang surut air laut adalah saat pasang naik, jutaan kubik air laut akan naik ke daratan. Air yang naik ini bisa ditampung dalam sebuah waduk. Kemudian, di mulut waduk dipasangi baling-baling yang memiliki dua putaran mengikuti arah air, yaitu saat pasang dan saat surut. Baling-baling ini akan memutar turbin penghasil aliran listrik.

15. Biogas

Sumber daya alam selanjutnya yang memiliki sifat dapat diperbaharui adalah biogas, yaitu gas yang berasal dari aktivitas fermentasi atau anaerobik dari bahan-bahan organik, seperti kotoran hewan dan manusia, limbah rumah tangga, dan sampah biodegradable lainnya. Biogas bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar pengganti minyak bumi untuk menghidupkan kendaraan bermotor dan menghidupkan kompor di dapur.

Biogas SDA yang Dapat Diperbaharui

Biogas SDA yang Dapat Diperbaharui

Biogas juga bisa dikonversi menjadi listrik dengan cara membangun pembangkit listrik tenaga biogas. Kandungan utama dari biogas adalah karbon dan metana. Keunggulan utama dari biogas adalah sifatnya yang dapat diperbaharui dan ramah lingkungan.

Demikianlah penjelasan tentang Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui. Bagikan materi ini agar orang lain juga dapat membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
15+ Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui (Gambar Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment