Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Mengapa Istilah Demokrasi Maknanya Beranekaragam?

Tahukah kamu mengapa istilah demokrasi maknanya beranekaragam? Seperti yang kita tahu, demokrasi adalah suatu sistem pemerintahan yang saat ini banyak dianut oleh negara-negara dunia. Negara kita sendiri, Indonesia adalah salah satunya. Sejak pertamakali terbentuk, Indonesia telah menyatakan dirinya sebagai negara penganut sistem demokrasi. 

Mengapa Istilah Demokrasi Maknanya Beranekaragam

Mengapa Istilah Demokrasi Maknanya Beranekaragam

Sistem demokrasi dicirikan oleh adanya partisipasi warga dalam menentukan orang-orang yang akan ditunjuk sebagai pemerintah. Dalam prakteknya, partisipasi ini dilakukan dengan dua cara, pertama secara langsung, kedua secara perwakilan. Demokrasi dianggap sebagai sistem pemerintahan terbaik saat ini karena rakyat ikut menjadi penentu jalannya pemerintahan.

Meskipun, demokrasi telah lama ada sebagai sebuah sistem pemerintahan. Para ahli memiliki beragam pendapat dalam memaknai apa itu demokrasi. Makna demokrasi dari ahli suatu negara, belum tentu sama dengan yang dimaknai oleh ahli dari negara lain. 

Baca Juga:
Lantas, mengapa istilah demokrasi maknanya beranekaragam? Nah, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan tentang makna demokrasi yang beranekaragam dan penyebab keragaman tersebut. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang demokrasi semakin bertambah. 

Yuk, berikut ini ulasannya...

Mengapa Istilah Demokrasi Maknanya Beranekaragam

Penyebab mengapa sehingga istilah demokrasi memiliki makna yang beranekaragam adalah demokrasi tidak memiliki sebuah definisi baku yang diikuti secara universal. Setiap negara memiliki ciri khas nya masing-masing dalam memaknai demokrasi sesuai dengan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam negara tersebut. Selain itu, pemaknaan terhadap demokrasi juga sangat ditentukan oleh sudut pandang yang dipakai, karena demokrasi mengandung beranekaragam nilai, sehingga dapat dilihat dari beragam sudut pandang.

Akan tetapi, meskipun maknanya beranekaragam, tetapi pada hakikatnya asas utama demokrasi sama seperti awal dicetuskannya oleh Abraham Lincoln, yaitu dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.Dalam demokrasi, setiap orang memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk turut serta dalam pemerintahan dan mempengaruhi tindakan-tindakan pemerintahan.

Demikianlah penjelasan tentang Mengapa Istilah Demokrasi Maknanya Beranekaragam. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Mengapa Istilah Demokrasi Maknanya Beranekaragam? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment