Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Mengapa Istilah Praaksara Lebih Tepat Dibandingkan Prasejarah?

Tahukah kamu mengapa istilah praaksara lebih tepat dibandingkan dengan istilah prasejarah? Dalam zaman kehidupan manusia, terdapat suatu masa yang disebut praaksara. Masa ini sebagai kebalikan dari masa aksara yang banyak dialami oleh manusia purba. Di masa ini, manusia dalam kebudayaannya belum mengenal tulisan. Sebagian besar periode kehidupan umat manusia, dihabiskan pada masa ini. 

Mengapa Istilah Praaksara Lebih Tepat Dibandingkan dengan Istilah Prasejarah

Mengapa Istilah Praaksara Lebih Tepat Dibandingkan dengan Istilah Prasejarah

Istilah praaksara berasal dari dua suku kata, yaitu pra yang berarti "sebelum" dan aksara yang berarti "tulisan". Jadi, zaman praaksara adalah masa kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan. Oleh karena dimasa ini belum terdapat tulisan, maka untuk mengetahui hasil kebudayaan dan sejarah kehidupannya dengan cara meneliti sisa-sisa peninggalan yang dapat ditemukan.

Istilah praaksara digunakan untuk menggantikan istilah prasejarah. Lantas, mengapa istilah praaksara lebih tepat dibandingkan dengan istilah prasejarah? Nah, pada kesempatan ini kami akan menguraikan tentang penyebab mengapa sehingga istilah praaksara lebih tepat digunakan. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang masa praaksara semakin bertambah.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini ulasannya...

Mengapa Istilah Praaksara Lebih Tepat Dibandingkan Prasejarah

Penyebab mengapa sehingga penggunaan istilah praaksara lebih tepat dibandingkan istilah prasejarah adalah karena prasejarah dianggap sebagai istilah yang keliru digunakan untuk menggambarkan kehidupan manusia purba di masa lalu. Pra berarti "sebelum" dan sejarah berarti "peristiwa yang terjadi di masa lalu yang berkaitan dengan aktivitas manusia". Jadi, jika dua kata ini digabungkan, maka prasejarah adalah masa sebelum ada sejarah aktivitas kehidupan manusia. 

Padahal, sebelum mengenal tulisan, manusia telah memiliki aktivitas atau sejarah dan sudah menghasilkan kebudayaan. Jadi, penggunaan istilah prasejarah sangat tidak tepat. Itulah sebabnya mengapa sehinggal istilah prasejarah kurang tepat, yang lebih tepat adalah istilah praaksara, karena pada saat itu memang manusia hanya belum mengenal tulisan, tetapi sudah memiliki aktivitas kebudayaan.

Demikianlah penjelasan tentang mengapa istilah praaksara lebih tepat dibandingkan dengan istilah prasejarah. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Mengapa Istilah Praaksara Lebih Tepat Dibandingkan Prasejarah? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment