Learn Science With Ilmusiana

11+ Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia (Gambar Lengkap)

Bisakah kamu sebutkan apa manfaat tumbuhan bagi manusia? Tumbuhan merupakan salah satu jenis makhluk hidup yang banyak tumbuh di sekitar kita. Keberadaannya di muka bumi, memiliki fungsi penting bagi kelangsung hidup makhluk lainnya. Ada beragam jenis tumbuhan yang ada di atas muka bumi ini, baik yang tumbuh liar di hutan, maupun yang sengaja dibudidayakan oleh manusia.

Tumbuhan adalah makhluk hidup eukariota multiseluler yang pada umumnya memiliki daun, batang, dan akar. Dalam ilmu Biologi, tumbuhan termasuk ke dalam golongan kerajaan Plantae. Manusia sering menyebut makhluk hidup yang satu ini sebagai pohon atau tanaman. 

Terdapat sekitar 350.000 spesies tumbuhan yang telah berhasil diidentifikasi oleh para ahli. Dimana, sebagian besar diantaranya adalah tumbuhan berbunga, yaitu 258.650 jenis. Sisanya, 18.000 jenis adalah tumbuhan lumut. Ilmu yang mempelajari tentang tumbuh-tumbuhan disebut botani.
Lantas, apa manfaat tumbuhan bagi manusia? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang manfaat tumbuh-tumbuhan bagi manusia. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang tumbuhan semakin bertambah.

Yuk, berikut ini ulasannya...

Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia

Beberapa manfaat tumbuhan bagi kehidupan manusia adalah sebagai berikut:

1. Menghasilkan Oksigen

Salah satu manfaat tumbuhan bagi manusia adalah sebagai penghasil oksigen. Sebagaimana yang diketahui, oksigen merupakan salah satu komponen penting penyusun udara. Manusia dan makhluk hidup lainnya memerlukan oksigen untuk bernafas. Tanpa oksigen, maka tidak akan ada kehidupan di atas bumi ini. Itulah sebabnya mengapa hutan yang banyak ditumbuhi pepohonan disebut paru-paru dunia.

Tumbuhan Bermanfaat Menghasilkan Oksigen

Tumbuhan Bermanfaat Menghasilkan Oksigen

Tumbuhan menghasilkan oksigen melalui proses fotosintesis. Sebagai makhluk hidup fotoautotrof, tumbuhan dapat memanfaatkan energi yang berasal dari sinar matahari untuk memulai proses fotosintesis. Proses fotosintesis menggunakan karbondioksida (CO2), air (H2O), dan cahaya matahari untuk menghasilkan oksigen (O2) dan glukosa. Glukosa akan dipakai sendiri oleh tumbuhan, sedangkan O2 dilepaskan ke udara.

2. Menyerap Polusi Udara

Kehadiran tumbuhan juga memiliki manfaat untuk menyerap polusi yang ada di udara. Polusi sangat membahayakan kehidupan manusia, karena akan mengganggu sistem pernapasan. Ada beragam penyakit yang menyerang sistem pernapasan diakibat oleh tingkat polusi udara yang tinggi. Polusi tersebut sebagian besar berasal dari aktivitas manusia sendiri, seperti zat buang kendaraan bermotor, pabrik, dan lain-lain.

Tumbuhan Bermanfaat Menyerap Polusi

Tumbuhan Bermanfaat Menyerap Polusi

Untungnya saja, tumbuhan memiliki kemampuan untuk menyerap polusi di udara. Karbon yang menjadi komponen utama zat polusi akan diserap oleh tumbuhan pada proses fotosintensis. Itulah sebabnya, mengapa sehingga sangat baik untuk menanam pohon di pinggir jalan raya untuk membantu menyerap polusi kendaraan bermotor.

3. Menyediakan Sumber Makanan

Salah satu manfaat tumbuhan bagi manusia adalah dapat menjadi sumber makanan. Bahkan, bisa dikatakan sebagian besar makanan manusia berasal dari tumbuhan. Misalnya, makanan pokok seperti beras, gandum, sagu, dan lain sebagainya, semuanya dihasilkan oleh tumbuhan. Makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan disebut nabati.

Tumbuhan Bermanfaat Menghasilkan Makanan

Tumbuhan Bermanfaat Menghasilkan Makanan

Oleh karena itu, kehadiran tumbuhan memiliki peran penting bagi kelangsungan hidup manusia. Tanpa tumbuhan, manusia akan kehilangan sumber makanannya. Jadi, sudah menjadi tugas manusia untuk melestarikan kehidupan tumbuh-tumbuhan.

4. Sumber Bahan Bangunan

Selain sebagai sumber makanan, manfaat tumbuhan bagi manusia adalah menyediakan bahan bangunan. Hampir seluruh bangunan yang dibuat oleh manusia menggunakan kayu sebagai salah satu komponennya. Kayu berasal dari pohon yang disediakan oleh tumbuh-tumbuhan. Misalnya, rumah yang kita tinggali saat ini pasti menggunakan kayu. Bahkan, ada juga rumah yang seluruhnya terbuat dari kayu.

Tumbuhan Bermanfaat Sebagai Bahan Bangunan

Tumbuhan Bermanfaat Sebagai Bahan Bangunan

Jenis kayu yang sering digunakan oleh manusia sebagai bahan bangunan adalah kayu jati, kayu bayam, kelapa, kayu ulin, kayu merbau, dan lain sebagainya. Meskipun begitu, manusia harus bijak dalam menggunakannya agar kelestariannya tetap terjaga.

5. Bahan Pembuatan Pakaian

Tumbuhan juga memiliki manfaat menyediakan bahan-bahan untuk pembuatan pakaian. Pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia, yaitu sandang. Setiap hari, manusia membutuhkan pakaian untuk melakukan aktivitas. Selain dari hewan, bahan pembuatan pakaian juga bisa dihasilkan dari tumbuh-tumbuhan.

Tumbuhan Bermanfaat Bahan Pakaian

Tumbuhan Bermanfaat Bahan Pakaian

Contoh tumbuhan yang sering dijadikan bahan pembuatan pakaian adalah kapas. Tumbuhan ini menghasilkan serat halus yang dapat dipintal menjadi benang. Benang itu kemudian akan ditenun untuk menghasilkan kain. Kain inilah nantinya yang akan dijahit untuk membentuk pakaian bagi manusia.

6. Sumber Obat-Obatan

Tumbuhan juga bisa dimanfaatkan oleh manusia sebagai sumber obat-obatan. Obat yang berasal dari tumbuhan disebut herbal. Ada banyak jenis tumbuhan yang bisa digunakan untuk mengobati beragam jenis penyakit. Bahkan, di tengah majunya produksi pengobatan kimia farmasi sekarang ini, masih banyak orang yang lebih senang memakai tumbuhan untuk pengobatan.

Tumbuhan Bermanfaat Sebagai Obat

Tumbuhan Bermanfaat Sebagai Obat

Kelebihan obat yang berasal dari tumbuhan adalah tidak memiliki efek samping, murah, dan mudah ditemukan di lingkungan sekitar. Contoh tumbuhan yang sering digunakan sebagai obat adalah binahong, sirsak, kelor, mengkudu, dan lain-lain.

7. Sebagai Tanaman Hias

Manusia juga sering menggunakan tumbuhan sebagai sebagai penghiasan halaman rumah. Kehadiran tumbuhan di sekitar rumah akan menambah unsur estetika yang sangat memanjakan mata. Tumbuhan yang digunakan sebagai penghias rumah disebut tanaman hias. Warna-warni yang terdapat pada bagian-bagian tumbuhan memiliki keindahan tersendiri saat dipandang.

Tumbuhan Bermanfaat Sebagai Tanaman Hias

Tumbuhan Bermanfaat Sebagai Tanaman Hias

Umumnya, tumbuhan yang sering digunakan sebagai tanaman hias adalah tumbuhan berbunga, seperti mawar, melati, matahari, lavender, dan anggrek. Selain itu, banyak juga orang menyukai tumbuhan palem, cemara, kaktus, dan lain-lain, sebagai penghias rumah mereka.

8. Menambah Kesejukan Lingkungan

Tumbuhan dapat juga dimanfaatkan untuk menambah kesejukan lingkungan. Di saat kita berada di tempat yang banyak ditumbuhi pepohonan, pasti suasana di tempat itu akan terasa lebih sejuk dibandingkan dengan tempat yang sedikit pepohonannya. Suasana sejuk tersebut disebabkan oleh tumbuhan yang menyerap panas dari lingkungan.

Tumbuhan Bermanfaat Menambah Kesejukan

Tumbuhan Bermanfaat Menambah Kesejukan

Itulah sebabnya mengapa sehingga banyak orang yang senang mengunjungi tempat-tempat yang banyak ditumbuhi pepohonan sebagai sarana rekreasi. Contohnya, Kebun Raya Bogor yang sering dijadikan tempat rekreasi keluarga. Hawa di tempat ini sangat sejuk karena banyaknya tumbuh-tumbuhan di sekitarnya.

9. Sumber Mata Pencaharian

Manfaat tumbuhan bagi manusia adalah bisa dijadikan sebagai sumber mata pencaharian. Beberapa jenis tumbuhan memiliki nilai jual karena menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Agar dapat dijual, tumbuhan biasanya dibudidayakan dalam jumlah banyak untuk memenuhi permintaan pasar. Bidang pekerjaan yang bergerak dalam penjualan hasil tumbuh-tumbuhan adalah pertanian dan perkebunan.

Tumbuhan Bermanfaat Sebagai Mata Pencaharian

Tumbuhan Bermanfaat Sebagai Mata Pencaharian

Bahkan, ada tumbuhan tertentu yang memiliki nilai jual yang tinggi, seperti cengkeh, merica, kakao, dan lain-lain. Usaha lain terkait tumbuhan yang juga cukup menjanjikan adalah penjualan tanaman hias. Harga per tanaman bisa mencapai jutaan rupiah.

10. Bahan Pembuatan Kesenian

Tumbuhan juga dapat dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan untuk pembuatan kesenian. Ada beberapa jenis kesenian yang menggunakan kayu sebagai bahan utamanya. Contohnya adalah seni pahat dan seni ukir. Keduanya menggunakan kayu dari jenis tumbuhan tertentu yang dipahat atau diukir untuk menghasilkan suatu karya kesenian.

Tumbuhan Bermanfaat Sebagai Kesenian

11. Bahan Pembuatan Perabotan

Manusia juga bisa memanfaatkan tumbuhan sebagai bahan pembuatan perabotan rumah tangga. Ada banyak perabotan rumah tangga yang terbuat dari kayu. Beberapa jenis tumbuhan penghasil kayu sering digunakan untuk membuat perabotan.

Tumbuhan Bermanfaat Membuat Perabotan

Tumbuhan Bermanfaat Membuat Perabotan

Contoh perabotan rumah tangga yang terbuat dari kayu adalah meja, kursi, lemari, rak buku, dan lain-lain. Kayu yang sering digunakan adalah kayu jati, kayu bayam, kelapa, dan lain-lain.

Demikianlah penjelasan tentang Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
11+ Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia (Gambar Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment