Learn Science With Ilmusiana

5+ Manfaat Melestarikan Hewan dan Tumbuhan bagi Kehidupan

Tahukah kamu apa manfaat melestarikan hewan dan tumbuhan bagi kehidupan? Bumi adalah tempat kehidupan bagi seluruh makhluk hidup. Tidak hanya manusia, tetapi juga menjadi tempat hidup bagi hewan dan tumbuhan. Manusia berbagi tempat dan segala sarana kehidupan dengan tumbuhan dan hewan menciptakan keseimbangan ekosistem.

Manfaat Melestarikan Hewan dan Tumbuhan bagi Kehidupan

Manfaat Melestarikan Hewan dan Tumbuhan bagi Kehidupan

Saat ini terdapat beberapa jenis hewan dan tumbuhan yang sudah langka keberadaannya. Hewan dan tumbuhan langka ini jika tidak dilindungi dan dilestarikan akan punah akibat aktivitas manusia. Untuk menjaga kelestariannya, hewan dan tumbuhan langka ini dilindungi oleh pemerintah. 

Lantas, apa manfaat melestarikan hewan dan tumbuhan bagi kehidupan? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan seputar manfaat pelestarian hewan dan tumbuhan bagi kehidupan. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang pelestarian hewan dan tumbuhan semakin bertambah.

Yuk, berikut ini ulasannya...

Manfaat Melestarikan Hewan dan Tumbuhan bagi Kehidupan

Tempat pelestarian hewan dan tumbuhan disebut cagar alam. Di tempat ini, hewan dan tumbuhan dilindungi dan perkembangannya berlangsung secara alami. Beberapa manfaat melestarikan hewan dan tumbuhan bagi kehidupan adalah sebagai berikut:

1. Menjaga Keseimbangan Ekosistem

Melestarikan hewan dan tumbuhan memiliki manfaat untuk menjaga keseimbangan ekosistem. Jadi, ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk dari hasil hubungan timbal balik antar sesama makhluk hidup dan antar makhluk hidup dengan lingkungannya. Jika hewan dan tumbuhan tidak dijaga kelestariannya, maka hubungan timbal balik itu akan terganggu.

2. Melestarikan Keanekaragaman Hayati

Manfaat selanjutnya melestarikan hewan dan tumbuhan adalah untuk melestarikan keanekaragaman hayati. Jadi, keanekaragaman hayati adalah tingkat variasi atau keberagaman makhluk hidup di suatu lingkungan. Keanekaragaman hayati berperan penting sebagai penyeimbang ekosistem dalam suatu wilayah tertentu. Itulah sebabnya mengapa sehingga hewan dan tumbuhan sebagai bagian dari keanekaragaman hayati penting untuk dilestarikan.

3. Memenuhi Kebutuhan Manusia

Hampir semua kebutuhan manusia didapatkan dari hewan dan tumbuhan. Misalnya, untuk keperluan sumber makanan dan juga keperluan lainnya. Menjaga kelestarian hewan dan tumbuhan sangat penting agar manusia tidak kehilangan sumber pemenuhan kebutuhannya.

4. Menciptakan Lingkungan yang Nyaman

Pelestarian hewan dan tumbuhan juga bermanfaat untuk menciptakan lingkungan yang nyaman. Lingkungan yang nyaman tercipta dari keseimbangan ekosistem dan keanekaragaman hayati yang terjaga dengan baik. Itulah sebabnya, mengapa sehingga hewan dan tumbuhan penting untuk dilestarikan.

5. Sebagai Sarana Pariwisata

Melestarikan hewan dan tumbuhan juga bisa bermanfaat sebagai sarana pariwisata untuk manusia. Misalnya, dalam bentuk kebun raya dan kebun binatang. Manusia bisa menikmati pemandangan hewan dan tumbuhan sebagai sarana rekreasi buat dirinya dan keluarga. Oleh karena itu, langkah-langkah pelestarian hewan dan tumbuhan penting untuk dilakukan.

Demikianlah penjelasan tentang Manfaat Melestarikan Hewan dan Tumbuhan bagi Kehidupan. Bagikan materi ini agar orang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
5+ Manfaat Melestarikan Hewan dan Tumbuhan bagi Kehidupan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment