Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Jelaskan Tugas AFNEI di Indonesia

Bisakah kamu jelaskan tugas AFNEI di Indonesia? Pada masa penjajahan dahulu, pernah dibentuk sebuah komando khusus yang bernama AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies). AFNEI dibentuk oleh Lord Lous Mountbatten, seorang perwira angkatan laut Inggris. Pembentukan AFNEI sebagai respon dari kekalahan Jepang dari sekutu pada Perang Dunia II. Akibat dari kekalahan tersebut, Jepang harus menyerahkan semua wilayah jajahannya kepada sekutu.

Jelaskan Tugas AFNEI di Indonesia

Jelaskan Tugas AFNEI di Indonesia

AFNEI dipimpin oleh Letnan Jenderal Philip Christison. AFNEI bersama pasukan sekutu mendarat di Jakarta pada tanggal 29 September 1945. Kedatangan komando khusus ini didahuli oleh beberapa kelompok penghubung yang dipimpin oleh Mayor Greenhalg. Kedatangan AFNEI ke Indonesia ini untuk melaksanakan beberapa tugas khusus.

Lantas, apa tugas AFNEI di Indonesia? Nah, pada kesempatan ini kami akan menginformasikan tentang tugas AFNEI di Indonesia. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang AFNEI semakin bertambah.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini pembahasannya...

Tugas AFNEI di Indonesia

Ada lima tugas utama AFNEI di Indonesia, antara lain sebagai berikut:

1. Menerima Penyerahan Kekuasaan dari Tangan Jepang

Selama di Indonesia, AFNEI diberi tugas untuk menerima penyerahan kekuasaan dari tangan Jepang. Seluruh wilayah jajahan Jepang di Indonesia harus diserahkan ke pasukan sekutu. AFNEI melaksanakan tugas ini dengan mengunjungi berbagai daerah di Indonesia.

2. Membebaskan Para Tawanan Perang dan Interniran Sekutu

Tugas AFNEI selanjutnya di Indonesia adalah membebaskan para tawanan perang dan interniran sekutu. Sebagaimana yang diketahui, selama Jepang berkuasa di Indonesia, ada banyak pasukan dari negara-negara anggota sekutu yang ditahan oleh Jepang di beberapa tempat di Indonesia.

3. Mengumpulkan, Melucuti, dan Memulangkan Orang Jepang

Di Indonesia, AFNEI juga bertugas untuk melucuti dan mengumpulkan orang jepang untuk dipulangkan kembali ke Jepang. Tentara Jepang yang sudah menyerah itu diangkut dari daerah-daerah Republik Indonesia ke pelabuhan-pelabuhan dari mana mereka selanjutnya dipulangkan kembali ke negerinya

4. Menegakkan dan Mempertahankan Keadaan Damai, Kemudian Diserahkan Kepada Pemerintahan Sipil

Tugas AFNEI selanjutnya adalah menegakkan dan mempertahankan keadaan damai untuk kemudian akan diserahkan kepada pemerintahan sipil. Pemerintahan sipil yang dimaksud disini adalah pemerintahan sipil Hindia Belanda (NICA) yang sejak awal telah memboncengi AFNEI.

5. Menghimpun Keterangan dan Menuntut Penjahat Perang

AFNEI juga bertugas untuk menghimpun semua keterangan yang berkaitan dengan penjahat perang dan menuntut para penjahat perang itu di pengadilan sekutu. Ada banyak perwira atau petinggi militer Jepang yang dihukum oleh pengadilan sekutu.

Demikianlah penjelasan tentang Tugas AFNEI di Indonesia. Bagikan materi ini agar orang lain dapat membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Jelaskan Tugas AFNEI di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment