Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Unsur Sejarah yang Berhubungan Dengan Aspek Geografis

Tahukah kamu apa unsur sejarah yang berhubungan dengan aspek geografis? Sejarah adalah bidang ilmu yang kajiannya fokus pada peristiwa masa lalu. Semua kejadian yang terjadi di masa lalu menjadi bahan pembelajaran bidang sejarah. Dengan sejarah, kita yang hidup di masa sekarang ini bisa mengetahui rangkaian peristiwa dan tokoh-tokoh yang terlibat dalam peristiwa itu, meskipun masanya telah berlalu puluhan, ratusan, bahkan ribuan tahun yang lalu.

Unsur Sejarah yang Berhubungan Dengan Aspek Geografis

Unsur Sejarah yang Berhubungan Dengan Aspek Geografis
Sejarah dapat ditinjau dari segi unsur dan aspek. Dari segi unsur, sejarah terkait dengan tiga hal penting, yaitu manusia, ruang, dan waktu. Ketiganya merupakan unsur dari sejarah. Manusia adalah pelaku dari sejarah, ruang atau lokasi merupakan tempat peristiwa bersejarah itu terjadi, sementara waktu adalah periodisasi dan kronologi peristiwa tersebut.

Sedangkan, dari segi aspek, sejarah memiliki tiga aspek yang saling berkaitan satu sama lain, yaitu masa lalu, masa kini, dan masa depan. Masa lalu adalah gambaran tentang kehidupan manusia dan kebudayaannya di masa lampau. Masa kini adalah masa terbaru yang dialami oleh manusia pada waktu sekarang, sedangkan masa depan adalah masa yang akan datang, belum terjadi, tetapi bisa dipengaruhi oleh masa kini.

Lantas, apa unsur sejarah yang berhubungan dengan aspek geografis? Nah, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan tentang aspek sejarah yang berhubungan dengan aspek geografis. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang sejarah semakin bertambah.

Yuk, berikut ini ulasannya...

Unsur Sejarah yang Berhubungan Dengan Aspek Geografis

Dalam sejarah, unsur yang berhubungan dengan aspek geografis adalah ruang. Mengapa demikian? Penyebabnya adalah ruang merupakan konsep mengenai tempat atau wilayah. Suatu tempat, memiliki aspek-aspek geografis yang menjadi lokasi berlangsungnya suatu peristiwa sejarah dalam kurun waktu tertentu. 

Dengan kata lain, ruang merupakan unsur sejarah yang sangat berhubungan dengan aspek geografis. Dengan unsur tersebut, kita bisa mengetahui tempat terjadinya suatu peristiwa bersejarah.

Demikianlah penjelasan tentang Unsur Sejarah yang Berhubungan Dengan Aspek Geografis. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat. 
[Jawaban] Unsur Sejarah yang Berhubungan Dengan Aspek Geografis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment