Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Lima Cara Menghemat Energi yang Berupa BBM

Tahukah kamu bagaimana cara menghemat energi yang berupa bahan bakar minyak (BBM)? Nah, artikel ini akan membantu untuk menjelaskannya. Kami akan memberikan alasan-alasan mengapa sehingga kita harus menghemat penggunaan bahan bakar minyak (BBM). Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari menghemat BBM, salah satunya adalah agar tidak cepat habis.

Cara Menghemat Energi yang Berupa BBM

Dalam kehidupan sehari-hari, semakin sering terjadi kelangkaan BBM. Ada faktor-faktor penyebab kelangkaan bahan bakar minyak tersebut. Banyak yang menduga, faktor utama penyebab kelangkaan BBM adalah cadangan minyak yang semakin menipis sehingga produksinya dikurangi. Oleh karena itu, harus segera dilakukan langkah-langkah penghematan BBM.

BBM yang paling banyak dikonsumsi setiap hari adalah bensin untuk motor dan mobil. Kamu pasti sering melihat antrian panjang motor dan mobil di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Kondisi yang hampir setiap hari terjadi ini menjadi pertanda tingginya konsumsi BBM masyarakat. Sekaligus menjadi warning timbulnya situasi kelangkaan BBM.

Lantas, bagaimana cara menghemat energi yang berupa bahan bakar minyak (BBM)? Uraian di bawah ini akan menjelaskan cara menghemat BBM sebagai energi utama masyarakat saat ini. Selain itu, kami juga akan menguraikan manfaat dari kegiatan penghematan BBM. 

Baca Juga:
Yuk, berikut penjelasannya...

Lima Cara Menghemat Energi yang Berupa BBM

Ada lima cara yang bisa dilakukan untuk menghemat energi yang berupa BBM, antara lain sebagai berikut:

1. Menggunakan Kendaraan Hemat BBM

Motor atau mobil telah menjadi kebutuhan primer bagi beberapa orang. Mereka menggunakan kendaraan tersebut untuk beraktivitas sehari-hari. Sehingga, bisa dikatakan konsumsi BBM harian mereka lumayan tinggi. Salah satu cara untuk menekan penggunaan BBM tersebut adalah memakai motor dan mobil yang hemat BBM. Carilah kendaraan yang bisa menempuh jarak puluhan km per liter BBM.

2. Memacu Kendaraan Secara Wajar

Cara mengemudi juga mempengaruhi konsumsi BBM kendaraan. Jika pengemudi memacu kendaraannya dengan cara kebut-kebutan, maka aliran BBM menuju mesin pun akan semakin cepat. Akibatnya, konsumsi BBM menjadi sangat tinggi. Jadi, sebaiknya paculah kendaraan dengan batas kecepatan wajar. Dengan begitu penggunaan BBM akan lebih hemat.

3. Jangan Berkendara Pada Jam Sibuk

Berkendara pada jam sibuk akan membuat pengendara terjebak macet. Dalam kemacetan, kendaraan akan terus hidup tetapi hanya melaju pelan atau tidak bergerak sama sekali. Akibatnya, BBM akan terpakai secara percuma. Semakin lama kendaraan terjebak kemacetan, semakin banyak pula BBM yang terbakar habis. Solusinya adalah hindari berkendara pada jam sibuk agar tidak terjebak kemacetan. Cara ini lumayan efektif untuk menghemat BBM

4. Kurangi Penggunaan Kendaraan Bermotor

Cara paling efektif untuk menghemat BBM adalah mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. Jika tempat yang hendak dituju lumayan dekat, sebaiknya jalan kaki saja atau gunakan kendaraan tanpa mesin, seperti sepeda. Tidak bisa dipungkiri, masih banyak orang yang menggunakan kendaraan bermotor padahal tempat yang dituju jaraknya dekat. Kebiasaan ini tanpa disadari membuat penggunaan BBM semakin boros.

5. Beralih ke Angkutan Umum

Jika tersedia angkutan umum yang searah dengan tujuan, maka sebaiknya kita beralih ke angkutan tersebut. Cara ini bisa menghemat penggunaan energi yang berupa BBM. Satu kendaraan digunakan secara bersama-sama dengan orang lain. Hal ini sangat menguntungkan karena hanya satu kendaraan saja yang memakai BBM dibandingkan dengan berkendara masing-masing. 

Selain agar tidak cepat habis apa manfaat menghemat energi BBM?

Selain agar tidak cepat habis, menghemat BBM memiliki manfaat dari segi ekonomi dan lingkungan. Dari segi ekonomi, menghemat BBM sama saja dengan menghemat uang. Semakin sedikit BBM yang kita pakai, maka semakin sedikit pula uang yang kita keluarkan untuk membeli BBM. Sementara itu, dari sisi lingkungan menghemat BBM sama saja dengan mengurangi polusi udara hasil pembakaran BBM. 

Demikianlah penjelasan tentang Cara Menghemat Energi yang Berupa BBM. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Lima Cara Menghemat Energi yang Berupa BBM Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment