Learn Science With Ilmusiana

4+ Contoh Penerapan Sila Kelima Terhadap Hewan

Bisakah kamu sebutkan contoh penerapan sila kelima pancasila terkait dengan sikap peduli terhadap hewan? Pancasila adalah ideologi dan dasar negara Indonesia. Nilai-nilai kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat dijiwai oleh Pancasila. Sejak awal dibentuknya Republik Indonesia, Pancasila telah disepakati oleh para tokoh pendiri bangsa sebagai satu-satunya dasar dalam bernegara.

Contoh Penerapan Sila Kelima Terhadap Hewan

contoh penerapan sila kelima pancasila terkait dengan sikap peduli terhadap hewan

Pancasila adalah perjanjian luhur rakyat Indonesia dan menjadi pedoman tingkah laku dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, Pancasila bisa menjadi pelindung dari segala oknum yang perbuatannya tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Semua yang hidup di atas bumi Indonesia dilindungi oleh Pancasila.

Pancasila juga mengatur hubungan antara manusia dengan makhluk hidup lainnya. Jadi, Pancasila tidak hanya diterapkan bagi manusia Indonesia, tetapi bisa juga diterapkan kepada hewan dan tumbuh-tumbuhan. Pancasila menumbuhkan sikap peduli terhadap makhluk hidup di sekitar manusia. 

Baca Juga:
Lantas, apa saja contoh penerapan sila kelima pancasila terkait dengan sikap peduli terhadap hewan? Nah, pada kesempatan ini kami akan memberikan beberapa contoh penerapan sila kelima yang menunjukkan sikap peduli terhadap hewan. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang sila kelima semakin bertambah.

Yuk, berikut ini pembahasannya...

Contoh Penerapan Sila Kelima Terhadap Hewan

Beberapa contoh penerapan sila kelima pancasila terkait dengan sikap peduli terhadap hewan adalah sebagai berikut:

1. Mengurus Hewan Peliharaan dengan Baik

Sila kelima Pancasila menumbuhkan sikap peduli terhadap hewan peliharaan yang ditunjukkan dengan cara mengurus semua hewan itu dengan baik. Hewan juga memerlukan makan agar dapat mempertahankan hidupnya. Oleh karena itu, kita sebagai manusia harus bisa berbagi makanan dengan hewan peliharaan.

2. Melindungi dan Menyayangi Hewan

Penerapan sila kelima terhadap hewan bisa juga dalam bentuk sikap melindungi dan menyayangi hewan. Misalnya, kucing yang hidup di dalam rumah kita. Kucing tersebut harus kita jaga dan sayangi sebagai pendamping hidup manusia di dalam rumah.

3. Menjaga Hewan dari Kepunahan

Sila kelima bisa juga diterapkan kepada hewan dengan cara menjaganya dari kepunahan. Saat ini, ada beberapa jenis hewan yang terancam punah akibat ulah manusia, seperti berburu. Tugas manusia saat ini adalah melestarikan kehidupan hewan tersebut agar tidak punah.

4. Memberikan Tempat Tinggal yang Layak

Contoh penerapan sila kelima terhadap hewan bisa juga ditunjukkan dengan memberikan tempat tinggal atau kandang yang layak bagi hewan peliharaan. Hal ini bertujuan agar hewan merasa nyaman hidup berdampingan dengan manusia.

Demikianlah penjelasan tentang Contoh Penerapan Sila Kelima Terhadap Hewan. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
4+ Contoh Penerapan Sila Kelima Terhadap Hewan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment