Learn Science With Ilmusiana

Tinggi Net Bola Voli Standar PBVSI

Berapakah tinggi net bola voli untuk putra dan putri standar nasional (PBVSI) dan internasional (FIVB)? Seperti yang kita ketahui, untuk memainkan bola voli, diperlukan beberapa kelengkapan yang wajib ada dalam setiap permainan. Selain lapangan dengan ukuran standar, diperlukan juga net atau jaring dengan ukuran tinggi dan lebar yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Ukuran tinggi net pada permainan bola voli dibagi menjadi dua, yaitu untuk putra dan putri. Keduanya memiliki perbedaan dalam hal ketinggian diukur dari permukaan lapangan permainan. Terdapat peraturan khusus yang mengatur tinggi net lapangan bola voli yang ditetapkan oleh organisasi persatuan bola voli nasional dan internasional.

Lantas, berapa tinggi net bola voli sesuai standar yang berlaku? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menginformasikan materi seputar net bola voli. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang net bola voli semakin bertambah.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini pembahasannya...

Net Bola Voli

tinggi net bola voli putra dan putri

Aturan resmi tentang net bola voli bisa didapatkan informasinya di dalam buku Peraturan Resmi Bolavoli 2017-2020 yang dikeluarkan oleh organisasi PBVSI. Di dalam buku tersebut, diuraikan dengan lengkap segala hal yang berkaitan dengan net bola voli. Aturan ini mengikuti peraturan resmi permainan bolavoli yang dikeluarkan organisasi bola voli internasional, FIVB.

Di halaman 8 buku tersebut, terdapat aturan tentang net, mulai dari struktur, tinggi, tiang-tiang, pita samping, dan antena. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

1. Struktur Net Bola Voli

Net pada permainan bola voli berbentuk persegi panjang dengan lebar 1 meter dan panjang 9,5 - 10 meter (dengan 25-50 cm pada tiap sisi pita samping). Net bola voli terbuat dari jalinan mata hitam 10 cm berbentuk persegi. Net yang digunakan pada kompetisi resmi dunia atau kejuaraan FIVB bisa dimodifikasi untuk memfasilitasi periklanan yang sesuai dengan perjanjian marketing.

2. Tinggi Net Bola Voli

Tinggi net bola voli diukur dari tengah lapangan. Untuk bagian samping, tinggi net di atas kedua garis samping harus tepat sama tinggi, tidak boleh lebih dari 2 cm. Ketinggian net bola voli berbeda untuk permainan bola voli dan putra.
  • Tinggi Net Bola Voli Putra: 2,43 meter
  • Tinggi Net Bola Voli Putri: 2,24 meter

3. Kelengkapan Net Bola Voli

Kelengkapan tambahan dari net bola voli adalah pita samping, antena, dan tiang-tiang. Adapun aturannya antara lain sebagai berikut:

3.1. Pita Samping

Dua pita putih terpasang tegak lurus pada net dan dipasang tepat di atas garis samping. Ukuran pita putih memiliki lebar 5 cm dan panjang 1 meter.

3.2. Antena

Antena pada permainan bola voli adalah tongkat lentur dengan panjang 1,80 meter dan diameter 10 mm yang terbuat dari bahan fiberglass atau bahan sejenisnya. Antena ini merupakan bagian dari net dan sebagai batas samping dari ruang penyebrangan bola. Masing-masing antena terpasang pada bagian luar dari setiap pita samping yang diletakkan berlawanan pada sisi-sisi net. Tinggi antena di atas net adalah 80 cm dan diberi garis-garis yang berwarna terang sepanjang 10 cm, umumnya berwarna putih.

3.3. Tiang-Tiang

Net dilengkapi dengan tiang-tiang yang berfungsi sebagai penunjang net. Tiang-tiang diletakkan 0,50-1 meter dari luar garis samping. Tiang tersebut memiliki tinggi 2,55 meter dan sebaiknya dapat diatur naik turunnya. Tiang kelengkapan net berbentuk bulat dan licin. Berdiri tegak di atas lantai tanpa bantuan kawat-kawat. Tiang harus tidak membahayakan atau tidak boleh dipasangi perlengkapan yang merintangi.

Demikianlah penjelasan tentang Tinggi Net Bola Voli. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat. 
Tinggi Net Bola Voli Standar PBVSI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment