Learn Science With Ilmusiana

Panjang Lintasan Untuk Melaksanakan Awalan Lompat Jauh

Tahukah kamu berapa panjang lintasan untuk melaksanakan awalan lompat jauh? Salah satu cabang atletik yang digemari banyak orang adalah lompat jauh. Di sekolah, para pelajar juga diberikan pembelajaran lompat jauh sebagai salah satu materi wajib dalam mata pelajaran olahraga. Mereka akan diajarkan cara melakukan lompatan jauh yang baik dan benar.

Lompat Jauh

Panjang Lintasan Untuk Melaksanakan Awalan Lompat Jauh tidak kurang dari

Sasaran atau tujuan olahraga lompat jauh adalah melakukan lompatan sejauh mungkin saat mendarat di atas bak pasir. Agar didapatkan lompatan yang jauh, tentu saja para atlet membutuhkan latihan dan teknik yang benar, mulai dari awalan, tumpuan atau tolakan, lompatan dan melayang, serta mendarat di bak pasir.

Gerakan awalan pada lompat jauh dilakukan dengan berlari disepanjang lintasan tertentu menuju titik tumpuan atau tolakan. Selain kecepatan berlari, pemilihan panjang lintasan juga sangat berpengaruh dalam keberhasilan lompatan. Di sinilah para atlet akan berbeda-beda dalam hal pemilihan panjang lintasan. Ada yang mengambil jarak dekat, ada pula yang agak jauh.

Lantas, berapa jarak atau panjang lintasan yang paling tepat untuk melaksanakan lompat jauh? Para ahli cabang olahraga lompat jauh menemukan panjang lintas maksimal atau minimal yang bisa diambil oleh atlet agar lompatannya bisa menjadi optimal. Berapakah panjangnya? Yuk, berikut ini ulasannya...

Panjang Lintasan Untuk Melaksanakan Awalan Lompat Jauh

Para ahli berpendapat bahwa panjang lintasan untuk melaksanakan awalan lompat jauh adalah tidak kurang dari 45 meter. Artinya, jangan mengambil jarak yang terlalu dekat atau kurang dari 45 meter. Alasannya adalah karena pada jarak ini atlet bisa mencapai kecepatan maksimal saat berlari.

Kecepatan adalah salah satu unsur penting yang sangat menunjang jauhnya lompatan. Para atlet profesional dunia sering mempraktekkan hal ini, mereka akan melakukan gerakan awalan dengan berlari di sepanjang lintasan yang tidak kurang dari 45 meter. 

Kamu tahu Mike Powell? Ia adalah pemegang rekor lompat jauh dunia saat ini dengan lompatan sejauh 8,95 meter. Di youtube ada videonya, bisa kamu saksikan sendiri panjang lintasan yang diambil untuk melaksanakan awalan lompat jauhnya tidak kurang dari 45 meter. 

Demikianlah penjelasan tentang Panjang Lintasan Untuk Melaksanakan Awalan Lompat Jauh Tidak Kurang Dari. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Panjang Lintasan Untuk Melaksanakan Awalan Lompat Jauh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment