Learn Science With Ilmusiana

Ukuran Panjang dan Lebar Lapangan Bola Voli (Gambar)

Tahukah kamu berapa ukuran panjang dan lebar lapangan bola voli standar nasional dan internasional? Semua orang pasti kenal dengan olahraga permainan yang satu ini. Bola voli merupakan permainan yang sangat populer dan bisa dimainkan oleh semua kalangan, pria maupun wanita. Untuk dapat memainkannya, para pemain membutuhkan lapangan, net, dan bola voli. Semuanya memiliki ukuran tertentu, baik dari segi panjang dan lebar lapangan, maupun ukuran net dan bola voli.

Bola Voli

panjang lapangan bola voli

Lapangan bola voli yang baik adalah lapangan yang memenuhi ukuran standar seperti yang telah ditetapkan oleh induk organisasi bola voli internasional yang bernama Fédération Internationale de Volleyball (FIVB). Organisasi inilah yang mengatur semua hal yang berkaitan dengan permainan bola voli, termasuk ukuran panjang dan lebar lapangannya.

Di Indonesia sendiri, induk organisasi bola voli bernama Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI). Organisasi ini mengeluarkan peraturan tentang ukuran lapangan bola voli yang memenuhi standar pertandingan nasional, maupun internasional. 

Lantas, berapa ukuran lapangan bola voli? Berapa panjang dan lebarnya? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menginformasikan tentang ukuran panjang dan lebar lapangan voli. Selain itu, kami juga akan memberikan materi-materi yang terkait dengannya. Semoga dapat menambah pengetahuan pembaca.

Yuk, berikut ini ulasannya...

Lapangan Bola Voli

Segala peraturan tentang lapangan bola voli standar nasional dan internasional bisa kita dapatkan informasinya di dalam buku Peraturan Resmi Bola Voli 2017-2020 yang dikeluarkan oleh PBVSI. Isinya merupakan terjemahan dari buku Official Volleyball Rules 2017-2020 yang diterbitkan oleh FIVB berdasarkan kesepakatan bersama dalam kongres FIVB ke-35 di Buenos Aires, Argentina. Publik bisa dengan bebas mengaksesnya melalui situs resmi PBVSI yang beralamat di pbvsi.or.id. 

1. Ukuran Lapangan Bola Voli

Dalam BAB I: Fasilitas dan Perlengkapan, diuraikan dengan lengkap ketentuan mengenai ukuran lapangan, net, tiang-tiang, dan bola voli. Menurut buku tersebut, lapangan bola voli haruslah berbentuk persegi panjang dan simetris, dengan ukuran panjang dan lebar sebagai berikut ini:

1.1. Ukuran Panjang Lapangan Bola Voli (18 meter)

Standar ukuran panjang lapangan bola voli adalah 59 feet atau 18 meter. Ukuran ini berlaku secara umum, baik nasional maupun internasional. Lapangan bola voli yang sering kamu lihat di setiap pertandingan memiliki panjang sebesar 18 meter. Jadi, bagi kamu yang sedang berencana membuat lapangan voli, maka siapkan lahan yang cukup agar bisa memenuhi ukuran standar panjang lapangan bola voli ini.

1.2. Ukuran Lebar Lapangan Bola Voli (9 meter)

Standar ukuran lebar lapangan bola voli adalah 29,5 feet atau 9 meter. Ukuran lebar inilah yang digunakan oleh semua lapangan bola voli, baik di Indonesia maupun di dunia. Ukuran ini juga berlaku di semua jenis lapangan, indoor maupun outdoor. Jadi, jangan sampai salah, lebarnya harus pas 9 meter.

Jadi, menurut FIVB dan PBVSI, ukuran luas lapangan bola voli adalah panjang 18 meter x lebar 9 meter. Ukuran ini berlaku secara nasional dan internasional.

Berikut ini adalah gambar lengkap dari lapangan bola voli beserta ukurannya:

Gambar Ukuran Lapangan Bola Voli

Gambar Ukuran Lapangan Bola Voli

2. Permukaan Lapangan Bola Voli

Permukaan lapangan bola voli haruslah datar, horizontal, dan seragam. Tidak diperbolehkan untuk bermain di lapangan licin atau tidak rata yang bisa menimbulkan bahaya cedera bagi pemain. Ada bermacam-macam bahan yang sering digunakan dalam pembuatan permukaan lapangan bola voli. Namun, FIVB hanya membolehkan permukaan yang terbuat dari kayu atau bahan sintesis untuk dipakai di kejuaraan dunia dan pertandingan resmi lainnya.

Jenis permukaan lapangan yang lain hanya boleh digunakan apabila telah mendapat pengesahan dari FIVB. Selain mengenai bahan, FIVB juga mengatur tentang perbedaan lapangan bola voli indoor dan outdoor. Ketentuannya adalah sebagai berikut:

2.1. Lapangan Bola Voli Indoor

Lapangan Bola Voli Indoor

Lapangan bola voli indoor permukaannya harus berwarna terang. Aturan ini berlaku di kejuaraan dunia dan pertandingan resmi FIVB lainnya. Garis-garis permukaan menggunakan warna putih. Sedangkan, untuk warna-warna lainnya, digunakan untuk lapangan permainan dan daerah bebas.

2.2. Lapangan Bola Voli Outdoor

Lapangan Bola Voli Outdoor

Sementara itu, untuk lapangan bola voli outdoor diperbolehkan kemiringan 5 mm per meter. Hal ini sengaja dilakukan untuk keperluan drainase. Garis-garis lapangan pada lapangan outdoor tidak diperbolehkan menggunakan bahan padat yang keras karena dapat menimbulkan bahaya cedera bagi pemain.

3. Garis-Garis Lapangan Bola Voli

Semua garis pada lapangan bola voli memiliki lebar sebesar 5 cm. Garis tersebut harus menggunakan warna terang dan warnanya dibuat berbeda dari warna lantai dan garis-garis lainnya. Garis-garis lapangan bola voli terdiri dari garis batas, garis tengah, dan garis serang.

3.1. Garis Batas

Lapangan permainan bola voli memiliki garis batas yang ditandai dengan dua garis samping dan dua garis akhir. Garis ini membatasi daerah lapangan permainan.

3.2. Garis Tengah

Lapangan bola voli juga dilengkapi dengan garis tengah yang akan menghubungkan garis samping ke garis samping lainnya. Garis tengah akan membagi lapangan permainan menjadi dua bagian sama besar dengan ukuran masing-masing 9 x 9 meter.

3.3. Garis Serang 

Di setiap daerah permainan, terdapat garis serang yang menjadi pembatas antara daerah serang dan daerah pertahanan. Garis ini terletak 3 meter di belakang garis tengah, masing-masing ujungnya juga berhubungan dengan garis samping.

Untuk lapangan bola voli yang dipakai dalam kejuaraan dunia dan pertandingan resmi FIVB, masing-masing ujung garis serang ditambah dengan garis putus-putus tepat di luar garis samping. Total panjang garis putus-putus di kiri dan kanan adalah 1,75 meter (silahkan dibagi 2 untuk mendapatkan panjang masing-masing garis).

Garis putus-putus ini dibentuk oleh garis-garis pendek sepanjang 15 cm dengan jarak 20 cm. Fungsinya adalah sebagai tanda batas daerah operasional pelatih.

4. Daerah dan Area Lapangan Bola Voli

Daerah dan area pada lapangan bola voli terdiri dari:

4.1. Daerah Depan (Serang)

Daerah depan lapangan bola voli disebut juga dengan daerah serang. Daerah ini dibatasi oleh garis tengah dan garis serang.

4.2. Daerah Servis

Daerah servis pada lapangan bola voli adalah daerah yang meliputi area sepanjang 9 meter di belakang setiap garis akhir. Sisi kiri dan kanan dari daerah servis dibatasi oleh dua garis pendek perpanjangan dari garis samping. Garis pendek tersebut memiliki ukuran panjang 20 cm dan berjarak 20 cm di belakang garis akhir.

4.3. Daerah Pergantian

Daerah pergantian pada lapangan bola voli dibatasi oleh perpanjangan dari kedua garis serang hingga ke meja skor.

4.4. Daerah Pergantian Libero

Daerah pergantian libero pada lapangan bola voli adalah bagian dari daerah bebas di depan bangku cadangan, yang terbatas dari perpanjangan garis serang sampai garis akhir.

4.5. Daerah Pemanasan

Daerah pemanasan pada permainan bola voli berukuran 3 x 3 meter, terletak di kedua sudut bangku cadangan, di luar daerah bebas.

4.6. Daerah Pinalti

Daerah pinalti pada lapangan bola voli berukuran 1 x 1 meter. Daerah ini dilengkapi dengan dua bangku yang terletak dalam daerah pengontrolan, yaitu daerah di luar perpanjangan garis akhir. Daerah ini dibatasi oleh garis merah selebar 5 cm.

5. Perlengkapan Lapangan Bola Voli

Lapangan bola voli dilengkapi dengan net, pita samping, antena, dan tiang-tiang dengan ketentuan sebagai berikut:

5.1. Net Lapangan Bola Voli

Net pada lapangan bola voli dipasang tepat tegak lurus di atas garis tengah dengan ketinggian 2,43 meter untuk putra dan 2,24 meter untuk putri. Tingginya diukur dari tengah lapangan permainan. Tinggi net di sisi kiri dan kanan di atas kedua garis samping harus tepat sama tinggi, tidak boleh lebih tinggi dari 2 cm.

Net bola voli memiliki ukuran panjang 9,5 - 10 meter, ditambah 25-50 cm pada tiap sisi pita samping. Sedangkan, lebar net permainan voli adalah 1 meter. Net tersebut terbuat dari jalinan mata jala hitam 10 cm berbentuk persegi.

5.2. Pita Samping Lapangan Bola Voli

Lapangan bola voli dilengkapi dengan dua pita yang merupakan bagian dari net. Pita tersebut berwarna putih yang terpasang tegak lurus pada net. Pita ini juga harus berada tepat di atas setiap garis samping. Ukuran masing-masing pita putih adalah panjang 1 meter dan lebar 5 cm.

5.3. Antena Lapangan Bola Voli

Di setiap lapangan bola voli, terdapat antena berupa tongkat lentur dengan panjang 1,80 meter dan berdiameter 10 mm. Antena ini terbuat dari bahan fiberglass atau bahan sejenisnya. Antena tersebut terpasang di bagian luar dari setiap pita samping dan terletak berlawanan pada sisi-sisi net. Tinggi antena di atas net adalah 80 cm dilengkapi dengan garis-garis berwarna putih sepanjang 10 cm. Antena juga menjadi bagian dari net dan berfungsi sebagai batas samping ruang penyeberangan bola.

5.4. Tiang-Tiang Lapangan Bola Voli

Tiang-tiang berfungi sebagai penunjang net, berbentuk bulat dan licin yang terletak sejauh 0,5-1 meter di luar garis samping. Tiang tersebut memiliki tinggi 2,55 meter dan sebaiknya dapat diatur naik turunnya. Tiang ini ditegakkan di atas lantai tanpa bantuan apapun agar tidak membahayakan.

Buku peraturan resmi bola voli termasuk ukuran lapangan, bisa Anda dapatkan di sini: Buku Peraturan Ukuran Lapangan Bola Voli.

Demikianlah penjelasan tentang Ukuran Lapangan Bola Voli. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Ukuran Panjang dan Lebar Lapangan Bola Voli (Gambar) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment