Learn Science With Ilmusiana

Inilah Hubungan Makna Sila Ketiga dengan Simbolnya

Tahukah kamu bagaimana hubungan makna sila ketiga dengan simbolnya? Pertanyaan ini sering kali diajukan oleh pelajar di forum pembelajaran online. Pancasila adalah dasar negara Indonesia yang wajib diamalkan oleh seluruh rakyat Indonesia. Sebagaimana yang diketahui, Pancasila terdiri dari lima sila, di mana setiap silanya memiliki makna dan simbol yang berbeda-beda.

Sila Ketiga Pancasila

bagaimana hubungan makna sila ketiga dengan simbolnya

Sila pertama Ketuhanan yang Maha Esa disimbolkan dengan bintang. Sila kedua Kemanusiaan yang adil dan beradab disimbolkan dengan rantai. Sila ketiga Persatuan Indonesia disimbolkan dengan pohon beringin. Sila keempat kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan. Sila kelima keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia disimbolkan dengan padi dan kapas.

Nah, yang menjadi fokus pembahasan kita kali ini adalah bagaimana hubungan makna sila ketiga dengan simbolnya. Dengan kata lain, hubungan antara Persatuan Indonesia dan pohon beringin. Pertanyaan ini bisa kita perdalam lagi menjadi: mengapa pohon beringin dijadikan simbol dari sila ketiga?

Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan hubungan makna sila ketiga dengan simbolnya. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang Pancasila semakin bertambah.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini pembahasannya...

Makna dan Simbol Sila Ketiga

Sebelum kita menghubungkan antara makna sila ketiga dengan simbolnya, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu makna dari sila ketiga dan penjelasan simbolnya. Hal ini akan membantu kita memahami hubungan di antara keduanya.

Makna Sila Ketiga

Sila ketiga Pancasila berbunyi: Persatuan Indonesia. Sila ini bermakna bahwa setiap komponen bangsa hendaknya berusaha menjalin dan membangun semangat persatuan dan kesatuan bangsa tanpa memandang perbedaan. Sila ketiga merupakan perwujudan paham kebangsaan Indonesia yang meliputi paham perorangan, golongan, suku bangsa, serta mendahulukan persatuan dan kesatuan bangsa.

Sila ketiga mengandung nilai-nilai persatuan, di antaranya adalah sebagai berikut:
  • Menjunjung tinggi Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Cinta perdamaian dan persatuan.
  • Tidak egosentris

Simbol Sila Ketiga

Simbol sila ketiga adalah pohon beringin perisainya berlatar putih. Pohon beringin adalah pohon yang besar, tinggi, rimbun serta mengandung kesan melindungi. Pohon beringin merupakan sebuah pohon Indonesia yang besar kokoh berdiri yang ditopang oleh akar tunggal panjang menancap ke dalam tanah.

Hubungan Makna Sila Ketiga dengan Simbolnya

Dalam lambang negara Republik Indonesia, pohon beringin adalah simbol sila ketiga Pancasila, berlatar putih, dan terletak di bagian kiri atas perisai. Ciri-ciri yang melekat pada pohon beringin sangat erat maknanya dengan sila Persatuan Indonesia. Ciri tersebut antara lain sebagai berikut:
  1. Pohon beringin adalah pohon yang berakar tunjang yang menghujam jauh ke dalam tanah, mengandung makna bahwa persatuan dan kesatuan Indonesia kuat dan tidak mudah goyah.
  2. Pohon beringin adalah jenis pohon yang mempunyai ranting dengan akar-akar yang menggantung, mengandung makna bahwa persatuan Indonesia merupakan kesatuan dari bermacam-macam suku, budaya, bahasa, dan agama.
  3. Pohon beringin tumbuh rindang memberi kesan melindungi, mengandung makna bahwa negara Republik Indonesia melindungi seluruh rakyat Indonesia.
Demikianlah penjelasan tentang Bagaimana Hubungan Makna Sila Ketiga dengan Simbolnya. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Inilah Hubungan Makna Sila Ketiga dengan Simbolnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment