Learn Science With Ilmusiana

Contoh Resume Arti Kedudukan dan Fungsi Pancasila

Bisakah kamu membuat resume tentang arti, kedudukan, dan fungsi Pancasila? Tidak usah khawatir, kami akan membantu kamu untuk membuat resume tersebut. Tugas ini sering ditanyakan oleh pelajar di forum pembelajaran online. Soalnya berbunyi "buatlah resume tentang arti kedudukan dan fungsi Pancasila". Sepertinya, tugas ini merupakan salah satu bunyi soal dalam mata pelajaran PKN.

Resume Pancasila

resume tentang arti, kedudukan, dan fungsi Pancasila

Sebagaimana yang diketahui, Pancasila adalah dasar negara Indonesia. Arti, kedudukan, dan fungsinya sangat penting bagi bangsa Indonesia. Pada saat persiapan kemerdekaan Indonesia, para tokoh bangsa sepakat untuk menjadikan Pancasila landasan pokok negara. Selain itu, Pancasila dijadikan juga sebagai ideologi, pandangan hidup, dan falsafah negara.

Arti, kedudukan, dan fungsi Pancasila sangatlah luas pembahasannya. Butuh berlembar-lembar kertas untuk menuliskan semuanya. Oleh karena itu, kita dapat menyingkatnya dalam bentuk resume. Jika ditulis dalam bentuk resume, maka yang diambil adalah bagian-bagian inti atau pokoknya saja.

Lantas, bagaimana cara membuat resume tentang arti, kedudukan, dan fungsi Pancasila? Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan contoh resume yang berisi inti atau pokok pembahasan tentang arti, kedudukan, dan fungsi Pancasila. Jadikanlah contoh ini sebagai panduan ketika kamu membuat resume sendiri.
Yuk, berikut ini pembahasannya...

Resume Arti, Kedudukan, dan Fungsi Pancasila

Sebelum kita masuk pada contoh resumenya, penting bagi kamu untuk mengetahui apa itu resume dan bagaimana cara membuatnya. Sebab, pengetahuan yang baik tentang resume sangat membantu dalam proses pembuatan resume tentang arti, kedudukan, dan fungsi Pancasila. Baiklah, mari kita bahas satu per satu.

Pengertian Resume

Dalam pengertian sederhana, resume bisa diartikan sebagai ringkasan. Resume merupakan rangkuman atau ringkasan dari suatu karangan atau tulisan panjang. Dengan resume, suatu tulisan akan dipangkas dengan mengambil bagian inti atau pokok saja. Cara ini sangat efektif untuk menjelaskan informasi yang ingin disampaikan ke pembaca dengan menampilkan bagian inti dari sebuah tulisan.

Contohnya resume sebuah karangan atau buku, yang dijelaskan adalah pokok atau inti dari buku tersebut sehingga bentuknya menjadi lebih ringkas. Istilah resume juga digunakan dalam dunia kerja yang diartikan sebagai curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup calon pekerja. Resume tersebut akan berisi ringkasan pengalaman, pendidikan, dan keahlian seseorang.

Cara Membuat Resume

Proses pembuatan resume tidaklah terlalu sulit untuk dilakukan, kamu hanya perlu membaca dan mencari pokok-pokok penjelasan dari karangan atau tulisan yang akan dibuat resumenya. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam proses pembuatan resume:
  1. Bacalah karangan aslinya secara seksama. Pahami maksud yang ingin disampaikan oleh penulis.
  2. Temukan gagasan pokok dari karangan tersebut, carilah di setiap paragrafnya
  3. Tuliskan resume berdasarkan gagasan pokoknya, gunakan kalimat yang ringkas dan padat. Hindari penggunaan kata atau kalimat yang tidak perlu atau bertele-tele

Resume tentang Arti Kedudukan dan Fungsi Pancasila

Berikut ini adalah contoh resume tentang arti, kedudukan, dan fungsi Pancasila yang dibuat seringkas mungkin:

Contoh Resume tentang Arti, Kedudukan, dan Fungsi Pancasila

Pancasila adalah dasar negara Indonesia. Selain sebagai dasar negara, Pancasila juga memiliki kedudukan sebagai pandangan hidup, ideologi bangsa, jiwa dan kepribadian bangsa, perjanjian luhur, sumber dari segala sumber tertib hukum, falsafah hidup, serta sebagai cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia.

Sebagai dasar negara, Pancasila menjadi pijakan atau landasan berdirinya bangsa Indonesia. Sebagai pandangan hidup, Pancasila memberikan wawasan, pedoman, atau tuntunan yang mengatur hubungan dengan Tuhan, manusia, dan lingkungan. Sebagai ideologi, Pancasila mengandung konsep atau gagasan yang diangkat dari nilai-nilai yang telah lama dianut oleh masyarakat Indonesia.

Sebagai jiwa dan kepribadian bangsa, Pancasila bersumber dari nilai-nilai yang telah lama dianut oleh masyarakat Indonesia. Sebagai perjanjian luhur, Pancasila merupakan hasil kesepakatan dari para pendiri bangsa pada saat persiapan kemerdekaan Indonesia. Sebagai sumber dari segala sumber tertib hukum, Pancasila menjiwai semua produk hukum atau peraturan yang dijalankan di Indonesia.

Sebagai falsafah hidup, Pancasila mengandung nilai dan norma yang diyakini mengandung kebenaran. Pancasila memuat cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia, yaitu masyarakat adil dan makmur secara materil dan sprituil.
Demikianlah penjelasan tentang Resume tentang Arti Kedudukan dan Fungsi Pancasila. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat. 
Contoh Resume Arti Kedudukan dan Fungsi Pancasila Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment