Learn Science With Ilmusiana

7+ Manfaat Jika Kamu Mendengarkan Ceramah

Apakah kamu yang suka mendengarkan ceramah? Tahukah kamu, ada banyak manfaat yang bisa kamu peroleh jika mendengarkan ceramah. Ternyata, ada banyak pelajar penasaran dengan mengajukan pertanyaan di forum pembelajaran online. Bunyi pertanyaannya adalah "apa manfaat jika kamu mendengarkan ceramah?". Sepertinya, mereka mendapat tugas dari guru di sekolah.

Ceramah

Manfaat Jika Kamu Mendengarkan Ceramah

Sebenarnya, pertanyaan ini telah di jawab oleh pelajar lainnya di forum tersebut. Namun sayangnya, penjelasannya kurang rinci dan mendalam. Bahkan, beberapa di antaranya hanya berupa jawaban singkat saja. Padahal, penting diuraikan secara lengkap mengenai manfaat mendengarkan ceramah, agar para pelajar semakin rajin mendengarkan ceramah.

Lantas, apa saja manfaat jika kamu mendengarkan ceramah? Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan menguraikan beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh saat kamu mendengarkan ceramah. Semoga setelah membaca uraian ini, kamu semakin suka dan rajin mendengarkan ceramah.

Yuk, berikut ini pembahasannya...

Manfaat Jika Kamu Mendengarkan Ceramah 

Sebelum kita masuk pada pembahasan tentang manfaat mendengarkan ceramah, mungkin ada baiknya kita perjelas kembali apa yang dimaksud dengan ceramah. 

Pengertian Ceramah

Secara umum, ceramah dapat didefinisikan sebagai suatu cara penyampaian informasi, fakta, pengetahuan, atau masalah dari penceramah kepada pendengar, baik yang dilakukan secara langsung, maupun tidak langsung melalui TV, Radio, dan sebagainya.

Ceramah dilakukan secara lisan untuk menyampaikan sesuatu kepada orang lain dengan maksud agar orang yang mendengar ceramah mengetahui dan memperoleh sesuatu yang berharga dari isi ceramah yang disampaikan.

Mendengarkan ceramah adalah kegiatan untuk mendapatkan informasi dan menambah wawasan. Dengan bertambahnya wawasan dan pengetahuan, orang akan lebih mampu berpikir dan mengambil keputusan.

Manfaat Mendengarkan Ceramah

Adapun manfaat jika kamu mendengarkan ceramah, antara lain sebagai berikut:

1. Menambah Wawasan

Salah satu manfaat yang bisa kamu peroleh jika kamu mendengarkan ceramah adalah wawasan semakin bertambah. Wawasan adalah cara pandang terhadap sesuatu. Kamu akan mendapatkan wawasan baru dari penceramah yang sedang menyampaikan materinya.

2. Membuka Pikiran

Ceramah juga dapat membuat pikiran kamu menjadi lebih terbuka untuk menerima hal-hal baru. Sekarang ini sangat jarang orang yang bisa diajak untuk menerima hal baru. Mereka cenderung bertahan dengan pikiran-pikiran lama. Dengan mendengarkan ceramah, pikiran menjadi lebih terbuka.

3. Menambah Pengetahuan

Materi ceramah merupakan salah satu bentuk pengetahuan yang disampaikan secara lisan. Itulah sebabnya mengapa sehingga saat kamu mendengarkan ceramah, pengetahuan kamu menjadi bertambah dibandingkan dengan orang yang tidak mendengarkan ceramah.

4. Menjadi Sarana Pengingat

Ceramah juga bisa menjadi sarana pengingat bagi orang-orang yang mendengarkan. Di dalam ceramah, biasanya terdapat pesan atau nasehat yang disampaikan oleh penceramah. Nasehat tersebut bisa menjadi pengingat untuk terus melakukan kebaikan.

5. Mencerahkan Pikiran

Manfaat selanjutkan jika kamu mendengarkan ceramah adalah pikiran menjadi semakin cerah. Dengan mendengarkan ceramah, pikiran akan terus di asah sehingga kemampuannya semakin baik dalam mencerna segala permasalahan.

6. Melatih Konsentrasi

Tanpa disadari, ceramah dapat melatih konsentrasi. Mengapa seperti itu? Hal tersebut dikarenakan pada saat mendengarkan ceramah pikiran dan telinga kamu akan terfokus pada materi ceramah yang sedang disampaikan.

7. Motivasi Tampil di Depan umum

Saat kamu mendengarkan ceramah, di saat bersamaan kamu akan memperhatikan penceramah berbicara di depan umum. Ini bisa menjadi motivasi buat kamu untuk berani juga berbicara di depan umum seperti penceramah itu.

Demikianlah penjelasan tentang Apa Manfaat Jika Kamu Mendengarkan Ceramah. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
7+ Manfaat Jika Kamu Mendengarkan Ceramah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment