Learn Science With Ilmusiana

10+ Contoh Pengamalan Dari Iman Kepada Malaikat

Bisakah kamu sebutkan minimal 5 contoh pengamalan dari iman kepada Malaikat? Pertanyaan ini sering diajukan oleh pelajar di forum pembelajaran online. Tenang saja, bukan hanya 5, kami akan memberikan kamu 10 contoh dalam kehidupan sehari terkait pengamalan dari iman kepada malaikat.

Malaikat

Contoh Pengamalan Dari Iman Kepada Malaikat

Di blog atau website lain, mungkin hanya diberikan 5 contoh saja terkait pengamalan dari iman kepada malaikat. Namun, di sini kamu akan mendapatkan 10 contoh. Gimana, lumayan bukan? Guru kamu di sekolah juga pasti akan suka saat kamu memberikan jawaban lebih banyak dari yang diminta. Di soal kan disebutkan "minimal 5", artinya boleh lebih doang.

Sebagaimana yang diketahui, rukun iman ada enam, salah satu di antaranya adalah iman kepada malaikat yang menempati urutan kedua dalam rukun iman. Islam seseorang dikatakan sempurna apabila mengimani keenam rukun ini. Jadi, jangan dipilih-pilih yah, kamu harus menjalankan semua rukun iman tersebut.

Lantas, apa saja contoh pengamalan dari iman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari? Nah, pada kesempatan ini, kami akan memberikan beberapa contoh sikap yang mencerminkan iman kepada malaikat. Semoga setelah membaca uraian ini, kamu bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini pembahasannya...

Iman Kepada Malaikat

Sebelum kita membahas contoh pengamalan dari iman kepada malaikat, mungkin ada baiknya kita perjelas kembali apa yang dimaksud dengan malaikat. Selain itu, kita akan bahas juga apa itu iman kepada malaikat. Pemahaman tentang kedua hal ini akan membantu kita dalam mengamalkan iman kepada malaikat di kehidupan sehari-hari

Pengertian Malaikat

Secara etimologi, malaikat adalah kata yang berasal dari bahasa Arab, yaitu "malaaikah" atau "malakun" dalam bentuk jamak. Kedua kata ini memiliki arti "utusan" atau "risalah". Sedangkan, secara istilah malaikat adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah Swt dari nuur (cahaya). Malaikat merupakan makhluk Allah yang memiliki sifat gaib, selalu taat dan patuh terhadap perintah Allah, serta tidak pernah sekalipun durhaka terhadap Allah Swt.

Ada berapa jumlah malaikat? Sangat banyak. Saking banyaknya, bahkan Rasulullah Saw pernah bersabda dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Turmudzi, bahwa "...tidak ada satu ruang selebar 4 jari, kecuali di sana ada malaikat yang sedang meletakkan dahinya, bersujud kepada Allah".

Dari sekian banyak jumlah malaikat tersebut, ada 10 malaikat yang wajib diketahui oleh umat muslim, yaitu sebagai berikut:

Tabel Nama Malaikat dan Tugasnya

Nama Malaikat Tugas
Jibril Menyampaikan Wahyu
Mikail Membagikan rezeki
Israfil Meniupkan sangkakala
Izrail Mencabut nyawa
Munkar Menanyai manusia di alam barzah
Nakir Menanyai manusia di alam barzah
Raqib Mencatat amal kebaikan manusia
Atid Mencatat amal keburukan manusia
Ridwan Menjaga pintu surga
Malik Menjaga pintu neraka

Iman Kepada Malaikat

Iman kepada malaikat adalah mempercayai dan meyakini keberadaan malaikat sebagai makhluk dan pesuruh Allah Swt. Beriman kepada malaikat adalah rukun iman kedua yang hukumnya wajib. Sebagaimana yang disebutkan Allah Swt melalui firmanNya dalam Qur'an Surat al-Baqarah ayat 285, yang artinya:
Rasul (Muhammad) beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya (Al-Qur'an) dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semua beriman kepada Allah, malaikat-malaikatNya, kitab-kitabNya, dan rasul-rasulNya. (QS. Al-Baqarah: 285)
Berdasarkan firman Allah di atas, manusia diwajibkan beriman kepada malaikat. Iman yang baik adalah iman yang yakini dalam hati, diucapkan dengan lisan, dan diamalkan dalam perbuatan. Jadi, iman kepada malaikat, bukan hanya dipahami dan diyakini, tetapi harus diamalkan dalam perbuatan atau perilaku di kehidupan sehari-hari.

Contoh Pengamalan Dari Iman Kepada Malaikat

Nah, sekarang kita telah sampai pada inti pembahasan, yakni contoh pengamalan dari iman kepada malaikat dalam bentuk perilaku atau perbuatan. Sebagaimana yang kami sebutkan di atas, berikut ini adalah 10 contoh perilaku yang mencerminkan pengamalan iman kepada malaikat:

1. Rajin Beribadah kepada Allah Swt

Salah satu contoh pengamalan dari iman kepada malaikat adalah rajin beribadah kepada Allah Swt. Kita tahu bahwa malaikat merupakan makhluk ciptaan Allah yang paling taat. Kita bisa meneladani sifat malaikat tersebut dengan memperbaiki ibadah kita kepada Allah.

2. Gemar Beramal Saleh

Malaikat identik dengan segala sifat-sifat kebajikan. Beriman kepada malaikat bisa diamalkan dengan meneladani sifat-sifat kebajikan yang ditunjukkan oleh malaikat, salah satu caranya adalah gemar melakukan amal saleh.

3. Menjaga Hubungan Baik dengan Makhluk Allah

Kita sepenuhnya menyadari bahwa manusia bukanlah satu-satunya makhluk yang mendiami bumi ini. Kita harus membina hubungan baik dengan sesama makhluk Allah, seperti dengan hewan dan tumbuhan. Ini merupakan salah satu bentuk sikap pengamalan iman kepada malaikat.

4. Memiliki Semangat Belajar

Tahukah kamu Jibril merupakan malaikat yang paling kuat dan cerdas? Karena itulah ia ditetapkan sebagai pemimpin para malaikat. Tugasnya menyampaikan wahyu kepada nabi dan rasul. Contoh pengamalan iman kepada malaikat bisa ditunjukkan dengan semangat belajar yang tinggi, agar kita bisa menjadi pribadi yang cerdas.

5. Memiliki Etos Kerja yang Baik

Malaikat adalah makhluk Allah Swt yang paling rajin. Semua perintah Allah dilaksanakan sebaik-baiknya, tanpa ada kesalahan sedikitpun. Iman kepada malaikat bisa ditunjukkan dengan meneladani sifat malaikat tersebut , salah satu caranya adalah memiliki etos kerja yang baik.

6. Selalu Berzikir kepada Allah

Bentuk pengalaman iman kepada malaikat bisa juga dilakukan dengan cara selalu berzikir kepada Allah Swt. Setiap selesai melaksanakan sholat lima waktu, sempatkan waktu untuk berzikir. Hal ini untuk meneladani sifat malaikat yang setiap detik berzikir kepada Allah Swt.

7. Selalu Menjalankan Perintah Allah

Sebagaimana yang telah disebutkan, malaikat adalah makhluk Allah yang paling taat. Ia menjalankan apapun yang diperintahkan kepadanya. Kita manusia bisa meneladani sifat malaikat tersebut, iman kepada malaikat dapat ditunjukkan dengan cara menjalankan perintah Allah dengan sebaik-baiknya.

8. Berusaha Menjauhi Larangan Allah

Selain menjalankan perintah Allah Swt, kita juga diwajibkan untuk menjauh larangan-Nya. Di sinilah letak kesempurnaan takwa seseorang. Iman kepada malaikat bisa ditunjukkan dengan cara menjauhkan diri dari segala hal yang dilarang Allah Swt.

9. Selalu berkata Jujur

Berkatalah secara jujur, dimana pun dan kapan pun. Kita harus sadar bahwa ada malaikat pencatat amal baik dan buruk yang selalu mengawasi kita setiap saat. Sehingga, salah satu bentuk pengamalan iman kepada malaikat adalah selalu berkata jujur.

10. Taat Kepada Orang Tua

Malaikat sangat menyukai hamba-hamba yang taat kepada orang tuanya. Sebab, taat kepada orang tua adalah perintah paling utama setelah sholat lima waktu. Iman kepada malaikat bisa ditunjukkan dengan cara taat kepada kedua orang tua.

Demikianlah penjelasan tentang Contoh Pengamalan Dari Iman Kepada Malaikat. Bagikan informasi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat. 
10+ Contoh Pengamalan Dari Iman Kepada Malaikat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment