Learn Science With Ilmusiana

2019+ Contoh Perwujudan Kerjasama di Lingkungan Masyarakat

Bisakah kamu berikan tiga contoh perwujudan kerjasama dalam lingkungan masyarakat? Setiap manusia bukan hanya sebagai makhluk individu, tetapi dirinya juga merupakan makhluk sosial yang tinggal dalam lingkungan masyarakat. Ia bersama dengan masyarakat lainnya membentuk komunitas di lingkungan di mana tempat interaksi sosial terjadi.

Kerja Sama di Masyarakat

Tiga Contoh Perwujudan Kerjasama dalam Lingkungan Masyarakat

Setiap orang harus menyadari bahwa kita pasti membutuhkan orang lain. Kemampuan kita tidak cukup untuk mengimbangi kebutuhan kita yang sedemikian banyaknya. Oleh karena itu, kita memerlukan bantuan orang lain untuk secara bersama-sama saling membantu dalam pemenuhan kebutuhan.

Dalam lingkungan tempat tinggal, setiap individu dan masyarakat sudah seharusnya mewujudkan kerjasama yang baik agar kehidupan menjadi lebih mudah, tentram, dan damai. Oleh karena itu, harus dikembangkan sikap-sikap sebagai bentuk perwujudan kerjasama dalam lingkungan masyarakat.

Lantas, apa saja contoh perwujudan kerjasama dalam lingkungan masyarakat? Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan menguraikan beberapa contoh yang mencerminkan sikap kerjasama di lingkungan masyarakat. Semoga setelah membaca uraian ini, kita bisa menjalin kerjasama yang baik dengan masyarakat sekitar.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini pembahasannya...

Contoh Perwujudan Kerjasama dalam Lingkungan Masyarakat

Berikut ini adalah tiga contoh perwujudan kerjasama dalam lingkungan masyarakat:

1. Gotong royong

Salah satu bentuk kerjasama dalam lingkungan masyarakat adalah gotong royong. Sejak zaman nenek moyang kita dahulu, masyarakat Indonesia telah terbiasa melaksanakan gotong royong. Contohnya, gotong royong mendirikan rumah, mencari ikan, bercocok tanam, dan sebagainya. 

Dengan gotong royong, pekerjaan berat akan menjadi ringan. Selain itu, gotong royong juga bermanfaat untuk mempererat rasa persatuan dan kesatuan. Gotong royong merupakan perwujudan sila kelima Pancasila, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

2. Kerja Bakti

Contoh bentuk kerjasama lainnya adalah kerja bakti, yaitu mengerjakan sesuatu secara bersama-sama secara sukarela. Dalam lingkungan masyarakat, kerja bakti merupakan bentuk kerjasama yang sangat baik untuk dikembangkan. Misalnya, kerja bakti untuk membersihkan jalan atau saluran air.

3. Mengadakan Siskamling

Kerjasama dalam lingkungan masyarakat juga bisa diwujudkan dengan cara mengadakan Siskamling untuk menjaga keamanan lingkungan. Siskamling atau roda malam telah menjadi kebiasaan masyarakat kita sehari-hari. Setiap anggota masyarakat mengikuti jadwal tertentu bergiliran untuk berjaga di pos-pos ronda. 

Dengan Siskamling, akan tercipta rasa aman di tengah-tengah masyarakat. Sebaiknya, setiap anggota masyarakat turut serta dalam kegiatan ini sebagai bentuk kerjasama dengan masyarakat lainnya.

Contoh Perwujudan Kerjasama dalam Lingkungan Masyarakat

Selain tiga contoh di atas, berikut ini adalah contoh-contoh yang juga termasuk ke dalam perwujudan kerjasama di lingkungan masyarakat:
  • Membantu tetangga yang kesusahan
  • Melaksanakan musyawarah untuk mufakat
  • Ikut berpartisipasi dalam iuran desa
  • Membantu masyarakat yang terkena bencana
  • Bergaul dengan baik
Demikianlah penjelasan tentang Tiga Contoh Perwujudan Kerjasama dalam Lingkungan Masyarakat. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
2019+ Contoh Perwujudan Kerjasama di Lingkungan Masyarakat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment