Learn Science With Ilmusiana

6+ Perwujudan Sikap Tanggung Jawab dalam Pengembangan IPTEK

Tahukah kamu bagaimana perwujudan sikap tanggung jawab dalam pengembangan IPTEK? Tak bisa disangkal, kemajuan suatu bangsa ada kaitannya dengan keadaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dari bangsa tersebut. Bangsa yang menguasai IPTEK dengan baik, akan tampil sebagai bangsa yang unggul. Penguasaan terhadap IPTEK tentu saja dilakukan oleh Sumber Daya Manusia (SDM) masing-masing bangsa.

Pengembangan IPTEK

bagaimana perwujudan sikap tanggung jawab dalam pengembangan IPTEK

Semua bangsa di dunia berlomba untuk memajukan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Indonesia tidak boleh ketinggalan, setiap anak bangsa harus menunjukkan sikap tanggung jawab dalam pengembangan IPTEK. Peran pemerintah tentu saja sangat penting, yaitu menyediakan segala sarana dan prasarana pendukung pengembangan IPTEK.

Sekarang, bukan saatnya berleha-leha, tetapi kita harus berbuat agar Indonesia tidak semakin ketinggalan dalam bidang IPTEK. Sebagian besar teknologi yang kita gunakan saat ini berasal dari luar. Sepantasnya, Indonesia juga harus mampu menciptakan teknologi sendiri, mengingat dukungan SDM kita yang sangat besar. Tetapi, syaratnya adalah memajukan ilmu pengetahuan.

Pengembangan IPTEK bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi tanggung jawab seluruh komponen bangsa. Lantas, bagaimana perwujudan sikap tanggung jawab dalam pengembangan IPTEK? Karena itulah artikel ini hadir untuk memberikan beberapa contoh perwujudan sikap tanggung jawab terhadap pengembangan IPTEK.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini pembahasannya...

Perwujudan Sikap Tanggung Jawab dalam Pengembangan IPTEK

Pengembangan IPTEK tidak bisa dilakukan secara sembarangan, tetapi harus ditunjukkan juga sikap bertanggung jawab agar IPTEK berkembang ke arah yang baik dan benar. Oleh sebab itu, sikap tanggung jawab dalam pengembangan IPTEK penting untuk diketahui oleh siapa saja, agar kesadaran tentang IPTEK bisa terbangun. 

Berikut ini adalah beberapa bentuk perwujudan sikap tanggung jawab dalam pengembangan IPTEK:

1. Memperhatikan Etika Pengembangan IPTEK

IPTEK itu penting, tetapi pengembangannya harus memperhatikan etika. Sikap ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab dalam pengembangan IPTEK. Tujuannya adalah agar IPTEK tidak menabrak nilai-nilai moral yang berlaku dalam masyarakat. Pengembangan dan pemanfaatan IPTEK harus memperhatikan etika sosial kemanusiaan atau etika moral.

2. Memperhatikan Aspek Pelestarian Lingkungan

Salah satu bentuk sikap tanggung jawab dalam pengembangan IPTEK adalah memperhatikan segala aspek yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan dalam proses pengembangan IPTEK. IPTEK yang sedang dikembangkan jangan sampai menimbulkan pencemaran terhadap lingkungan hidup, pencemaran yang berakibat kerusakan ekosistem.

3. Memperhatikan Nilai Guna IPTEK

Sikap bertanggung jawab dalam pengembangan IPTEK bisa ditunjukkan dengan memperhatikan kegunaan IPTEK terhadap kemaslahatan masyarakat untuk kepentingan bersama. Dengan kata lain, pengembangan IPTEK harus terarah pada peningkatan kesejahteraan rakyat. Secara umum, ciri-ciri IPTEK yang memiliki nilai guna antara lain:
  • Bisa meringankan masalah manusia
  • Bisa menjadikan sesuatu lebih efektif dan efisien
  • Dapat meningkatkan kesejahteraan manusia
  • Dapat membantu manusia mencapai kemakmuran
  • Dapat menciptakan rasa aman bagi manusia

4. Meminimalisir Dampak Negatif IPTEK 

Sikap penting lainnya yang harus diperhatikan dalam proses pengembangan IPTEK adalah dampak negatif dari IPTEK itu sendiri. Para pengembang sebisa mungkin harus meminimalisir, bahkan kalau bisa menghilangkan segala dampak negatif yang mengiringi pengembangan IPTEK. Sikap ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab dalam proses pengembangan IPTEK.

5. Memperhatikan Nilai-Nilai Budaya

IPTEK adalah produk budaya manusia, maka sudah seharusnya pengembangan IPTEK juga harus memperhatikan nilai-nilai budaya. Dengan kata lain, terjadi hubungan timbal balik, nilai-nilai budaya mempengaruhi IPTEK dan IPTEK mempengaruhi nilai-nilai budaya. Maka, sudah seharusnya proses pengembangan IPTEK jangan sampai melanggar nilai-nilai budaya.

6. Memperhatikan Nilai-Nilai Agama

Salah satu sikap yang juga harus diperhatikan dalam proses pengembangan IPTEK adalah memperhatikan nilai-nilai agama. IPTEK memang penting bagi pembangunan untuk menuju pada tingkat kesejahteraan umat manusia, tetapi tanpa memperhatikan nilai-nilai agama, akan muncul suatu pemujaan terhadap IPTEK. Selain itu, pengembangan IPTEK yang tidak memperhatikan agama ditakutkan akan menabrak nilai-nilai suci yang diajarkan oleh agama.

Perkembangan IPTEK di Indonesia

Menurut Data Global Competitiveness Index, perkembangan IPTEK di Indonesia masih tergolong rendah. Indikatornya adalah Indonesia masih lemah dalam hal kesiapan teknologi dan pilar inovasi, serta bidang manufaktur yang belum menggunakan teknologi tinggi. IPTEK dengan segala dukungan sumber dayanya yang terdiri dari anggaran, jumlah dan kualitas peneliti dan perekayasa, hingga tingkat produktivitas IPTEK yang berhubungan dengan paten dan publikasi ilmiah masih belum optimal.

Padahal, IPTEK sangat penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga mampu menjadi penggerak daya saing bangsa. Oleh karena itu, dukungan semua pihak, khususnya pemerintah sangat diperlukan untuk mendorong proses pengembangan IPTEK di Indonesia. Dengan SDM dan SDA yang melimpah, Indonesia pasti bisa sejajar dengan negara-negara maju lainnya.

Pentingnya Pengembangan IPTEK di Indonesia

Indonesia adalah negara dengan luas wilayah, jumlah penduduk, dan kandungan sumber daya alam yang sangat besar. Untuk mengelola semua itu, diperlukan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tantangan terbesar Indonesia saat ini adalah bagaimana menjadikan masyarakat Indonesia bukan hanya unggul dari segi kuantitas, tetapi unggul juga dari segi kualitas.

Jika sumber daya manusia Indonesia telah terbangun, selanjutnya bisa mengelola sumber daya alam dengan baik. Saat ini, sebagian besar SDM kita dikelola oleh bangsa lain. Hal ini disebabkan oleh Indonesia belum siap secara SDM dan teknologi untuk mengelola SDA yang sedemikian besar ini. Sebut saja Freeport, sekian puluh tahun dikelola oleh bangsa asing, membawa pergi kekayaan emas Indonesia.

Bukan hanya dari segi pengelolaan SDA, Indonesia juga masih bergantung kepada negara lain untuk memenuhi kebutuhan teknologi sehari-hari. Hampir seluruh peralatan yang digunakan oleh masyarakat Indonesia diimpor dari negara luar, seperti handphone, televisi, motor, mobil, pesawat terbang, dan lain-lain.

Itulah sebabnya mengapa sehingga pengembangan IPTEK sangat penting untuk terus digalakkan di Indonesia. Pembinaan ilmu pengetahuan dilakukan dengan jalan pendidikan. Agar pendidikan dapat terselenggara dengan baik, maka perlu dukungan saran dan prasarana yang memadai. Hasilnya adalah kita akan menghasilkan lulusan-lulusan yang bisa menciptakan teknologi yang bermanfaat buat bangsa dan negara.

Manfaat Pengembangan IPTEK bagi Indonesia

Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh oleh bangsa Indonesia dalam proses pengembangan IPTEK, antara lain sebagai berikut:
  • Ilmu pengetahuan dan teknologi bangsa Indonesia menuju ke taraf yang lebih maju
  • Indonesia akan memiliki SDM berkualitas tinggi
  • Kekayaan alam Indonesia bisa dikelola secara mandiri
  • Ketergantungan terhadap impor teknologi bisa dikurangi
  • Bisa menghasilkan produk dengan kualitas ekspor
  • Indonesia akan sejajar dengan negara-negara maju lainnya

Dampak Negatif Pengembangan IPTEK bagi Indonesia

Tidak bisa dipungkiri, bahwa IPTEK juga memiliki beberapa dampak negatif yang harus diwaspadai. Dampak negatif tersebut lebih banyak disebabkan oleh pengguna yang kurang bijak dalam menggunakan teknologi. Jadi, bukan teknologinya yang salah, tetapi manusialah yang tidak mengikuti tuntunan moral ketika menggunakan teknologi. Contoh dampak negatif dari teknologi, antara lain sebagai berikut:
  • Meningkatnya aktivitas pornografi, khususnya di internet
  • Merenggangkan hubungan sosial di kehidupan nyata
  • Radiasi dari berbagai perangkat teknologi berbahaya bagi kesehatan 
  • Ancaman kerusakan lingkungan akibat pengelolaan limbah industri yang kurang baik
  • Penyalahgunaan teknologi untuk penipuan
Demikianlah penjelasan tentang Perwujudan Sikap Tanggung Jawab dalam Pengembangan IPTEK. Bagikanlah informasi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
6+ Perwujudan Sikap Tanggung Jawab dalam Pengembangan IPTEK Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment