Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Mengapa Kita Harus Mengimani Malaikat Allah Swt

Tahukah kamu mengapa kita harus mengimani malaikat Allah Swt? Malaikat adalah salah satu makhluk ciptaan Allah yang terbuat dari cahaya. Dalam Islam, iman kepada malaikat merupakan salah satu perintah yang wajib dilaksanakan. Setiap muslim harus percaya dan meyakini sepenuh hati bahwa malaikat itu benar-benar ada, meskipun keberadaannya tidak kasat mata. Malaikat termasuk salah satu perkara gaib yang dikenal dalam islam.

Mengapa Kita Harus Mengimani Malaikat Allah Swt

Dengan mengimani malaikat, itu artinya kita menjaga iman Islam kita. Agama islam yang mulia ini dibangun dengan 5 rukun Islam dan 6 rukun iman. Semua ajarannya disampaikan Allah Swt dalam Al-Qur'an yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw melalui perantara malaikat Jibril. Dari sini kita bisa mengetahui tugas penting dari malaikat sebagai makhluk yang selalu patuh dan taat mengerjakan perintah Allah. 

Nah, pada kesempatan ini kami akan jelaskan alasan mengapa kita harus mengimani malaikat Allah Swt. Semoga setelah membaca uraian ini, iman kita kepada malaikat semakin kuat.

Alasan Kita Harus Mengimani Malaikat Allah Swt 

Ada beberapa alasan mengapa sehingga kita harus mengimani malaikat Allah Swt, antara lain sebagai berikut:

1. Termasuk Rukun Iman

Kita harus mengimani malaikat Allah Swt karena perintah ini termasuk ke dalam rukun iman. Artinya, iman kepada malaikat adalah salah satu syarat lengkapnya iman seorang muslim. Jika seseorang tidak mengimani malaikat, maka orang tersebut tidak dikatakan sebagai orang yang beriman atau mukmin. Perintah mengimani malaikat ini termuat dalam hadits Rasulullah Saw yang berbunyi:
Berimanlah kepada Allah, kepada malaikat-malaikat, kepada kitab-kitab, kepada rasul, kepada hari kemudian, dan kepada takdir, yang baik dan yang buruk." (HR. Muslim)

2. Bagian dari perkara ghoib 

Alasan kedua mengapa kita harus mengimani malaikat Allah Swt adalah karena ini merupakan salah satu perkara ghoib yang dikenal dalam Islam. Perkara ghoib adalah hal-hal yang tidak tertangkap oleh pancaindera, tetapi wujudnya benar-benar ada. Seorang muslim diperintahkan untuk meyakini perkara ghoib tersebut sebagai bagian dari iman. Seperti yang dijelaskan oleh Allah Swt melalui firmanNya dalam surat Al-Baqarah ayat 3, yang artinya:
"(yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka." (QS. Al-Baqarah ayat 3)

3. Bukti ketaatan kepada perintah Allah

Alasan ketiga mengapa kita harus mengimani malaikat Allah Swt adalah sebagai bukti ketaatan kita kepada perintah Allah Swt. Meskipun kita tidak bisa melihat wujud malaikat, tetapi kita percaya bahwa makhluk tersebut adalah ciptaan Allah yang benar-benar ada. Meyakini keberadaannya sama artinya dengan kita percaya dengan kebesaran Allah Swt.

4. Membuat kita selalu berhati-hati

Dengan mengimani malaikat, membuat kita selalu berhati-hati dalam bersikap karena kita percaya bahwa ada malaikat yang ditugaskan Allah Swt mencatat seluruh amal perbuatan kita. Malaikat tersebut adalah malaikat Roqib sebagai pencatat amalan baik dan malaikat Atid sebagai pencatat amalan buruk.

5. Sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah

Mengimani malaikat juga dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. Setiap muslim yang selalu berhati-hati dalam menjalani kehidupan akan berusaha taat dan patuh kepada perintah Allah dan menjauhi segala larangan yang bisa mendatangkan dosa. Jika hal ini bisa dilakukan secara konsisten, maka kedekatannya kepada Allah semakin bertambah.

Demikianlah penjelasan tentang Mengapa Kita Harus Mengimani Malaikat Allah Swt. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat. 
[Jawaban] Mengapa Kita Harus Mengimani Malaikat Allah Swt Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment