Learn Science With Ilmusiana

3+ Arti Penting Perdamaian Dunia Bagi Kemajuan Sebuah Negara

Bisakah kamu jelaskan arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara? Pertanyaan ini sering di ajukan oleh pelajar di forum pembelajaran online dan jawabannya juga telah tersedia di sana. Mungkin, jawaban itulah yang dipakai secara beramai-ramai oleh seluruh pelajar di Indonesia. Bisa kamu bayangkan, setiap pelajar memakai jawaban yang sama, berulang setiap tahun.

Perdamaian Dunia

jelaskan arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara

Inilah kekurangan dari forum pembelajaran online, khususnya yang sudah terkenal itu (pasti kamu tahu yang kami maksud). Padahal, sebenarnya pertanyaan tentang jelaskan arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara sangat mudah untuk dijawab. Kamu hanya perlu mencari tahu apa itu perdamaian dunia dan apa kaitannya dengan kemajuan sebuah negara.

Namun, kebanyakan dari pelajar memang lebih suka yang instan. Pokoknya, yang mereka mau adalah cara paling mudah, ketik pertanyaannya di google, kemudian catat jawabannya. Jika kamu terus memakai cara seperti ini, maka otak dan daya nalar kamu tidak akan berkembang. Kamu tidak bisa tumbuh sebagai seorang pelajar yang mandiri.

Lantas, apa arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara? Dalam artikel kali ini kami akan memberikan penjelasannya. Artikel ini sengaja kami buat untuk memperbarui jawaban yang lebih dulu ada di google. Berdasarkan pengamatan kami, jawaban itu sudah terlalu lama tidak diperbarui. Istilah kerennya udah saturate.
Yuk, berikut ini pembahasannya...

Jelaskan Arti Penting Perdamaian Dunia Bagi Kemajuan Sebuah Negara

Sebelum kita masuk ke inti pembahasan, kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa itu perdamaian dunia. Oleh karena itu, kita akan buka pembahasan ini dengan pengertian perdamaian dunia. Setelah itu, akan dilanjutkan dengan manfaat perdamaian dunia. Barulah setelah itu, kita akan masuk pada inti penjelasan mengenai arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara.

Pengertian Perdamaian Dunia

Apa yang ada dibayangan kamu saat mendengar kata perdamaian dunia? Yah benar, kondisi yang aman, damai, tentram, dan bahagia. Dunia yang damai artinya dunia yang jauh dari konflik atau dunia tanpa perang. Semua negara-negara hidup rukun, saling menghormati antara satu dengan yang lainnya.

Di Wikipedia tertulis, bahwa perdamaian dunia adalah sebuah gagasan kebebasan, perdamaian, dan kebahagiaan bagi seluruh negara dan/atau bangsa. Cobalah perhatikan setiap kata dari pengertian perdamaian dunia ini, seluruh gagasannya sungguh mulia. Tujuan akhir dari perdamaian dunia adalah kebahagiaan total yang harus dirasakan oleh seluruh negara dan/atau bangsa, tanpa terkecuali.

Syarat Terwujudnya Perdamaian Dunia

Pada hakekatnya kepentinganlah yang menjadi pangkal tiap penentuan perdamaian. Syarat terwujudnya Perdamaian Dunia adalah adanya kemerdekaan dan keadilan yang dirasakan oleh seluruh negara dan/atau bangsa. Tidak ada negara dan/atau bangsa yang menjajah bangsa lain. Haruslah diakui seikhlas-ikhlasnya hak tiap-tiap bangsa untuk menentukan nasibnya sendiri.

Tata hubungan internasional harus dibangun sehingga semua bangsa dapat hidup berdampingan secara damai. Sengketa antar negara harus ditekan seminimal mungkin. Kalaupun ada sengketa, maka harus diselesaikan dengan cara-cara damai dan manusiawi, yang tidak merugikan pihak-pihak yang bersengketa.

Arti Penting Perdamaian Dunia Bagi Kemajuan Sebuah Negara

Perdamaian merupakan salah satu syarat tercapainya stabilitas sosial menuju suatu kemajuan dan kemakmuran. Negara akan maju apabila kondisi negara yang bersangkutan stabil secara sosial dan politik. Sementara itu, perdamaian dunia ikut mempengaruhi kondisi stabilitas suatu negara. Dunia yang bebas dari konflik akan membuat suatu negara leluasa membuat kerja sama yang saling menguntungkan dengan negara lain.

Contoh kerja sama tersebut antara lain kerja sama di bidang ekonomi, seperti ekspor dan impor barang / jasa. Kegiatan tersebut akan menghasilkan pemasukan (devisa) bagi negara. Kas negara akan bertambah sehingga dapat digunakan untuk membangun atau membiayai segala kebutuhan negara, seperti; infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan lain-lain. Negara disebut maju jika mampu memenuhi semua kebutuhan ini.

Arti Perdamaian Dunia Bagi Indonesia 

Perdamaian dunia sangat berarti bagi Indonesia, bahkan hal ini telah menjadi misi Indonesia sejak pertamakali diproklamasikan. Sebagaimana yang disebutkan di dalam Pembukaan UUD NRI 1945 aline ke-IV yang berbunyi: "....melaksanakan ketertiban dunia, yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial".

Jadi, bagi Indonesia perdamaian dunia bukanlah slogan belaka. Indonesia menginginkan dunia yang tertib, di mana seluruh negara dan bangsa berdiri di atas kemerdekaan. Indonesia meyakini bahwa untuk mewujudkan semua itu maka perdamaian dunia dan keadilan sosial harus diwujudkan.

Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia

Di kancah internasional, Indonesia mencatatkan diri sebagai negara yang turut berperan aktif dalam usaha mencapai perdamaian dunia. Beberapa contoh peran Indonesia dalam perdamaian dunia, antara lain:
  1. Menggagas dibentuknya Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955. Konfrensi pertama dilaksanakan di Indonesia, tepatnya di Kota Bandung.
  2. Menjadi pelopor dibentuknya Gerakan Non-Blok, yaitu sebuah gerakan yang tidak memihak pada blok manapun di dunia.
  3. Ikut mendirikan organisasi Asia Tenggara atau ASEAN, yang salah satu tujuannya adalah menjalin kerja sama antar sesama negara Asia Tenggara
  4. Indonesia menjadi salah satu negara pengirim pasukan perdamaian dengan nama Kontingen Garuda (KONGA).
  5. Menjadi salah satu anggota PBB dan dewan keamanan PBB yang bertanggung jawab pada perdamaian dunia
  6. Mendirikan pusat perdamaian dan keamanan di Indonesia, tepatnya di Sentul, Bogor 
  7. Berperan aktif dalam mendamaikan konflik yang terjadi di negara lain 

Kesimpulan

Jadi, arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara dapat dirangkum ke dalam 3 poin, yaitu:
  1. Sebagai syarat tercapainya stabilitas sosial dan politik
  2. Perdamaian dunia akan membuat suatu negara leluasa menjalin kerja sama internasional
  3. Kegiatan ekspor dan impor dari negara lain berlangsung secara aman membuat perekonomian sebuah negara terus berputar
Demikianlah penjelasan tentang Jelaskan Arti Penting Perdamaian Dunia Bagi Kemajuan Sebuah Negara. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat. 
3+ Arti Penting Perdamaian Dunia Bagi Kemajuan Sebuah Negara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment