Learn Science With Ilmusiana

10+ Contoh Kegiatan Mau Hidup Bersama Warga Sekitar

Bisakah kamu berikan contoh kegiatan mau hidup bersama dengan warga sekitar? Pertanyaan ini banyak diajukan oleh pelajar di forum pembelajaran online. Sebenarnya, sangat mudah untuk menjawabnya. Kamu sebutkan saja kegiatan-kegiatan yang sering kamu lakukan bersama dengan warga di lingkungan sekitar tempat tinggal. Di sekitar rumah kamu pasti ada warga lain bukan?

Hidup Bersama Warga

Contoh Kegiatan Mau Hidup Bersama Warga Sekitar

Ada banyak contoh kegiatan yang bisa disebutkan berkaitan dengan hidup bersama dengan warga sekitar. Dalam sebuah lingkungan, tentu saja rumah kita bukanlah satu-satunya rumah yang menempati lingkungan tersebut. Tidak jauh dari rumah kita, berdiri juga rumah-rumah lainnya yang ditempati oleh keluarga berbeda. 

Nah, merekalah yang dimaksud dengan warga sekitar, yaitu tetangga kita. Setiap hari, pasti kita berinteraksi dengan mereka. Contoh paling sederhana adalah mengobrol atau bercakap-cakap. Namun, bisa juga kita bersama dengan mereka terlibat dalam sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh RT, RW, kelurahan, atau desa tempat kita tinggal.

Di antara sekian banyak kegiatan tersebut, terdapat beberapa contoh yang mencerminkan mau hidup bersama dengan warga sekitar. Apa saja itu? Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa contoh kegiatan mau hidup bersama warga sekitar. Semoga bisa menjadi inspirasi dalam membangun pergaulan yang baik dengan sesama warga.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini pembahasannya...

Contoh Kegiatan Mau Hidup Bersama Warga Sekitar 

Berikut ini adalah 10 contoh kegiatan yang mencerminkan mau hidup bersama dengan warga sekitar:

1. Kerja Bakti Membersihkan Lingkungan

Salah satu contoh kegiatan yang menunjukkan kesediaan untuk hidup bersama dengan warga sekitar adalah kerja bakti membersihkan lingkungan. Seperti yang kita tahu, tidak ada lingkungan yang bebas dari sampah. Kebanyakan dari sampah tersebut berasal dari kegiatan rumah tangga. Sudah menjadi tanggung jawab kita bersama warga sekitar untuk membersihkannya.

2. Gotong Royong Memperbaiki Jalan

Tidak jarang, jalanan yang terletak di lingkungan sekitar tempat tinggal kita rusak atau berlubang. Kondisi tersebut bisa sangat berbahaya jika tidak segera diatasi. Ada banyak kasus kecelakaan yang disebabkan oleh jalanan berlubang. Selain itu, kita sebagai warga yang tinggal di lingkungan itu juga akan terganggu saat melintas di jalan tersebut. Maka, kita bersama dengan warga sekitar sebaiknya bergotong royong untuk memperbaikinya.

3. Ikut dalam Kegiatan Siskamling

Keamanan lingkungan merupakan tanggung jawab seluruh warga. Oleh karena itu, bentuk kegiatan yang bisa dilakukan untuk menjaga keamanan lingkungan adalah mengadakan kegiatan siskamling. Semua warga harus bersedia mengikut kegiatan tersebut, tanpa terkecuali. Hal ini mencerminkan kita mau hidup bersama dengan warga sekitar.

4. Menjenguk Warga yang Sedang Sakit

Dalam kehidupan bertetangga, sering kali ada salah seorang warga yang jatuh sakit. Maka, sebagai tetangga yang baik, sebaiknya kita datang berkunjung untuk menjenguknya. Kedatangan kita bisa membesarkan hatinya, menjadi penyemangat untuk lekas sembuh.

5. Membantu Warga yang Ditimpa Musibah

Contoh kegiatan lainnya yang mencerminkan sikap mau hidup bersama dengan warga sekitar adalah membantu warga yang sedang ditimpa musibah. Dengan begitu, kesusahan warga yang mendapat musibah tersebut bisa sedikit diringankan berkat bantuan kita.

6. Menjalin Silaturahmi dengan Warga Sekitar

Warga yang baik adalah warga yang menjalin silaturahmi dengan warga sekitarnya. Saling berkunjung, bercakap, atau mengobrol merupakan contoh paling sederhana dari kegiatan silaturahmi. Dengan begitu, maka kerukunan hidup bertetangga akan tetap terjaga.

7. Melayat Ketika Ada Warga yang Meninggal

Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang ada salah seorang warga di sekitar kita yang meninggal dunia. Kegiatan yang bisa dilakukan adalah berkunjung melayat menyampaikan ucapan belasungkawa kepada keluarga yang ditinggalkan.

8. Mengikuti Kegiatan Musyawarah

Musyawarah adalah kegiatan yang sering dilaksanakan di kantor kelurahan atau desa. Biasanya, kegiatan ini untuk membicarakan masalah-masalah yang berkaitan dengan kelurahan atau desa tempat kita tinggal. Sebagai salah satu warga, sebaiknya kita mengikut kegiatan tersebut sebagai bukti bahwa kita mau hidup bersama warga sekitar.

9. Berpartisipasi dalam Perayaan Hari-hari Besar

Misalnya, dalam perayaan hari besar kemerdekaan, sering dilaksanakan berbagai macam lomba untuk memperingatinya. Sebaiknya, kita bersamaa dengan warga lainnya ikut berpartisipasi dalam perayaaan tersebut sebagai bentuk solidaritas antar sesama warga.

10. Menaati Peraturan RT/RW

Dalam setiap RT atau RW pasti ada peraturan yang berlaku. Semua warga harus menaati peraturan tersebut tanpa terkecuali, termasuk kita sendiri. Ini merupakan contoh kegiatan mau hidup bersama warga sekitar.
Demikianlah penjelasan tentang Contoh Kegiatan Mau Hidup Bersama Warga Sekitar. Bagikan informasi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
10+ Contoh Kegiatan Mau Hidup Bersama Warga Sekitar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment