Learn Science With Ilmusiana

20 Gunung Tertinggi di Indonesia (Data Lengkap)

loading...
Advertisement



Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki beberapa gunung tertinggi yang tersebar di hampir semua pulau di Indonesia, seperti Papua, Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Bali, NTT, dan NTB. Deretan gunung tersebut menjulang tinggi ribuan meter di atas permukaan laut sebagai hasil dari keadaan geologi Indonesia yang terbilang unik. Indonesia adalah negara tempat bertemunya 3 lempeng tektonik terbesar di dunia, yaitu lempeng Eurasia, Lempeng Pasific, dan Lempeng Indo-Australia. Semua lempengan ini bergerak sangat aktif, saling bertumbukan satu sama lain. Peristiwa tektonik tersebut selanjutkan membentuk deretan pegunungan-pegunungan dengan puncak tertinggi di Indonesia.

Misalnya saja, gunung-gunung yang ada dipulau Jawa, Sumatera, dan Nusatenggara adalah hasil dari bertemunya lempeng Eurasia dan Indo-Australia. Begitupun dengan gunung-gunung tinggi yang di pulau Papua dan Maluku merupakan hasil dari tumbukan lempeng Indo-Australia dan Pasific. Di antara semua gunung tersebut, terdapat gunung merapi, baik yang sudah mati maupun yang masih aktif meletus hingga kini. Untuk Anda ketahui, Indonesia saat ini memiliki 400 gunung api dan 130 di antaranya adalah gunung berapi aktif.

Banyaknya gunung-gunung tinggi di Indonesia juga disebabkan oleh letak Indonesia sebagai wilayah yang dilewati oleh dua jalur pegunungan utama dunia, yaitu sirkum pasifik dan sirkum mediterania. Sirkum Pasifik melewati pulau Maluku, Sulawesi, sampai Papua. Sedangkan, sirkum Mediterania melewati Pulau Nusa Tenggara, Jawa, sampai Sumatera.

Karakteristik pegunungan yang tersebar di seluruh Pulau Indonesia juga berbeda-beda. Masing-masing pulau memiliki gunung dengan keunikan tersendiri akibat dari bentang alam dan kondisi geologi yang tidak sama antara satu sama lain. Misalnya saja, di Pulau Jawa gunung-gunungnya membentang di bagian selatan, barat, dan tengah. Di antara gunung tersebut diselingi oleh dataran rendah dan lembah. Gunung yang ada di Pulau Jawa umumnya merupakan pegunungan kapur. Pulau Jawa juga tercatat sebagai pemiliki gunung api terbanyak di Indonesia, yaitu sebanyak 35 buah yang masih aktif sampai sekarang.

Lain lagi keadaan di Pulau Kalimantan, gunung-gunungnya tercatat lebih tua dari pada gunung yang ada di Pulau Jawa. Pulau Kalimantan tidak terdapat gunung api yang masih aktif. Sedangkan, di Pulau Sulawesi gunung-gunung tersebar di hampir semua semenanjungnya, dengan ketinggian rata-rata di atas 3000 meter dpl. 18 di antaranya adalah gunung api yang masih aktif. Di Pulau Papua, pegunungan tinggi membujur dari pulau barat dan timur. Di Papua-lah banyak terdapat puncak-puncak tertinggi.

Gunung-gunung di Indonesia juga berbeda dalam hal iklim sebagai akibat dari perbedaan ketinggian. Sebagaimana yang umum diketahui, iklim yang ada di wilayah pegunungan akan lebih dingin linear dengan naiknya ketinggian. Iklim dingin-sejuk ini disebabkan oleh pemanasan matahari terhadap bumi yang cenderung terjadi secara radiasi. Bahkan, saking dinginnya, ada gunung di Indonesia yang diselimuti salju abadi.

Dari sekian banyak gunung yang ada di Indonesia, beberapa di antaranya menjadi favorit para pendaki dan wisatawan. Ada yang bertujuan untuk menaklukkan tingginya gunung tersebut, ada juga yang sekedar ingin menikmati pemandangan dengan hawa sejuk khas pegunungan. Sebut saja gunung bromo, gunung yang akan menawarkan sejuta keindahan. Meskipun statusnya sebagai gunung merapi aktif, namun itu tidak menyurutkan niat para pendaki untuk pergi kesana. Tidak kurang dari 500 ribu orang pertahun yang mengunjungi gunung dengan tinggi 2.329 meter ini.

Lantas, di antara semua gunung tersebut, gunung apakah yang memegang rekor sebagai gunung tertinggi di Indonesia? Yuk, silahkan temukan jawabannya lewat uraian dibawah ini:

20 Gunung Tertinggi di Indonesia

Dari ratusan gunung di Indonesia, kami telah menyeleksi 20 gunung yang memiliki predikat paling tinggi se-Indonesia. Kita akan mulai daftar ini dari urutan paling buncit dulu:

20. Gunung Agung (3.031 mdpl)

Gunung Agung tertinggi di Indonesia

Di urutan ke-20 sebagai gunung tertinggi di Indonesia adalah Gunung Agung. Gunung ini terletak di Pulau Bali, tepatnya di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali. Di ukur dari permukaan laut, Gunung Agung tingginya sekitar 9.944 ft atau 3.031 mdpl. Di atas gunung yang bertipe Stratovolkano ini terdapat sebuah Pura terpenting di Pulau Bali, yaitu Pura Besaikh. Jika Anda naik ke puncak gunung ini, maka Anda bisa melihat dengan jelas puncak Gunung Rinjani yang terletak di Nusa Tenggara Barat.

19. Gunung Ciremai (3.084 mdpl)

gunung ciremai tertinggi di Indonesia

Gunung selanjutnya yang tertinggi di Indonesia adalah Gunung Ciremai. Gunung yang terletak di Provinsi Jawa Barat ini memiliki ketinggian sekitar 10.098 ft atau 3.084 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung Ciremai adalah salah satu gunung api yang masih aktif, berbentuk kerucut, dan di atasnya terdapat kawah ganda, yaitu kawah timur dengan lebar 400 meter dan kawah barat yang memiliki lebar 600 meter. Ketika Anda naik pada ketinggian 2.900 meter, maka Anda akan menemukan sebuah titik bekas letusan masa lalu yang telah membentuk gowa. Oleh orang-orang sekitar, gowa tersebut diberinama Gowa Walet. Sekarang ini, gunung tertinggi di Jawa Barat tersebut ditetapkan pemerintah sebagai kawasan Taman Nasional Gunung Ceremai (TNGC).

18. Gunung Sindara (3.136 mdpl)

gunung sindara tertinggi di Indonesia

Di urutan 18 gunung tertinggi di Indonesia diisi oleh gunung Sindara (Sindoro/Sundoro). Gunung ini terletak di Provinsi Jawa Tengah, dan termasuk ke dalam jenis gunung api yang sedang tidur. Letusan terakhirnya terjadi pada tahun 1971. Di atas permukaan laut, ketinggian gunung Sindara mencapai 10.289 ft atau sekitar 3150 mdpl. Di sisi selatan ke barat laut gunung, dapat ditemukan kawah-kawah yang disertai jurang. Kawah terbesar disebut Kembang. Hingga saat ini, kita masih dapat menemukan sebuah kubah lava kecil pada puncaknya.

17. Gunung Merbabu (3.142 mdpl)

gunung merbabu tertinggi di Indonesia

Urutan selanjutnya dalam daftar gunung tertinggi di Indonesia adalah gunung Merbabu. Sebuah gunung api tipe strato yang terakhir kali meletus pada tahun 1797. Gunung Merbabu terletak di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah dengan ketinggian 10.318 ft atau 3.142 mdpl. Gunung ini cukup populer di kalangan para pendaki, medannya tidak terlalu berat. Namun, para pendaki harus waspada dengan kabut tebal, udara dingin, ketiadaan sumber air, dan hutan yang tidak mendukung untuk sarana survival karena jenis tumbuhannya yang homogen.

16. Gunung Dempo (3.173 mdpl)

gunung dempo tertinggi di Indonesia

Tertinggi ke-16 ditempati oleh gunung Dempo. Gunung ini terletak di perbatasan provinsi Sumatera Selatan dan Bengkulu. Gunung jenis stratovolcano menjulang tinggi dengan ketinggian 3.173 di atas permukaan laut. Untuk mencapai puncaknya, dibutuhkan waktu 5-6 jam dengan berjalan kaki. Para pendaki akan disuguhi pemandangan indah, akan tampak dari puncak hamparan provinsi Bengkulu dan Lautan Hindia. Para pendaki tidak perlu khawatir kehabisan air minum sebab di gunung ini sangat mudah ditemukan sumber mata air jernih yang bisa diminum.

15. Gunung Lawu (3.265 mdpl)

gunung lawu tertinggi di Indonesia

Urutan selanjutnya dalam daftar gunung tertinggi di Indonesia adalah gunung Lawu. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.265 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung Lawu terletak di perbatasan Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. Termasuk ke dalam salah satu gunung api semi-aktif, letusan terakhirnya terjadi pada tahun 1885. Terdapat 3 puncak yang sering menjadi sasaran pendaki, yaitu puncak Hargo Dumilah, Hargo Dalem, dan Hargo Dumiling. Para pendaki akan menemukan uap air dan belerang di lereng-lerengnya. Gunung ini menjadi salah satu tempat wisata sejarah karena terdapatnya Candi Cetho dan Candi Sukuh pada sisi barat.

14. Gunung Raung (3.344 mdpl) 

gunung raung tertinggi di Indonesia

Gunung Raung menempati posisi ke-14 sebagai gunung tertinggi di Indonesia. Gunung yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini menjulang tinggi 3.344 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung ini termasuk gunung merapi aktif, letusan terakhirnya terjadi pada tahun 2015 lalu. Jenis letusannya adalah Strombolian, yaitu letusan kecil secara terus-menerus sambil mengeluarkan pijar. Puncak gunung rawu memiliki sistem kawah terbuka yang menyebabkan lava pijar hasil letusan kembali lagi ke dalam kawah.

13. Gunung Yaramamafaka (3.370 mdpl)

Gunung Yaramamafaka tertinggi di Indonesia

Gunung Yaramamafaka adalah salah gunung tertinggi yang terletak di Pulau Papua. Gunung ini menempati posisi ke-13 sebagai gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.370 mdpl. Gunung Yaramamafaka berada sangat dekat dengan puncak gunung tertinggi lainnya di Papua, seperti Gunung Mandala, Gunung Jawa, dan lain-lain.

12. Gunung Sumbing (3.371 mdpl)

gunung sumbing tertinggi di Indonesia

Gunung tertinggi selanjutnya adalah Gunung Sumbing, menempati posisi ke-12 dalam daftar ini. Gunung Sumbing termasuk ke dalam salah satu gunung api yang berdiri tegak pada ketinggian 3.371 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung ini terletak di Provinsi Jawa Tengah, pada tiga kabupatan sekaligus, yaitu Kabupaten Temanggung, Wonosobo, dan Magelang. Gunung ini juga menjadi favorit para pendaki melewati desa Garung di kaki gunung Sumbing. Pada lereng-lerengnya, banyak ditemukan lahan pertanian warga.

11. Gunung Slamet (3.428 mdpl)

gunung slamet tertinggi di Indonesia

Posisi ke-11 gunung tertinggi di Indonesia adalah Gunung Slamet. Gunung ini merupakan gunung yang paling tinggi di Jawa Tengah. Berdiri tegak dengan ketinggian 3.428 meter di atas permukaan laut. Gunung ini merupakan gunung merapi aktif jenis stratovolcano, pernah mencapai level waspada pada tahun 2014 lalu. Bagi para pendaki, kawasan gunung Slamet sangat populer meskipun harus melewati medan pendakian yang cukup sulit. Di kaki gunung ini pula terdapat kawasan wisata Baturraden yang menjadi andalan Kabupaten Banyumas.

10 Besar Gunung Tertinggi di Indonesia

10. Gunung Latimojong (3.478 mdpl)

gunung latimojong tertinggi Indonesia

Gunung Latimojong menempati posisi ke-10 sebagai gunung tertinggi di Indonesia. Terletak tepat di tengah-tengah Provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di Kabupaten Enrekang. Gunung ini merupakan gunung paling tinggi di Sulawesi Selatan dengan ketinggian 3.478 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung ini membentang dari selatan ke utara. Di selatan adalah Kabupaten Sidrap, di Utara adalah Kabupaten Tana Toraja, di Barat adalah Kabupaten Enrekang, dan di sebelah timur adalah Kabupaten Luwu. Puncak tertingginya bernama Rante Mario. Para pendaki yang berniat naik puncak Latimojong harus ekstra hati-hati. Medan yang cukup sulit serta banyaknya persimpangan jalan sehingga rawan membuat pendaki tersesat.

9. Gunung Sanggar (3.492 mdpl)

gunung sanggar tertinggi di Indonesia

Di posisi ke-9 sebagai gunung tertinggi di Indonesia ditempati oleh salah satu gunung yang terletak di NTB, yaitu Gunung Sanggar. Meskipun masuk ke dalam jajaran gunung tertinggi dengan ketinggian 3.492 meter di atas permukaan laut (mpdl), namun nama gunung Sanggar kurang populer, tenggelam oleh kepopuleran gunung Rinjani yang terletak di kawasan yang sama. Padahal, gunung Sanggar juga akan menyuguhkan petualangan pendakian serta pemandangan indah yang tidak kalah dengan gunung Rinjani. Buat para pecinta "atap-atap langit", maka gunung ini layak untuk di coba.

8. Gunung Semeru  (3.676 mdpl)

gunung semeru tertinggi di indonesia

Gunung tertinggi selanjutnya adalah gunung Semeru, menempati posisi ke-9 dalam daftar ini. Gunung Semeru terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Berdiri tegak dengan ketinggian puncak 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Secara administratif, gunung Semeru mencakup 2 kabupaten di Jawa Timur, yaitu Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Gunung ini termasuk ke dalam gunung merapi aktif tipe Stratovolcano di Pulau Jawa dan tertinggi ketiga di Indonesia. Letusan terakhirnya terjadi pada tahun 2008 lalu. Gunung Semeru menjadi salah satu favorit para pendaki. Dibutuhkan waktu sekitar 4-5 hari pergi-pulang untuk bisa sampai ke puncaknya yang diberinama Mahameru.

7. Gunung Rinjani (3.726 mdpl)

gunung rinjani tertinggi indonesia

Di posisi ke-7 sebagai gunung tertinggi di Indonesia adalah Gunung Rinjani. Bersama-sama dengan Gunung Sanggar, Rinjani terletak di Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Gunung merapi tertinggi kedua di Indonesia ini menjadi favorit para pendaki. Disepanjang perjalanan mencapai puncak, gunung Rinjani menawarkan keindahan pemandangan dan udara sejuk khas pegunungan. Gunung Rinjani menjadi salah objek wisata andalan di Pulau Lombok, tidak kurang dari 100 ribu orang/tahun mengunjungi gunung ini. Apalagi pemerintah juga telah menetapkannya sebagai kawasan taman nasional.

6. Gunung Kerinci (3.805 mdpl)

gunung kerinci tertinggi di indonesia

Di urutan ke-6 sebagai gunung tertinggi di Indonesia ditempati oleh gunung Kerinci. Gunung yang terletak di Provinsi Jambi ini berdiri tegak dengan tinggi 3.805 meter dari permukaan laut (mdpl). Gunung tertinggi di Pulau Sumatera dan menjadi gunung api tertinggi di Indonesia. Di gunung ini terdapat kawah seluas 400 x 120 meter dengan airnya yang berwarna hijau. Untuk mencapai puncaknya, maka para pendaki dapat menempuh jalur darat dari Jambi menuju melalui Bangko. Para pengunjung akan dimanjakan oleh keindahan panorama serta kekayaan flora dan fauna khas gunung Kerinci. Jika mencapai puncak, samudra Hindia yang luas bisa terlihat dengan jelas.

5. Gunung Yamin (4.595 mdpl)

gunung yamin tertinggi indonesia

Urutan selanjutnya dalam daftar gunung tertinggi di Indonesia adalah Gunung Yamin. Dengan tinggi sekitar 4595 meter dari permukaan laut, gunung Yamin menjadi gunung tertinggi ke-6 di Indonesia. Gunung Yamin terletak di Pulau Papua, membentang mulai dari Papua Barat hingga ke negara tetangga, Papua Nugini. Gunung Yamin menjadi salah satu puncak di deretan pegunungan Jayawijaya yang diselimuti salju.

4. Puncak Idenberg / Ngga Pilimsit / Merah Putih (4.626 mdpl)

gunung idenberg tertinggi indonesia

Salah satu gunung yang ada di Papua memiliki puncak yang bernama Puncak Idenburg. Puncak yang memiliki tinggi 4.626 meter dari permukaan laut ini adalah puncak tertinggi ke-4 di Indonesia. Salah satu puncak yang paling sulit ditaklukkan oleh para pendaki Indonesia. Namun, pada tahun 2009 sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam Tim Ekspedisi Pecinta Alam Universitas Katolik Parahyangan berhasil menaklukkannya. Untuk mengenang keberhasilan tersebut, Puncak Idenburg berganti nama menjadi Puncak Merah Putih.

3. Puncak Trikora / Ettiakup (4.751 mdpl)


Di urutan selanjutnya sebagai gunung tertinggi di Indonesia adalah Puncak Trikora. Salah satu gunung yang terdapat di Provinsi Papua Barat yang berdiri tegak setinggi 4.751 meter dari permukaan laut. Dengan tinggi tersebut, puncak trikora menjadi gunung tertinggi ke-3 di Indonesia. Pada zaman kolonial Belanda, puncak ini diberinama Puncak Wilhelmina. Jalur menuju puncak yang keras membuat para pendaki selalu tertantang untuk menaklukkannya. Suhu di puncak ini bisa mencapai 3 derajat celcius yang bisa membekukan para pendaki. Puncak ini terakhir kali ditaklukkan pada tahun 2016 oleh Tim Ekspedisi Sumpah Pemuda Universitas Negeri Jakarta.

2. Puncak Mandala (4.760 mdpl)

puncak mandala tertinggi di indonesia

Pulau Papua memang sangat kaya dengan puncak-puncak gunung tertinggi. Di urutan ke-2 sebagai gunung tertinggi di Indonesia ditempati oleh Puncak Mandala yang berdiri tegak setinggi 4.760 meter dari permukaan laut (mdpl). Gunung ini masih merupakan gabungan dari puncak-puncak yang berada pada pegunungan Jayawijaya. Suhu yang rendah membuat puncak ini selalu diselimuti salju. Namun, saat ini luasan salju terus berkurang akibat dari pemanasan global.

1. Puncak Jaya / Carstensz Pyramid (4.884 mdpl)

Puncak Jaya  Carstensz Pyramid tertinggi indonesia

Nah, sampailah kita pada gunung tertinggi di antara semua gunung yang ada di Indonesia. Predikat ini dimiliki oleh sebuah puncak yang ada di Pulau Papua yang bernama Puncak Jaya atau Cartenzs Pyramid. Berada pada barisan Sudirman, puncak ini berdiri tegak dengan tinggi 4.884 meter dari permukaan laut. Puncak Jaya sangat populer hingga ke mancanegara karena menjadi salah satu dari tujuh puncak dunia (Seven Summits). Nama Cartenzs merujuk kepada sebuah ekspedisi yang diprakarsai oleh Belanda pada tahun 1936 yang berhasil mencapai puncak ini. Selanjutnya, pada tahun 1963 berganti nama menjadi Puncak Soekarno, setelah itu berganti nama menjadi Puncak Jaya.

Sekian uraian tentang 20 Gunung Tertinggi di Indonesia (Data Lengkap), semoga bemanfaat.

0 komentar:

Post a Comment