Learn Science With Ilmusiana

Struktur dari Teks Eksposisi

loading...
Advertisement

loading...


Struktur teks eksposisi, tahukah Anda seperti apa susunannya? Sebuah teks dapat dikenali jenisnya dengan cara melihat struktur yang dimiliki teks tersebut. Begitupun yang terjadi pada sebuah teks eksposisi yang memiliki struktur khas yang menjadi pembeda dengan jenis teks lainnya. Struktur ini sangat penting karena bertanggung jawab untuk membentuk sebuah teks menjadi teks eksposisi. Jadi, struktur teks eksposisi ini dapat kita katakan sebagai kerangka penyusun dari suatu teks eksposisi. Ketika Anda berencana untuk membuat karangan teks eksposisi, maka Anda wajib untuk mengetahui struktur ini. Mengingat pentingnya struktur ini, maka pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi pengetahuan tentang struktur teks eksposi yang dapat membantu Anda dalam memahami teks eksposisi, selamat membaca.

Struktur dari Teks Eksposisi

Struktur Teks Eksposisi

Struktur dalam sebuah teks eksposisi terdiri dari beberapa bagian, yaitu pembukaan, tesis (pendapat), argumen, dan penutup. Berikut ini penjelasannya satu per satu:

Pembukaan

Dalam suatu teks eksposisi, bagian pembukaan adalah suatu bagian yang isinya memuat tentang pandangan awal penulis ketika menempatkan topik dalam suatu rangkaian yang relevan. Pandangan awal ini sifatnya opsional, artinya boleh ada boleh tidak.

Tesis (Pendapat)

Tesis dalam struktur teks eksposisi adalah suatu bagian yang berisi pendapat penulis atau orang lain terkait topik yang dipermasalahkan dalam teks eksposisi. Bagian tesis menjadi tempat gagasan utama atau prediksi dari penulis terkait permasalahan yang dilandasi fakta. Bagian ini juga berfungsi sebagai tempat bagi penulis untuk; setuju atau tidak, boleh atau tidak boleh, halal atau haram, dan sejenisnya. Di bagian inilah pendirian penulis diperlihatkan.

Argumen

Dalam sebuah teks eksposisi, bagian argumen ini memuat alasan berupa bukti yang dapat mendukung tesis penulis. Berisi penjelasan secara lebih mendalam tentang pernyataan tesis (pendapat) yang diyakini kebenarannya lewat pengungkapan fakta-fakta sebagai penjelasan argumen penulis. Bagian ini di tandai dengan kalimat-kalimat yang menyatakan pendapat penulis terkait permasalahan yang menjadi topik pembicaraan.

Penutup

Bagian penutup dalam teks eksposisi biasanya berupa penguatan atau penegasan kembali tesis (pendapat) yang dikemukakan oleh penulis namun dengan kalimat yang berbeda. Pendapat ini telah ditunjang sebelumnya oleh keseluruhan fakta dalam bagian argumentasi.

Sekian uraian tentang Struktur dari Teks Eksposisi, semoga bermanfaat. 

0 komentar:

Post a Comment