Learn Science With Ilmusiana

Jangan Lebih 5 Jam di Depan Komputer

loading...
Advertisement

loading...


Berapa lama Anda bekerja di depan komputer? Pernahkah Anda menderita gejala-gejala seperti sakit kepala, mata lelah dan bahu terasa kaku? Jika pernah, sebaiknya Anda mulai mengatur diri dan hanya menggunakan komputer tidak lebih dari lima jam. Bisa bukan? Sebab, hasil penelitian terbaru berhasil menunjukkan bahaya menggunakan komputer terlalu lama. Semakin lama seorang pekerja berada di depan komputer, maka kemungkinan untuk menderita penyakit fisik, mental dan juga masalah yang terkait dengan tidur akan semakin besar. Begitu menurut peneliti Jepang.

Jangan Lebih 5 Jam di Depan Komputer

Jangan Lebih 5 Jam di Depan Komputer

Di berbagai bidang pekerjaan memang sudah biasa digunakan video display terminal (VDT), tetapi baru sedikit informasi mengenai seberapa lama sebetulnya seseorang bisa berada di depan komputer setiap hari. Untuk meneliti hal itu, Dr Tetsuya Nakazawa dari Universitas Chiba dan rekan-rekannya melakukan survei terhadap lebih dari 25.000 pekerja kantor yang mengisi tiga kuesioner.

Para partisipan menjawab pertanyaan mengenai lamanya waktu mereka berada di depan komputer, kebiasaan tidur mereka, dan penyakit fisik dan mental yang mereka derita, termasuk sakit kepala, sakit punggung, mata lelah, depresi dan kegelisahan. Penemuan ini terdapat dalam jurnal American Journal of Industrial Medicine.
Menurut peneliti, ditemukan hubungan yang signifikan antara lamanya penggunaan komputer setiap hari dan gejala-gejala fisik, bahkan setelah disesuaikan dengan faktor-faktor lainnya yang bisa mempengaruhi hasil.
Para pekerja yang terpaku di depan komputer sampai berjam-jam pada umumnya mengeluh sakit kepala, mata lelah, sakit di persendian dan bahu terasa kaku. Gejala-gejala mental seperti kegelisahan dan capek, kegelisahan, malas untuk berangkat kerja, dan juga masalah yang terkait dengan tidur termasuk insomnia dan kelelahan, pada umumnya terjadi pada para pekerja yang terpaku di depan komputer mereka lebih dari lima jam per hari.

Menurut hasil penelitian ini, pengaruh lamanya penggunaan komputer dalam sehari menghasilkan suatu pengaruh yang harus diwaspadai, dan untuk mencegah terjadinya penyimpangan mental dan penyimpangan tidur, maka dibutuhkan pembatasan penggunaan komputer menjadi kurang dari lima jam per hari.
"Sementara jenis komputer kerja yang digunakan menunjukkan pengaruh yang bervariasi, sama halnya dengan ukuran dan lingkungan kerja. Mungkin perlu dilakukan penelitian mengenai hubungan antara penggunaan komputer, fisik, mental dan juga gejala tidur". kata peneliti.
Demikianlah uraian tentang Jangan Lebih 5 Jam di Depan Komputer, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment