Learn Science With Ilmusiana

15 Siksaan Bagi Orang yang Suka Menunda Sholat

loading...
Advertisement

loading...


Jangan suka menunda-nunda waktu sholat, apa akibatnya? Allah SWT akan memberikan 15 siksaan bagi orang yang suka menunda waktu sholat. Sholat adalah tiang agama dan menjadi salah satu perintah wajib dalam Islam. Seorang muslim wajib meyakininya sebab jika tidak maka gugurlah keislamannya. Sholat dapat menjadi sarana bagi seorang hamba untuk berkomunikasi dengan sang Pencipta. Ibadah sholat menempati posisi pertama sebagai amalan paling utama yang harus dikerjakan setiap muslim. Bahkan, amalan-amalan lainnya tidak akan ada artinya disisi Allah SWT jika perintah sholat ini dilalaikan. Dengan kata lain, sholat menjadi kunci utama bagi seluruh amalan yang telah dikerjakan. 

Mengenai kedudukan penting perintah sholat, Al-Qur’an menjelaskan bahwa siksaan di hari kiamat nanti bukan hanya diterima oleh orang tidak mengerjakan sholat, tetapi termasuk juga didalamnya orang-orang yang suka menunda waktu sholatnya. Sengaja mengulur-ngulur untuk sholat diakhir waktu.

Peringatan ini tercantum dalam surah Al-Maa’uun ayat 4-5, Allah SWT berfirman; "Maka celakalah bagi orang-orang yang sholat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari sholatnya."

Sahabat Ibnus Abbas ra menjelaskan, bahwa ayat ini ditujukan kepada orang Islam yang berprilaku munafik. Seperti apakah orang-orang munafik itu? Yakni, mereka yang sholat tapi lalai dari sholatnya (menunda waktu), suka memamerkan sholat di hadapan orang mukmin lainnya (ria). Ketika orang-orang mukmin tersebut telah pergi, maka ia pun meninggalkan sholatnya. Bagi mereka juga yang sangat kikir kepada saudaranya sesama muslim.

Pengalaman yang lain diriwayatkan oleh sahabat Rasulullah, Umar bin Khattab ra bahwa pernah datang seseorang kepada Rasulullah SAW, dan bertanya; "Wahai Rasul Allah, apakah amalan yang paling dicintai oleh Allah SWT?" Rasulullah SAW menjawab, "Yaitu orang yang sholat pada waktunya dan barang siapa meninggalkannya, maka ia tidak memiliki agama lagi. Sholat itu tiangnya agama,"

Suatu ketika Fatimah Azzahra, putri tercinta Rasulullah SAW bertanya kepada beliau mengenai orang-orang yang suka berbuat lalai terhadap sholatnya. “Duhai ayahku, apakah yang akan terjadi kepada seorang lelaki atau wanita yang suka melalaikan sholat?” Rasulullah SAW menjawab, “Wahai putriku, sesungguhnya siapa saja yang suka melalaikan sholatnya baik lelaki maupun wanita, maka Allah SWT akan memberinya 15 bencana. Enam bencana akan ia dapatkan di dunia, tiga saat hari kematiaanya, tiga bencana di dalam kuburnya, dan tiga lainnya  di hari kiamat nanti saat ia keluar dari kuburnya. 

15 bencana yang dimaksud oleh Rasulullah SAW tersebut, antara lain sebagai berikut: 

15 Siksaan Bagi Orang yang Suka Menunda Sholat

Enam siksaan yang akan diterima di dunia:

  1. Allah SWT akan menghapus cahaya orang shaleh dari wajahnya
  2. Allah SWT akan mencabut keberkahan dari umurnya
  3. Allah SWT akan menghilangkan keberkahan rezekinya
  4. Doanya tidak akan pernah dikabulkan
  5. Dia tidak akan mendapat bagian dari doa orang-orang shaleh
  6. Seluruh amal baiknya tidak mendapat imbalan dari Allah SWT

Tiga siksaan yang akan diterima di hari kematiannya:

  1. Mati dalam keadaan sangat terhina
  2. Mati dalam keadaan kelaparan
  3. Mati dalam kehausan, bahkan meskipun ia diberi minum dari air yang ada di dunia tidak akan mampu mengobati rasa hausnya. 

Tiga siksaan yang diterima di dalam kubur:

  1. Allah SWT akan mempersempit kuburnya
  2. Allah SWT akan memenuhi kuburnya dengan kegelapan
  3. Allah SWT akan mengirimkan malaikat yang akan membuatnya sangat ketakutan di dalam kubur.

Tiga siksaan yang diterima saat hari kiamat ketika dibangkitkan dari kubur:

  1. Mendapat hisab dengan hisab yang sangat sulit
  2. Allah SWT akan memberikan perintah kepada malaikat untuk menyeret wajahnya sementara seluruh makhluk akan memandang kepadanya
  3. Allah SWT tidak sudi melihatnya dan tidak akan mensucikannya. 
Rasullah SAW bersabda bahwa, "Amalan yang pertama kali dihisab dari seorang hamba Allah pada hari kiamat nanti adalah sholatnya. Jika sholatnya baik maka beruntunglah ia. Sebaliknya, jika sholatnya rusak, maka sungguh kerugian besar menimpa dirinya." (HR Tirmidzi dan Abu Hurairah). 

Sekian uraian tentang 15 Siksaan Bagi Orang yang Suka Menunda Sholat, semoga bermanfaat 

0 komentar:

Post a Comment