Learn Science With Ilmusiana

Mengenal Pencipta Lagu Mengheningkan Cipta

Advertisement


loading...

Tahukah Anda, siapa pencipta lagu mengheningkan cipta? Yah benar, beliau adalah Truno Prawit. Lagu ini memiliki makna agar kita senantiasa bersyukur atas kemerdekaan Indonesia yang dianugerahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa melalui pengorbanan dan perjuangan para pahlawan bangsa. Lagu mengheningkan cipta juga menjadi bentuk terima kasih kepada para pahlawan yang rela berkorban demi bangsa dan negara Indonesia tercinta. Ritual ini sering dilakukan pada saat upacara bendera. Saat mengheningkan cipta itulah, peserta upacara berdoa untuk menghormati para pahlawan yang telah gugur di medan perang.

Mengheningkan cipta telah menjadi ritual inti sebagai bentuk penghormatan pada jasa para pahlawan. Hal ini pertama kali dilakukan oleh Presiden Soekarno pada tahun 1958 yang dimaksudkan untuk menyatukan bangsa. Saat itu, Presiden Soekarno sedang melaksanakan upacara peringatan hari pahlawan di Ambon sekaligus untuk mengumpulkan dukungan bagi upaya pembebasan Irian Barat. Bung Karno dalam upacara tersebut memberikan tanda untuk memulai mengheningkan cipta yang dilanjutkan dengan lagu kebangsaan. 

Upacara itu disiarkan secara nasional dan banyak disaksikan oleh rakyat Indonesia. Upacara sambil mengheningkan cipta mampu menyatukan bangsa. Sejak saat itulah kebiasaan menyanyikan lagu mengheningkan cipta terus dijalankan hingga kini. Pada acara-acara resmi selalu diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama. Adakalanya diikuti dengan lagu mengheningkan cipta. Sebagai bentuk penghormatan kepada lagu kebangsaan tersebut, biasanya peserta diwajibkan berdiri dengan sikap sempurna. Demikian pula pada saat menyanyikan lagu mengheningkan cipta dan memusatkan segala pikiran untuk mengenang jasa para pahlawan.

Saat lagu yang diciptakan oleh T. Prawit ini mulai dinyanyikan, semua kepala akan tunduk sejenak untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur. Rasa khidmat seketika menyelimuti hati sanubari khalayak.

Lirik Lagu Mengheningkan Cipta

Berikut ini adalah lirik lagu mengheningkan cipta yang diciptakan oleh T. Prawit:

Dengan seluruh angkasa raya memuji
Pahlawan negara
Nan gugur remaja diribaan bendera
Bela nusa bangsa

Kau kukenang wahai bunga putra bangsa
Harga jasa
Kau Cahya pelita
Bagi Indonesia merdeka

Siapakah T. Prawit, Si Pencipta Lagu Mengheningkan Cipta?

Lantas, siapakah Truno Prawit si pencipta lagu mengheningkan cipta itu? Tak banyak yang tahu bagaimana kisah hidup beliau. Tidak seperti pencipta lagu lainnya yang cukup banyak di ulas orang, namun pencipta lagu mengheningkan cipta ini benar-benar misterius. Referensi yang berkaitan dengannya sangat minim. Sepanjang yang kami telusuri pada buku-buku atau sumber online, tidak ada yang pernah memuat bagaimana sosok T. Prawit. Bahkan, untuk mencari fotonya saja sangat sulit. Jika kita mengetikkan kata "mengheningkan cipta" di google, maka yang banyak muncul adalah lirik lagunya, namun tidak dengan sosok penciptanya.

Pada kesempatan yang lain semoga kami bisa secara utuh menyajikan bagaimana kisah hidup dari pencipta lagu mengheningkan cipta ini.  Demikianlah uraian tentang Mengenal Pencipta Lagu Mengheningkan Cipta, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment