Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Mengapa Perlu Ada Peraturan di Sekolah?

Pernahkah kamu bertanya mengapa perlu ada peraturan sekolah? Penting kamu ketahui, peraturan perlu dibuat dan dipatuhi supaya tercipta ketertiban. Jika di sekolah tidak ada peraturan, kamu pasti bingung kapan harus berangkat ke sekolah, menerima pelajaran, istirahat, dan pulang sekolah. Kamu juga pasti bingung mengenai seragam apa yang akan kamu kenakan, buku-buku apa saja yang akan kamu bawa, dan sebagainya. Oleh karena itu, dibuatlah peraturan sekolah di setiap sekolah. 

Dalam materi kali ini, kami akan menjelaskan ke kamu, mengapa perlu ada peraturan sekolah agar kamu memahami untuk apa peraturan tersebut dibuat.

Mengapa Perlu Ada Peraturan Sekolah?

Mengapa Perlu Ada Peraturan Sekolah?

Peraturan di sekolah berfungsi untuk mengatur semua kegiatan di sekolah. Peraturan ini harus ditaati oleh seluruh warga sekolah, yaitu siswa, guru, pegawai sekolah, dan penjaga sekolah. Kegiatan di sekolah akan berjalan dengan tertib dan lancar apabila warga sekolah menaati segala peraturan. Peraturan sekolah wajib ditaati oleh seluruh warga sekolah. Sanksi atau hukuman akan diberikan jika ada warga yang melanggar peraturan. Hukuman harus sesuai dengan tingkat kesalahan, artinya hukum tersebut harus adil.  

Misalnya saja, di rumah kamu pasti terdapat peraturan yang harus ditaati oleh seluruh anggota keluarga di rumah itu. Akan terjadi kekacauan apabila peraturan ini tidak ditaati yang membuat kehidupan keluarga di rumah itu tidak tentram. Begitupun sebaliknya, kehidupan keluarga itu akan bahagia bila setiap anggota keluarga patuh terhadap peraturan itu.

Peraturan yang sering ada di sekolah antara lain:
  • Tertib masuk sekolah
  • Tertib berpakaian seragam
  • Tertib di dalam kelas
  • Tertib menjaga kebersihan
  • Tertib di perpustakaan 

Kesimpulan

Jadi, jika ada pertanyaan mengapa perlu ada peraturan sekolah?, maka jawabannya adalah untuk mengatur semua kegiatan di sekolah yang harus ditaati oleh warga sekolah seperti siswa, guru, pegawai sekolah, dan penjaga sekolah. Jika tidak ada peraturan sekolah, maka kehidupan di sekolah menjadi kacau atau tidak teratur. 

Demikianlah penjelasan tentang Mengapa Perlu ada Peraturan di Sekolah. Bagikan materi ini kepada temanmu yang membutuhkan, kami lihat banyak yang menanyakan ini di forum pembelajaran online. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Mengapa Perlu Ada Peraturan di Sekolah? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment