Loading...

Learn Science With Ilmusiana

5+ Akibat Jika Tidak Ada Energi Alternatif

Loading...
Tahukah kamu, apa akibat jika tidak ada energi alternatif? Belakangan ini, isu pengembangan energi alternatif terus menggema di seluruh dunia. Semua negara telah menyadari bahwa manusia tidak bisa lagi selamanya bergantung pada sumber energi minyak bumi. Persediaan minyak bumi yang terus dipompa puluhan tahun lamanya cadangannya kini mulai menipis. Lama kelamaan minyak tersebut akan habis dan bumi masuk ke dalam krisis energi. Olehnya itu, dipandang mendesak untuk mengembangkan energi alternatif agar pasokan energi bumi tetap terjaga.

Sebelum minyak bumi benar-benar habis dari dalam bumi, maka manusia sudah harus mencari sumber energi lain. Para ahli telah melakukannya, mereka mencari sumber energi di alam yang tidak bakal habis. Alam menyediakan sumber energi itu dan terus menyediakannya untuk kita. Orang-orang menyebutnya sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Maksudnya alam dapat menyediakan kembali sumber daya itu. Apa akibatnya jika tidak ada energi alternatif? Berikut ini ulasannya:

Akibat Jika Tidak Ada Energi Alternatif

Akibat Jika Tidak Ada Energi Alternatif
Akibat Tidak Ada Energi Alternatif
Energi alternatif adalah pengganti energi utama yang selama ini digunakan oleh manusia, yaitu minyak bumi. Penggunaan minyak bumi harus segera digantikan oleh energi alternatif karena cadangan minyak bumi akan segera habis. Apa akibatnya jika hal tersebut tidak segera dilakukan?

Akibat nyata yang bisa ditimbulkan jika tidak segera dikembangkan energi alternatif adalah:
  1. Energi utama berupa minyak bumi habis lebih cepat
  2. Karena semakin langka, minyak bumi akan semakin mahal 
  3. Bisa timbul banyak konflik akibat perebutan minyak bumi
  4. Aktivitas manusia akan terganggu karena kekurangan energi
  5. Manusia akan mengalami krisis energi
Ada banyak sumber energi alternatif yang disediakan alam yang bisa dimanfaatkan manusia untuk mengganti minyak bumi. Energi ini tidak akan pernah habis karena sifatnya yang dapat diperbaharui. Beberapa contoh energi altenatif yang bisa digunakan oleh manusia adalah:
  • Matahari: Matahari memiliki energi panas dan cahaya yang bisa diubah menjadi listrik
  • Angin: bisa dimanfaatkan untuk membuat kincir angin yang diubah menjadi listrik
  • Air: bisa digunakan untuk membangun PLTA
  • Panas bumi: bisa dikonversi menjadi listrik melalui pembangkit listrik tenaga panas bumi. 
Agar lebih jelas tentang energi alternatif baca materi ini: Sumber Energi Alternatif

Kesimpulan 

Jadi, jika ada pertanyaan apa akibat jika tidak ada energi alternatif? Maka, jawabannya adalah kelima hal di atas. Bagikan materi ini kepada temanmu yang membutuhkan, kami lihat banyak yang menanyakan ini di forum-forum pembelajaran. Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment