Loading...

Learn Science With Ilmusiana

3+ Alat yang Menerapkan GGL Induksi

Loading...
Tahukah kamu, alat apa saja yang menerapkan GGL induksi? Dalam uraian berikut ini, akan kami jelaskan alatnya. GGL adalah singkatan dari Gaya Gerak Listrik. GGL induksi merupakan peristiwa munculnya beda potensial pada ujung-ujung kumparan akibat pengaruh induksi elektromagnetik. Beda potensial ini muncul pada saat rangkaian belum dialiri arus listrik.

Besarnya GGL induksi bergantung pada:
  • Kekuatan magnet: Jika suatu magnet batang memiliki kemagnetan yang kuat, maka semakin besar pula induksi yang terjadi.
  • Jumlah lilitan kumparan: Semakin banyak jumlah lilitan, maka semakin besar pula GGL induksi yang terjadi
  • Kecepatan gerak relatif: semakin cepat gerak magnet terhadap kumparan, semakin besar GGL induksi yang terjadi.
Ada banyak peralatan di sekitar kita yang bekerja menggunakan prinsip GGL. Baiklah, akan kami tunjukkan 3 contoh di antaranya.

Alat yang Menerapkan GGL Induksi

Contoh alat-alat yang menerapkan prinsip GGL induksi adalah generator (dinamo), induktor, dan trafo (transformator).

1. Generator (dinamo)

generator ggl induksi
Generator
Generator adalah alat yang bekerja menerapkan prinsip GGL induksi. Alat ini berfungsi untuk mengubah energi kinetik menjadi energi listrik. Terdapat dua jenis generator, yaitu generator arus searah atau DC dan generator arus bolak balik atau generator AC. Bagian-bagian utama generator terdiri dari kawat kumparan, magnet permanen, inti besi, sikat dan cincin geser. Bagian generator yang bergerak disebut rotor berupa kumparan. Sedangkan, bagian yang diam disebut stator yang terdiri dari magnet.

2. Induktor

induktor ggl induksi
Induktor
Induktor adalah alat yang bekerja menerapkan prinsip GGL induksi. Alat ini disebut juga reaktor berfungsi untuk menyimpan energi medan magnet yang muncul karena arus listrik yang melintasinya. Umumnya, sebuah induktor terdiri dari kawat penghantar yang dibentuk menjadi kumparan, lilitannya membantu membuat medan magnet yang kuat di dalam kumparan.

3. Trafo (Transformator)

trafo ggl induksi
Trafo
Alat selanjutnya yang menerapkan prinsip GGL induksi adalah trafo (transformator). Trafo adalah alat yang digunakan untuk memindahkan energi listrik antara dua rangkaian atau lebih melalui induksi magnetik. 
Demikianlah penjelasan tentang 3+ Alat yang Menerapkan GGL Induksi, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment