Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Bulan Musim Penghujan di Indonesia

Pada bulan apakah musim penghujan terjadi di Indonesia? Negara Indonesia adalah wilayah yang terletak di sekitar khatulistiwa. Akibatnya, Indonesia memiliki 3 iklim, yaitu iklim tropika, iklim laut, dan iklim muson. Denga iklim tropis, Indonesia akan memasuki musim panas yang menyebabkan sebagian besar wilayah Indonesia mengalami kenaikan suhu. Kekeringan dan kekurangan air menjadi ancaman terbesar di musim ini. Para petani terancam gagal panen akibat mengeringnya sumber air.

Musim Penghujan di Indonesia

Pada bulan apakah musim penghujan terjadi di Indonesia

Selain iklim tropis, Indonesia juga mengalami iklim laut. Pada saat inilah sebagian besar wilayah Indonesia mengalami musim penghujan akibat dari naiknya tingkat kelembaban karena iklim laut. Suhu rata-rata mengalami penurunan, banyak terjadi awan sehingga hujan disertai badai terjadi lebih sering.

Selain iklim laut, Indonesia juga mengalami iklim muson (iklim musim). Terjadinya iklim ini disebabkan oleh adanya pergantian arah tiupan angin yang berlangsung tiap 6 bulan sekali. Angin musim dibagi ke dalam 2 jenis, yaitu angin musim timur laut dan angin musim barat daya. Masing-masing jenis angin musim ini memberikan dampak bagi kehidupan masyarakat Indonesia.

Angin musim timur laut menyebabkan:
  • Terjadinya masa paceklik di banyak wilayah
  • Penurunan tingkat kesuburan tanah
  • Hasil panen berkurang
  • Ancaman dehidrasi karena sulitnya menemukan sumber air, hewan ternak akan terdampak
Sedangkan, angin musim barat daya memberikan dampak:
  • Sumber-sumber air akan terisi kembali
  • Kesuburan tanah bertambah
  • Sebagian besar petani mengalami peningkatan hasil panen

Bulan Musim Penghujan di Indonesia

Musim hujan disebut juga dengan musim basah. Musim ini dicirikan oleh curah hujan yang meningkat di suatu wilayah dalam jangka waktu tertentu. Suatu wilayah disebut sedang mengalami musim hujan apabila curah hujan dalam satu dasarian lebih dari 50 milimeter. Permulaan musim hujan bisa terjadi lebih awal, atau lebih lambat setiap tahunnya. 

Indonesia sendiri memasuki musim hujan pada bulan Oktober sampai bulan Februari. Pada rentang waktu ini kelembaban udara akan meningkat, banyak tercipta awan sebagai cikal bakal terjadinya hujan. Suhu rata-rata juga akan mengalami penurunan di sebagian besar wilayah Indonesia.

Demikianlah penjelasan tentang Bulan Musim Penghujan di Indonesia. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Bulan Musim Penghujan di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment